NEWS

Merasa Anaknya Dicurangi, Ibu Zyd Curhat Soal Kecurangan Kontrak EHOME

Citaaditya   |   Sabtu, 28 Sep 2019


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Drama dari ranah Dota 2 memang selalu terjadi ketika pergantian roster setiap akhir musim DPC. Kali ini drama tersebut datang dari Tiongkok, tempat yang dikenal keras mengenai esportsnya. Salah seorang orang tua dari pemain membeberkan bahwa anaknya “dicurangi” oleh EHOME dan membeberkannya di internet. Seperti apa lengkapnya? Mari kita lihat:

Baca ini juga :

» Dranix Esports Jadi Juara Free Fire Shopee Indonesia Masters dan Siap Wakili Indonesia ke Brazil
» Bangga, Indonesia Menjadi Juara 1 di Line Gets Rich Battle of Nation 2019
» Tekuk Tim Tuan Rumah RRQ Epic 2-0 di Partai Final, Black Dragons Sabet Gelar Juara PBIC 2019
» Dapat Dukungan Penuh Kemenpora dan Kemkominfo, Piala Presiden Esports 2020 Siap Bergulir
» Persib Bandung Mulai Merambah ke Industri Game, Para Viking Akan Punya Tim Esports!

Terjemahan yang Kru KotGa dapatkan dari tulisan di atas adalah:

“Baru-baru ini, banyak orang yang tidak mengetahui kebenaran, telah memfitnah Zyd dengan jahat. Saya ingin mengklarifikasi semuanya tentang bagaimana dia (Zyd) kacau balau selama periode transfer. Ada banyak tim bagus yang mendekatinya sejak awal periode transfer tetapi akhirnya ia memutuskan untuk bergabung dengan EHOME karena: mereka memiliki pemain bagus dan pelatih yang kompeten dan mereka benar-benar tulus selama proses negosiasi. Dia tiba di klub pada 10 September 2019 dan berlatih bersama tim selama lebih dari sepuluh hari dan bahkan bermain turnamen di bawah bendera tim. Namun, dia tidak pernah berbicara tentang kontraknya. Pada tanggal 23 September, dia diberitahu bahwa dia harus menjalani masa percobaan dua bulan di klub tetapi selama waktu ini, gajinya akan berkurang setengahnya. Dia juga diberitahu bahwa jika tim ingin mendapatkan hasil yang baik saat ini, gajinya yang semula disepakati akan dilanjutkan tetapi jika mereka gagal mendapatkan hasil yang baik ini, gajinya perlu dinegosiasikan ulang. Sejauh yang saya tahu, Dota 2 adalah game yang membutuhkan kerja sama dari kelima pemain untuk mencapai hasil yang baik. Apa yang EHOME lakukan dengan persyaratan tambahan ini? Dari awal hingga akhir, Zyd tidak pernah memiliki tuntutan berlebihan tetapi hanya meminta agar klub melanjutkan gajinya yang disepakati setelah masa percobaan dua bulan. ”

Melalui akun Weibonya pula ibu dari Zyd mengunggah percakapan anaknya dengan sang pelatih, Xiao8

Xiao8:

40.000 RMB per bulan, akan ada kenaikan gaji jika tim bisa mencapai Major. Akan ada lebih banyak bonus jika tim dapat mencapai TI atau mencapai hasil yang lebih baik. Pikirkan tentang itu.

Zyd:

Oke bagus. ESL dimulai sekitar tanggal 20, akankah saya bermain?

Xiao8:

Saya akan mengkonfirmasi dengan bos dan meminta manajer untuk menyelesaikan semuanya. Anda bisa datang ke sini setelah selesai dan bermain kualifikasi jika Anda bisa melakukannya.

Screenshot berikutnya tampaknya setelah Zyd diberitahu tentang adanya masa percobaan, pemotongan gaji dan kemungkinan negosiasi ulang jika ada hasil yang buruk. Dari screenshot satu ini kita bisa tahu bahwa Zyd masih belum diberikan kontrak yang jelas.

Zyd:

Saya merasa seperti saya korban di sini. Saya telah membuat kompromi tetapi manajemen masih tidak setuju.

Xiao8:

Saya dulu juga memulai karir sebagai pemain, jadi saya mengerti kesulitan menjadi pemain pro.

Zyd:

Sebagai permulaan, mengenai kontrak. Saya telah bermain di sini selama lebih dari 10 hari dan masih belum ada kontrak. Dan sekarang ini, saya tidak meminta banyak. Saya dapat menerima gaji dari masa percobaan. Tapi saya ingin gaji saya dilanjutkan setelah masa percobaan karena itu adalah sesuatu yang seharusnya disepakati antara dua belah pihak. Alasan saya datang ke sini adalah karena saya pikir roster ini memiliki potensi dan Anda adalah orang yang dapat dipercaya. Dengan Anda sebagai pelatih, saya dapat meningkatkan kemampuan bermain dan naik satu level dibandingkan sebelumnya.

Screenshot terakhir di bawah ini masih terus membahas masalah pembayaran dan kurangnya kejelasan dari pihak EHOME.

Xiao8:

Saya tidak berpikir seburuk itu. Skenario terburuk, Anda mendapat kurang lebih 20.000 RMB.

Zyd:

Anda masih berpikir ini tentang uang?

Xiao8:

Apakah Anda pikir tidak apa-apa bagi Anda, seorang pendatang baru, untuk mendapatkan gaji yang sama dengan Faith_bian dan y, yang telah bergabung dalam tim selama lebih dari tiga tahun? Itu hanya masa uji coba dua bulan. Lupakan. Saya tidak ingin membicarakan hal ini. Tidak ada artinya. Saya akan mengklarifikasi semuanya jika orang berusaha menjadikannya sebuah drama besar.

Zyd:

Jika ini tentang uang, saya tidak akan memilih EHOME sejak awal. Tawaran yang Anda berikan bukan yang terbaik. Kami membuat perjanjian sebelum saya tiba tetapi Anda terus gagal dalam menepati janji-janji Anda. Apakah Anda masih berpikir itu masalah uang? Seorang pria harus menepati janjinya. Jika Anda berpikir bahwa sayalah yang membuat segalanya sulit, maka katakan kebenaran kepada orang-orang. Saya pikir Team Serenity lebih kesal daripada saya dalam hal ini.

Di lain pihak, pemilik Team Serenity meluangkan waktu untuk memposting artikel lain yang mengungkapkan bahwa hal yang sama terjadi pada Xiao ‘XCJ’ Chaojian dengan kontraknya ketika ia bergabung dengan EHOME. Pemilik Team Serenity mengungkapkan bahwa kontrak XCJ di tim miliknya sudah selesai, XCJ pun akan pindah ke EHOME. Ketika sedang melakukan perjalanan ke markas EHOME, XCJ malah diberitahu bahwa EHOME tidak memiliki uang lagi untuk merekrut pemain. Lelah dengan tuduhan dari berbagai pihak, Xiao8 akhirnya buka suara.

“Pada awalnya, saya adalah orang yang ingin membawa Zyd masuk ke EHOME. Saya melakukan negosiasi dan dia dengan senang hati akan bergabung dengan EHOME. Setelah dia mendiskusikannya dengan orang tuanya, dia mengharapkan 50.000 RMB per bulan. Kemudian saya diberitahukan oleh manajemen bahwa gaji tertinggi dalam tim adalah 40.000 RMB. Saya mengatakan kepadanya bahwa untuk mencapai 50.000 RMB, dirinya butuh mencapai prestasi seperti memenangkan Minor. Sayangnya, komunikasi ini tidak berlangsung dengan baik. Saya pun tidak menjelaskan tentang periode percobaan. Dia bergabung dan mulai berlatih dengan tim. Setelah beberapa hari manajemen bertanya kepada saya tentang keadaan tim secara keseluruhan karena mereka sedang mempersiapkan kontrak untuk pemain. Mengingat ada dua pemain baru, tentunya mereka harus memilih diantara 7 orang untuk diambil menjadi 5 orang saja. Ke-7 pemain ini terlebih dahulu akan diuji ke Minor, jika mereka sukses ke Major maka mereka akan mendapatkan kontrak yang mereka inginkan. Akhirnya Zyd menolak kesepakatan itu dan kemudian kembali ke rumah. Kami telah membayar penuh 40,000 / bulan untuk pelatihannya bersama tim.”

Nampaknya memang ada salah paham antara Xiao8 dan Zyd. EHOME pun belum mengumumkan roster utama mereka. Semoga saja dengan klarifikasi dari Xiao8, drama ini selesai ya Kotakers.

(Kotak Game)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru