Feature

Tidak Semua Sama, Ketahui Fungsi dari Setiap Jenis Wireless Gaming Router

oleh: Salinolino
Meskipun saat ini kita tengah masuk era digital, mungkin dari beberapa orang tidak mengetahui apa itu router. Router sendiri merupakan suatu perangkat jaringan yang menghubungkan beberapa jaringan/network. Jaringan itu sendiri bisa dari jaringan yang sama dan bisa juga dari jaringan yang berbeda.

Diketahui router sendiri banyak manfaatnya, salah satunya yang paling utama yaitu routing. Routing sendiri merupakan sebuah proses dimana sebuah router akan memberikan jalur untuk jaringan, yang nantinya jaringan tersebut bisa sampai ke user.

Router dibedakan menjadi tiga buah, yaitu Mainstream, Gaming, Smarthome. Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut adalah penjelasan tentang fungsi dari setiap jenis router!

Baca ini juga :

» ASUS AC66U B1 dan AC68, Gaming Lebih Ngebut dan Stabil dari Router Default ISP!
» Pahami Betul, Inilah Panduan Membeli Router Gaming Sesuai Kantong
» Nyobain Fitur AiMesh di Router ASUS! Sinyal Luas, Gaming Lancar Tanpa Khawatir WiFi Lemot
» Sensasi Gaming Maksimal Tanpa Lag dengan Wireless Router AC
» Inilah Alasan 'ROG Phone' Adalah Smartphone Gaming Terbaik Untuk Para Gamer
Penjelasan Singkat Mengenai Jenis Wi-Fi

Wi-Fi sendiri pertama kali digunakan secara komersial pada tahun 1999. Wi-Fi dirancang berdasarkan spesifikasi IEEE 802.11. Pastinya kamu pernah mendengar di berbagai spesifikasi laptop atau smartphone yang mendukung spesifikasi 802.11n misalnya. Sekedar informasi untuk kamu, saat ini sudah ada enam generasi Wi-Fi, berikut gambaran jelasnya:

Saat ini, standarisasi di dunia sudah menggunakan generasi kelima, yaitu 802.11ac yang mampu menghasilkan troughput tinggi pada band 5GHz. Lantas, apa untungnya? Bagi kamu para gamer yang menggunakan provider dengan koneksi ngebut sampai 100Mbps misalnya, dapat benar-benar memaksimalkan kecepatan tersebut melalui jaringan Wi-Fi, tanpa perlu menggunakan kabel LAN.

Router Mainstream

Untuk saat ini, mainstream router paling banyak yang digunakan oleh masyarakat. Biasanya mereka memilih router ini karena harganya yang terjangkau dan dapat ditemukan di pasaran dengan mudah. Seperti namanya router mainstream, router ini memiliki fungsi dasar router pada umumnya, yaitu melakukan routing.

Selain itu yang membedakan router ini dengan router lainnya adalah dalam perihal bentuk. Router Mainstream memiliki bentuk yang cukup sederhana, yaitu router ditambah dengan dua antena. Speed yang ditawarkan oleh router mainstream biasanya di kisaran 150 Mbps atau 300 Mbps. Untuk mendapatkan router ini, kamu harus merogoh kocek sebesar IDR 150 ribu hingga IDR 300 ribu.

Mesh Router

Jika dari sisi kegunaan, router satu ini tidak berbeda jauh dengan router mainstream kebanyakan yang ada dipasaran. Akan tetapi router ini memiliki kelebihan tersendiri, yaitu mampu menggabungkan 2-3 Router menjadi 1 jaringan sehingga pengguna akan memiliki jangkauan yang jauh lebih baik.

Manfaat utama dari Mesh Router adalah memudahkan pengaturan melalui aplikasi dan Seamless Roaming yang memungkinkan pengguna untuk pindah ke lantai atau lokasi lain tanpa kehilangan koneksi internet. Ini berarti jangkauan Wi-Fi yang sangat luas, yang dimana router ini mampu menjangkau hingga sudut dan bahkan di setiap lantai rumah. Selain itu kamu bisa mendapatkan kecepatan hingga 2134 Mbps dari router tipe ini.

Produk Asus untuk Mesh Router ini sendiri bernama Lyra Trio AC1750, dan dijual dalam 1 paket, 2 paket, atau 3 paket. Di pasaran kamu bisa menemukan beberapa pilihan seperti: AC1200 atau AC2200.

Router ini biasanya memiliki fitur Smart Home, yang bisa menghubungkan jaringan ke beragam fungsi rumah. Sesuai dengan namanya Smart Home, tentu wifi ini mampu digunakan sebagai penghubung untuk perangkat Smart Home seperti menghidupkan lampu, menyalakan musik, serta mengunci rumah dengan suara.

Untuk harganya router ini berkisaran IDR 3 jutaan.

Nah, khusus untuk router besutan ASUS, mereka memiliki fitur mesh network yang dinamakan AiMesh. Fitur tersebut adalah fitur inovatif dari ASUS untuk menggabungkan beberapa router ASUS menjadi sebuah Mesh Network dimana jangkauan sinyal menjadi lebih luas dan optimal. Jika rumah Anda memiliki titik mati sinyal atau sinyal yang tidak dapat diandalkan, ASUS AiMesh jawabannya! Artikel selengkapnya mengenai AiMesh akan kru KotGa jelaskan di artikel selanjutnya ya!

Baca ini juga :

» ASUS AC66U B1 dan AC68, Gaming Lebih Ngebut dan Stabil dari Router Default ISP!
» Pahami Betul, Inilah Panduan Membeli Router Gaming Sesuai Kantong
» Nyobain Fitur AiMesh di Router ASUS! Sinyal Luas, Gaming Lancar Tanpa Khawatir WiFi Lemot
» Sensasi Gaming Maksimal Tanpa Lag dengan Wireless Router AC
» Inilah Alasan 'ROG Phone' Adalah Smartphone Gaming Terbaik Untuk Para Gamer
Router Gaming

Router gaming ini mulai banyak dikenal gamer pada tahun 2017 silam. Namun sayangnya sebagian besar pengguna tidak mengetahui perbedaan antara router gaming dan router standard umumnya. Melihat dari bentuknya, kita dapat melihat bahwa router ini berbeda dengan router yang kebanyakan ada di pasaran. Untuk desainnya sendiri, router gaming memiliki bentuk yang cukup unik, terutama pada antenanya yang jumlahnya bisa mencapai delapan buah.

Kelebihan dari router gaming yaitu menawarkan beberapa fitur yang terkenal dengan sebutan Gaming Boost atau Gaming Accelerator. Sebagai contoh, pada produk Asus memiliki 2 hal seperti di bawah ini:

1. Adaptive QoS adalah fitur yang memungkinkan kita untuk memilih data mana yang ingin kita prioritaskan dalam jaringan kita. Misalnya seperti gaming, pemindahan data, browsing dan lainnya.
2. VPN Gaming. VPN ini akan memilih jalur terpendek ke server game sehingga dapat membantu mengurangi ping demi kelancaran bermain game.
Pada akhirnya, semua fitur ini akan sangat membantu untuk meningkatkan pengalaman bermain secara keseluruhan dalam hal kecepatan koneksi.

Router gaming biasanya memiliki kecepatan yang sangat cepat dengan kombinasi tri-band, dimana speed jaringan bisa menyentuh hingga 5334Mbps untuk low-latency online gaming. Selain itu kelebihan dari router gaming tentunya bisa melakukan streaming 4K dengan lancar tanpa lag.

Pilihan yang tepat untuk kalian yang masuk dalam kategori gamer sejati adalah Asus RT-AC5300, yang menurut Kru KotGa desainnya sangat unik dan berbeda dari yang lainnya. Desain antena yang mengusung 4x4 dibekali dengan AiRadar universal beamforming, yang menjadikan jangkauan router ini bisa mencapai ujung sudut, setiap lantai dan bahkan hingga di luar rumah.

Untuk harganya sendiri bisa di atas harga router Smart Home, yaitu berkisaran IDR 5 juta. Hal tersebut cukup wajar dikarenakan apa yang ditawarkan oleh router gaming sangat sebanding dengan apa yang akan kita dapatkan saat kita menggunakannya.

Bagi kalian yang mendengar harga 5 juta sudah terkena serangan jantung, harap tenang. Kru KotGa juga memiliki alternatif kedua jika budget dan kantong kalian terbatasi tapi tetap menginginkan router dengan performa yang optimal, yaitu Asus RT-AC68U. Sangat layak dibeli karena selain memiliki fitur Adaptive Qos seperti Asus RT-AC5300, juga didukung oleh AiMesh untuk koneksi yg lebih stabil dan kuat.

Untuk harga dari Asus RT-AC68U sendiri berkisar pada IDR 2 jutaan sampai 3 juta. Harga cukup bersahabat dan karena merek Asus, performa jangan diragukan lagi sudah pasti maksimal.

Nah itu lah beberapa jenis router yang perlu kamu ketahui. Jika melihat dari fungsinya, tentunya saat ini yang paling laris di pasaran adalah router gaming. Karena kita tahu game online sedang marak-maraknya. Pastinya gamer pun membutuhkan konektivitas yang stabil demi pengalaman bermain game yang lebih baik.

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru