NEWS

Valve Berencana Luncurkan Steam Khusus Tiongkok, Para Developer Khawatir

Rezaalif   |   Selasa, 11 Feb 2020


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Tiongkok adalah salah satu negara yang sangat ketat mengenai masalah sensor untuk produk hiburan, sebut saja Facebook dan Twitch tidak mendapat tempat disana. Namun, Steam adalah satu-satunya akses untuk dapat mengakses ke dunia luas dari platform video game. Tapi, justru langkah Valve kali ini justru bisa berpotensi merugikan banyak pihak.

Valve berencana akan meluncurkan Steam khusus Tiongkok, yang menjadi permasalahan adalah, game-game yang bisa masuk ke dalam Steam harus mengikuti aturan yang ada dalam undang-undang. Pada Steam biasa saja hal ini kerap menjadi polemik, apalagi jika hadirnya platform khusus ini, akan membuat game yang muncul akan semakin sedikit karena tidak lulus persyaratan.

Baca ini juga :

» Emulator Nintendo Switch "Yuzu" Kini Bisa Memainkan Super Smash Bros Ultimate dengan Lancar!
» Resident Evil Resistance Beta untuk PS4 dan PC Dipastikan Tertunda!
» Fantastis! Warframe Dipastikan hadir di PS 5 dan XBOX Series X
» [SPECIAL] Di Rumah Aja! Inilah 10 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
» Kekurangan Game Saat Masa Karantina, Yuk, Buruan Klaim Game Gratis dari Berbagai Platform ini!

Para developer indie asal Tiongkok yang biasanya berjualan melalui Steam merasa khawatir karena game mereka justru bisa tidak dipasarkan bila harus mengikuti peraturan yang ada pada Steam khusus ini. Mereka pun berharap semoga Steam internasional tetap bisa diakses.

Meski terjadi polemik, Valve mengatakan bahwa hal ini dilakukan demi memberikan pengalaman yang lebih baik untuk para developer yang ada disana. Namun, tetap saja para developer tidak percaya, apalagi status keberadaan Steam internasional tidak jelas, jika Steam khusus ini dirilis. Ya, semoga saja ada jalan keluar yang terbaik untuk masalah ini ya.

Sumber: Gamerant

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru