NEWS

Akan Tambah Maju, Esports Dapat Dukungan dari Komite Olahraga Nasional Indonesia

Master-Fakry   |   Jumat, 04 Oct 2019


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) telah mengadakan acara bertajuk Simposium Esports Indonesia di Kantor KONI Pusat dalam rangka membicarakan tentang perkembangan esports di Indonesia bersama dengan para pelaku esports agar industri ini dapat berkembang dengan lebih baik.

Tujuan diadakannya simposium adalah dalam rangka mendapatkan masukan dari semua penggiat esports tanah air, termasuk aspirasi dari masyarakat guna penyusunan dan pembentukan Pengurus Besar Esports Indonesia oleh KONI. Dengan terbentuknya kepengurusan nanti, KONI akan punya peran penting untuk mendukung pengembangan berbagai program esports Indonesia sebagai perpanjangan tangan pemerintah. Sehingga, esports memiliki regulasi yang jelas, untuk melindungi pendidikan, psikologi, kesehatan lingkungan sosial, dan lain-lain dari generasi muda Indonesia.

Ketua KONI, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman ikut hadir untuk memberikan semangat kepada para pelaku dan industri esports.

"KONI bertekat untuk menata persiapan pembentukan pengurus besar esports Indonesia. Kita bekerjasama dengan Kementerian Pemuda Olahraga, Kementerian Kominfo, kemudian dengan Komite Olimpiade Indonesa dan seluruh stakeholder esports Indonesia. Dari situ kita yakin perkembangan esports di Indonesia ini akan membuat suatu langkah yang sangat maju dan esports ini sebagai organisasi juga akan betul-betul menjadi organisasi yang dicintai oleh anak muda," papar Marciano Norman.

Baca ini juga :

» Kompetisi Auto Chess VNG Paling Heboh dengan Total Hadiah Rp350 Juta Resmi Diumumkan!
» Carry Tim Ini Sengaja Bunuh Diri, Xiao8 Curigai Ada Pengaturan Skor di Kualifikasi Starladder ImbaTV
» Turnamen Hearthstone Masters Tour Indonesia Dipindahkan ke Los Angeles Karena Corona Virus
» Ada Logo BOOM Esports di Gelaran ESL Pro League CS:GO! BOOM Esports Caplok Tim Asal Brazil?
» Langsung Juara Setelah Dibentuk! 7 Fakta SPCE, Tim Esports Edho Zell Si CEO Warteg Gratis


Berbagai pihak yang terlibat dalam industri esports juga ikut hadir dalam simposium ini dan ikut memberikan pendapat serta pandangannya mengenai esports Indonesia berdasarkan pengalaman masing-masing, yaitu perwakilan asosiasi esports yang terdiri dari Indonesia eSports Association (IeSPA) dan Asosiasi Video Game Indonesia (AVGI), Asosiasi Game Indonesia (AGI), liga, e-payment, dan masyarakat umum. Berbagai pendapat dan pandangan pun diutarakan. Tidak sedikit juga yang pro dan kontra terhadap perdapat yang diutarakan oleh masing-masing pihak yang memiliki kepentingan untuk memajukan esports Indonesia melalui organisasinya.

Dalam kesempatan yang sama, KONI juga memberikan penghargaan kepada dua tim esports Indonesia yang berprestasi, yaitu RRQ TCN yang merupakan juara Point Blank World Championship (PBWC) 2019 dan EVOS Capital sebagai juara Free Fire Fire World Cup 2019.


RRQ TCN


EVOS Capital

Dari hasil simposium ini, terumuskan beberapa keputusan, yaitu terdapat beragam tantangan bagi industri esports terutama terhadap persepsi masyarakat terutama orang tua yang masih memandang sebelah mata tentang industri baru ini. Selain itu, Esports juga masih belum menjadi cabang olahraga resmi di Indonesia. Akibatnya, kompetisi esports masih diselenggarakan secara mandiri tanpa campur tangan pemerintah.

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru