NEWS

Alasan Moonton Menyelenggarakan M1, Pendapatan Mobile Legends: Bang Bang Capai 6 Triliun Rupiah

Citaaditya   |   Senin, 20 Jan 2020


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Ternyata tidak banyak yang mengetahui, Moonton selaku pengembang game Mobile Legends telah mendapatkan keuntungan lebih dari 500 Juta USD atau senilai 6 Triliun Rupiah. Pendapatan tersebut adalah pendapatan kotor selama 4 tahun rilis mulai tahun 2016 silam. Perkembangan Mobile Legends dari tahun 2016 terlihat terus naik dan berkembang. Melansir dari Sensor Tower, perkembangan Mobile Legends naik 36% setiap tahunnya dan puncaknya adalah pada Desember 2019 lalu. Sensor Tower mencatat, Moonton mendapatkan keuntungan sebanyak 24.4 Juta USD.

Baca ini juga :

» Ujian Berat, Debut di Tim Mobile Legends RRQ, Rusman Bakal Langsung Rasakan El Clasico Melawan EVOS
» Skema Batu-Gunting-Kertas Kembali, Kini Giliran RRQ yang Kalah Telak dari Alter Ego di MPL
» Monster Hunter Riders Siap Rilis Untuk Mobile Pada 19 Februari Mendatang!
» Love Live! School Idol Festival ALL STARS Dipastikan Rilis Global Akhir Februari!
» Susul R7, Rusman Masuk ke RRQ Sena Sebagai Pemain Mobile Legends: Bang Bang


Sumber: Sensor Tower

Dalam data tersebut, kawasan Asia kecuali China adalah penyumbang terbanyak dari pendapatan Moonton untuk Mobile Legends. Kawasan Asia menyumbang lebih dari 301 Juta USD atau sekitar 60% dari total pendapatan. Kawasan Asia tersebut diantaranya adalah Indonesia, dan Malaysia. Sensor Tower mencatat, pendapatan terbesar berasal dari Malaysia, dimana player dari negara tersebut menghabiskan sebesar 87,5 Juta USD atau 17 persen dari total pendapatan. Pada posisi kedua, ditempati Indonesia dengan total 69,2 Juta USD atau 14 persen. Sedangkan AS mengambil posisi ketiga di 64,1 Juta USD atau 12,8 persen dari total pendapatan.


Sumber: YouTube Mobile Legends: Bang Bang

Lewat total dwonload sendiri, Mobile Legends telah di download sebanyak 281 juta kali. Dimana 212,2 juta atau 75% traffic download berasal dari kawasan Asia. Tentu saja, ini menjadi sebuah pencapaian sebuah game bisa mendapatkan keuntungan lebih dari 6 Triliun rupiah tanpa negara China. Sehingga, bisa menjadi acuan apakah Moonton bisa mengembangkan Mobile Legends menjadi lebih baik atau sebaliknya.

Hal ini juga yang membuat Moonton berani untuk mengadakan turnamen kelas dunia sekelas M1 di Malaysia. Mereka mengumpulkan berbagai negara yang memang ramai dalam hal download game satu ini. M2 pun dipastikan akan diselenggarakan 2020 ini di Jakarta. Kira-kira bagaimana perkembangan game satu ini ke depannya? Mari kita lihat!

Sumber: Sensor Tower

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru