Review

CTR: Nitro-Fueled

oleh: VolkanKaya

Halaman 1

Bagi sebagaian developer, memanfaatkan popularitas franchise adalah salah satu cara untuk menarik lebih banyak fans sekaligus memenuhi minat pasar. Untuk mengejar tujuan ini, biasanya mereka membuat sebuah game spin off dengan genre dan konsep gameplay yang benar-benar berbeda. Dari sekian banyak game spin off yang dirilis hingga era konsol next gen kekinian, mungkin Crash Team Racing adalah contoh terbaik dari kualitas game spin off yang tidak kalah fenomenal dari franchise utamanya.

Setelah sekian lama vakum, seri spin-off ini akhirnya telah kembali lewat game remake terbaru berjudul Crash Team Racing: Nitro-Fueled. Diumumkan di ajang The Game Awards 2018, CTR: Nitro-Fueled adalah remake dari game original CTR yang melegenda di PlayStation 1. Tidak hanya itu, game ini bahkan juga menawarkan serangkaian map dari Crash Nitro Kart yang merupakan game penerusnya di PlayStation 2. Dengan harga yang cukup terjangkau dan ketersediannya di banyak platform (walaupun sementara ini belum ada di PC), game ini sudah menjadi pusat perhatian selama satu minggu terakhir.

Untuk membangkitkan kenangan lama sekaligus menilai seperti apa kualitas gamenya, Kru KotGa sudah mulai memainkan CTR: Nitro-Fueled selama beberapa hari terakhir. Bagi kamu yang penasaran dengan gamenya sendiri, berikut Kru KotGa sudah merangkum ulasan reviewnya yang bisa kamu simak di bawah ini.


Klasik dengan Cita Rasa Modern

Crash Team Racing dimulai layaknya game Crash pada umumnya, dimana kamu akan disuguhkan dengan cutscene cerita pendek yang memperlihatkan Crash dan rombongannya yang sedang melakukan balapan, namun kemudian dikejutkan dengan kemunculan alien bernama Nitros Oxide. Dia mengklaim dirinya sebagai pembalap tercepat di seluruh galaksi, dan kemudian mengancam untuk menjadikan bumi sebagai lahan parkirnya. Tentu saja sudah menjadi tugas utama Crash untuk menghentikan rencana jahat tersebut, dan untuk melakukannya dia harus menempuh berbagai balapan sulit melawan para boss sebelum akhirnya bisa menantang Oxide.

Sama seperti game original CTR, Nitro-Fueled menawarkan akses ke mode adventure, balapan biasa serta kompetisi cup yang bisa dimainkan sendiri atau bersama teman. Untuk mode adventure, kamu akan dibawa berkeliling di sebuah map terbuka dengan berbagai level balapan yang bisa diikuti. Jika berhasil menyelesaikan semua balapan dalam satu area khusus, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk menghadapi boss dalam duel balapan 1v1. Lewat balapan inilah kamu akan dihadapkan pada tantangan yang cukup sulit karena setiap boss memiliki kemampuan uniknya masing-masing. Seperti Ripper-Roo misalnya yang dapat memasang banyak TNT dalam satu lap dan membuat konsentrasimu buyar.

Jika pada akhirnya kamu berhasil menyelesaikan duel tersebut, otomatis kamu akan mendapatkan kunci khusus untuk mengakses area baru yang dikuasai oleh boss lain. Dengan semakin banyaknya Boss Key yang berhasil didapatkan, maka perjalananmu dalam menghadapi Oxide juga semakin dekat. Secara keseluruhan, sebenarnya tidak banyak perubahan yang ditawarkan Nitro-Fueled. Game ini adalah remake yang tetap mempertahankan semua elemen klasik dan menyempurnakannya, baik itu dari segi visual maupun gameplay.

Saat memainkan beberapa balapan di map awal seperti Crash Cove, Roo's tubes dan Mystery Caves semua terlihat sangat menawan. Tidak hanya dari segi presentasi saja, desain levelnya juga terlihat lebih hidup dan sukses membangkitkan kenangan lama saat Kru KotGa masih sering-seringnya memainkan CTR saat zaman SD. Sensasi klasik serta modern yang ditawarkannya merupakan perpaduan sempurna, menjadikan game ini sebagai salah satu game remake terbaik yang sudah Kru KotGa cicipi selama beberapa tahun terakhir.

Baca ini juga :

» Judgment
» ROG Zephyrus S GX502GW
» Samurai Shodown
» ASUS TUF Gaming FX505DT
» ASUS VivoBook Ultra A412

Mekanisme Balap yang Disempurnakan

Mekanisme balap dalam Nitro-Fueled terbilang sederhana. Kontrol kendaraan sangat responsif dan mudah dikuasai dalam waktu singkat, namun tantangan sesungguhnya terletak pada aspek "pertempuran" yang terkadang bisa membuat stress. Jadi tidak berbeda jauh dengan game kart lainnya, Nitro-Fueled memungkinkan kamu untuk menggunakan berbagai macam power-up dan senjata yang dapat melumpuhkan musuh. Semua item ini bisa didapatkan dengan menghancurkan kotak (?) yang sudah ada di berbagai spot lintasan balap. Dengan menghancurkannya, kamu akan mendapatkan item secara random mulai dari misil dan bom yang bisa ditembakkan ke musuh, cairan acid dalam botol, TNT atau Nitro yang dapat dijadikan jebakan, perisai pelindung serta proteksi super dari topeng Aku-Aku, bola listrik, hingga manipulasi waktu yang dapat membuat pembalap lain kehilangan kecepatan serta keseimbangan.

Peran power-up memang penting, namun kamu bisa saja menjadi pemain handal hanya dengan memanfaatkan skill mengemudi yang sempurna. Hal ini bisa dilakukan dengan mempelajari pola atau struktur setiap arena balap yang dimainkan. Misalnya jika kamu berhadapan dengan tikungan tajam, daripada mengerem dan berbelok biasa, kamu bisa memanfaatkan momentum yang ada dengan melakukan akselerasi drift yang kemudian bisa diikuti dengan boost. Efek boost memang bisa didapatkan dari panel speed-up atau item Nitro, namun kamu bisa juga menghasilkannya sendiri dengan mealukan drift tajam menunggu sampai ban atau bar nitro berada di tanda merah, dan kemudian mengeksekusi tombol spesifik untuk melakukan boost (jika di PS4, kamu bisa melakukan drift dengan L1/R1 dan kemudian mengeksekusi boost dengan tombol kebalikannya (R1+L1 atau L1+R1).

Menguasai mekanisme balap dalam game ini juga semakin dipermudah berkat skema kontrol yang jauh lebih disempurnakan dan terasa responsif. Sebagai tambahan, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai rute tersembunyi atau shortcut yang walaupun sulit untuk diakses, namun bisa memberikan keuntungan besar bagi kamu untuk memimpin jalannya balapan. Tentu saja faktor keberuntungan juga bisa memberikan dampak yang tidak terduga, apalagi beberapa arena balap memiliki rintangan berbahaya yang bisa memperlambat kendaraanmu.

TAGS

KRU KOTGA BISA BACA PIKIRANMU! Kamu pasti akan suka dengan artikel ini :
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview