NEWS

Tak Pernah Rilis, Ini Dia Prototype Controller Nintendo 64 yang Dinilai Lebih Baik Oleh Fans

Cita Aditya   |   Minggu, 29 Sep 2019


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Jika Kotakers mengingat dengan baik, controller atau joystick dari Nintendo 64 panen kritikan di masa itu. Nintendo beralasan ingin berbeda dengan PlayStation sang pesaingnya pada masa itu. Ketika PlayStation membuat joystick dengan dua cabang, Nintendo malah membuat joystick dengan tiga cabang tanpa ada alasan yang jelas. Desain ini dinilai cukup mengganggu oleh para pemainnya.

Baca ini juga :

» Baru Beberapa Jam Rilis, Emulator Nintendo Switch Suyu yang Gantiin Yuzu Kena Takedown!
» 3 Game “Wah” Ini Akan Mewarnai 22 Maret Kamu
» Channel Youtube NoahJ456 Dapat Strike Karena Video CoD Mod Pokemon yang Diupload 7 Tahun Lalu
» Sequel Dari Super Mario Bros. Movie Bakal Hadir di Tahun 2026!
» Nuzu dan Suyu Bangkit Dari Bangkai Kekalahan Yuzu

Dengan tiga cabang tersebut, kebanyakan gamers akan bingung bagaimana memegang controller satu ini. Apakah memegang sisi kiri dan kanan? Atau malah memegang sisi tengah dan kanan? Belum lagi tambahan joystick di tengah yang ujung-ujungnya juga mendapatkan kritik. Seorang pengguna Twitter mencoba mengulik isi dari prototype controller Nintendo 64. Jika dilihat secara sekilas, tidak ada perbedaan antara prototype dan controller yang sudah rilis. Namun, jika dilihat dari dalam nampak prototype ini punya beberapa keunggulan tersendiri.

Kebanyakan orang yang mengingat N64 akan mengingat joystick yang buruk. Para pemain hardcore sering mengeluh karena tongkat mereka patah dan lain-lain. Belum lagi tekstur joystick yang keras kadang menyebabkan jari dan telapak tangan melepuh. Terutama game-game yang membutuhkan menggerakkan joystick dengan cepat seperti Mario Party. Ternyata, controller yang tidak jadi dirilis oleh Nintendo memiliki joystick yang lebih bagus. Joystick tersebut sama seperti desain joystick modern. Selain itu sisi dalamnya juga menunjukkan bahwa joystick ini tidak akan mudah patah atau sekedar terselip meski dimainkan secara cepat.

Para fans akhirnya berspekulasi bahwa Nintendo tidak merilis controller ini karena joysticknya sangat mirip dengan joystick PlayStation 1. Padahal, dari segi teknologi Nintendo lebih mumpuni untuk menggarap joystick seperti ini.

(Kotak Game)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru