Feature

Sampai Ratusan Miliar?! Ini 5 Turnamen Esports Dengan Total Hadiah Terbesar di Dunia

oleh: Reza Alif
Esports memang tengah mengalami peningkatan dan jadi tren di masyarakat. Sejak lima tahun terakhir, turnamen esports tiap tahunnya menagalami kenaikan dari segi total hadiah keseluruhan. Beberapa total hadiah bahkan mengalahkan hadiah dari gelaran olahraga konvensional.

Peningkatan hadiah ini tentunya tak lepas dari banyaknya sponsor yang berdatangan serta sistem crowdfunding, dengan mengumpulkan dana hadiah dari penjualan item eksklusif dalam game. DOTA 2 dan Counter-Strike: Global Offensive, telah melakukan praktik tersebut hingga membuat total hadiah turnamen mereka meningkat drastis.

Lantas, turnamen esports apa saja yang memiliki hadiah terbesar di dunia? Kali ini KruKotga telah menyusun 5 turnamen esports dengan total hadiah terbesar di dunia. Berikut ulasannya di bawah ini.

Baca ini juga :

» Pionir Esports Indonesia! 7 Atlet Esports Legendaris Indonesia!
» Indo Pride! Arjuna Indonesia yang Berprestasi di Ajang Esports Internasional!
» Sang Raja dan Landak Kuning Masih Terdepan! Inilah Prediksi Juara MPL Indonesia Season 9!
» Ditukar Ginjal saja Tidak Cukup! 7 Pemain Esports Indonesia yang Memiliki Harga Termahal!
» WORLDS Pertama, MPL ID Ketiga! 7 Turnamen Esports Paling Banyak ditonton Pada Tahun 2021!
1. The International 9 - 484,5 miliar Rupiah

Pertama tentu saja datang dari turnamen akbar DOTA 2 yang baru saja selesai beberapa hari yang lalu, The International 9. Turnamen yang memang menjadi langganan turnamen dengan hadiah terbesar, kini kembali memecahkan rekor dengan hadiah fantastis sebesar 34 juta Dolar Amerika atau setara dengan 484,5 miliar Rupiah.

Hadiah sebesar ini berkat crowdfunding dari para pemain yang membeli item dalam game DOTA 2. The International 9 menjadi game kedua tahun ini setelah Fortnite yang total hadiahnya mencapai lebih dari 30 juta Dolar Amerika.

Selain itu hadiah untuk tim pemenang dari game ini juga terbilang sangat luar biasa. OG sebagai tim pemenang berhak atas uang tunai lebih kurang sebesar 15 juta Dolar Amerika atau setara 222 miliar Rupiah setelah mengalahkan Team Liquid.

2. Fortnite World Cup Finals 2019 - 433 miliar Rupiah

Digadang-gadang menjadi pesaing The International dari segi total hadiah. Fortnite, game yang memang sedang sangat populer di kalangan gamer dunia berhasil mencetak sejarah setelah total hadiah turnamen mereka menyentuh 30 juta Dolar Amerika, atau setara dengan 433 miliar Rupiah.

Fortnite World Cup Finals 2019 saat itu disebut-sebut sebagai turnamen esports dengan total hadiah terbesar di dunia, sebelum akhirnya dikalahkan oleh The International 9 di tahun yang sama. Total hadiah ini kemudian dibagi ke dalam beberapa kategori yang dipertandingkan.

Salah satunya adalah Kyle Bugha yang berhasil memboyong hadiah 3 juta Dolar Amerika atau setara dengan 42,7 miliar Rupiah. Kyle mendapatkan hadiah ini setelah memenangkan turnamen di kategori tunggal.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru