NEWS

Lagi! Departemen Imigrasi Malaysia Menangkap Cosplayer Asing Karena Cosplay Dianggap Pertunjukan

Bill13   |   Kamis, 04 Jul 2019


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Bermain dengan ber-cosplay semestinya dapat dilakukan meskipun hanya menggunakan visa turis ketika bepergian keluar negeri. Namun sepertinya hal tersebut memiliki tanggapan berbeda dari petugas Malaysia.

Perkumpulan Pop Culture yang diberi nama Geek Summit diadakan di Shah Alam, sebuah kota yang tidak jauh dari ibukota Kuala Lumpur. Namun tiba-tiba Departemen Imigrasi Selangor menggerebek acara tersebut dan menanyai 13 peserta dan menangkap empat Cosplayer Asing.

Baca ini juga :

» Mai Shiranui, Gadis Manis Jago Bela Diri Ini Siap Untuk Kamu Pilih!
» Lihat Keanggunan dari Ratu Kemenangan Inggris! Boudica
» Seksi dan Elegan dari Seorang Minamoto no Raikou
» Alter Saber Dengan Sejuta Pesona! Gelap dan Indah Serta Menarik Hati
» HMS Sirius yang Manis, Yuk Berlayar Dengan Kapal Penjelajah yang Satu Ini

Tiga dari cosplayer ditangkap ialah wanita asal Jepang, dan seorang pria berasal dari Spanyol, berusia antara 28 hingga 41 tahun. Merekapun segera dibawa ke kantor Divisi Lokal Departemen Imigrasi. Pejabat Imigrasi Mohammad Shukri Nawi mengatakan kepada wartawan , "Mereka datang ke Malaysia dengan visa turis, tetapi mereka berpakaian dan tampil tanpa izin," dan ditemukan melanggar bagian Undang-Undang Imigrasi Malaysia yang memerlukan izin khusus untuk pertunjukan seni.

Menurut penyelenggara Geek Summit penahanan empat cosplayer asing tersebut tidak adil, pasalnya mereka tidak tampil diatas panggung sehingga tidak terikat pada persyaratan yang ditetapkan oleh PUSPAL (PUSPAL adalah singkatan dari Central Malaysia Agensi Aplikasi untuk Pembuatan Film dan Pertunjukan oleh Artis Asing) untuk memperoleh visa profesional.

Namun Departemen Imigrasi Selangor menunjukkan bahwa mereka percaya hanya mengenakan kostum di konvensi sudah cukup untuk disebut pertunjukan, dan dengan demikian memicu kebutuhan untuk mendapatkan izin khusus yang terkait.

Mungkin jika kamu seorang cosplayer dan sedang menuju suatu acara di Malaysia, pastikan sudah memiliki izin untuk setiap hal yang ingin anda lakukan nantinya.

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru