NEWS

Xenosaga Ternyata Hampir Dibangkitkan, Tapi Dibatalkan Karena Dianggap Tidak Menguntungkan!

Fadhil Baladraf   |   Jumat, 27 Dec 2019


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Ditengah kesibukan Bandai Namco dalam mengerjakan beberapa proyek game adaptasi anime dan first party mereka, developer ini ternyata masih tertarik untuk membangkitkan seri JRPG lawas yang dulunya sempat berjaya. Jika tahun 2017 lalu mereka sudah merilis versi Remaster .hack//G.U. Last Recode dengan segudang tambahan konten dan episode baru, ada rumor yang mensinyalkan kalau mereka juga tengah mempersiapkan bundle remaster untuk trilogi Xenosaga.

Informasi tersebut pertama kali menyebar kemarin saat Bandai mendaftarkan nama dagang untuk proyek terbaru mereka di Amerika Serikat. Nama tersebut adalah "Also Sprach Zarathistra" yang tidak lain adalah sub judul dari Xenosaga Episode III yang dirilis pada tahun 2006 lalu. Karena belum ada perkembangan kabar terbaru, salah seorang user Twitter bernama @InstantMayhem memberikan pertanyaan langsung pada Katsuhiro Harada yang merupakan director Tekken sekaligus manager IP Bandai Namco mengenai kemungkinan adanya remaster.

Baca ini juga :

» Evaluasi Besar-Besaran! Bandai Namco Batalin 5 Game yang Lagi Dikembangin Demi Kualitas!
» Jadilah yang Terkuat! Game Konsol Pertama "Jujutsu Kaisen" Telah Resmi Diluncurkan
» Jin Kazama Bisa Nyala! Unboxing TEKKEN 8 Premium Collector’s Edition
» SAND LAND AKAN DIRILIS 25 APRIL DI PLAYSTATION b5, PLAYSTATION 4, XBOX SERIES X|S, 26 APRIL DI STEAM
» Bentar Lagi Rilis di Konsol Nih! Blue Protocol JP akan Rilis versi PS5 dan Xbox Series pada 13 Desember

Tanpa ragu Harada memberikan kepastian kalau proyek remaster untuk trilogi Xenosaga sebenarnya sempat direncanakan, namun proyek tersebut sayangnya tidak terealisasi karena analisis pasar tidak memperlihatkan potensi yang baik atau dengan kata lain proyek ini bisa berakhir tidak menguntungkan. Xenosaga sendiri memang termasuk seri JRPG yang cukup populer di era PlayStation 2 dulu, namun penjualan untuk dua game kelanjutannya memang mengalami penurunan drastis yang membuat Monolith Soft berada di ambang kebangkrutan. Tentu saja Harada mungkin tidak memberikan informasi yang sebenarnya demi mempersiapkan semacam kejutan di masa mendatang, namun tidak mengherankan juga jika informasi yang dibagikannya ini memang kenyataan di lapangan.

Jadi bagaimana menurutmu dengan adanya kabar ini? apakah kamu masih berharap agar Xenosaga bisa kembali bangkit?

Sumber: Katsuhiro Harada via Twitter

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru