NEWS

Agar Gamer Lebih Aware, ESRB Akhirnya Siapkan Rating Untuk Game dengan Microtransaction

Fadhil Baladraf   |   Selasa, 14 Apr 2020


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Dengan semakin banyaknya developer yang mengimplementasikan microtransaction ke dalam game mereka demi meraup keuntungan lebih, khususnya EA yang bahkan sempat menghadirkan sistem yang lebih ekstrim, para gamer tentunya juga harus mulai sadar akan konten yang bisa mereka dapatkan saat membeli suatu game tanpa harus terikat dengan microtransaction.

Demi memudahkan seleksi ini, badan rating ESRB kebetulan baru saja mengumumkan kalau mereka akan memberikan game dengan microtransaction tambahan rating tersendiri dengan penjelasan "In-Game Purchases (Includes Random Items)". Adanya rating terbaru ini pastinya akan memudahkan para gamer untuk melihat jika suatu game memang memiliki microtransaction atau tidak, jadi mereka bisa lebih mudah dalam memilah game incaran mereka atau mungkin sekedar ingin menghindari game dengan konten yang terikat microtransaction di dalamnya.

Baca ini juga :

» ASUS Umumkan Kehadiran Chassis TUF Gaming GT302 ARGB untuk PC Berkinerja Tinggi
» ASUS Republic of Gamers Resmi Luncurkan ROG Phone 8 Series di Indonesia
» Pamer Inovasi! Realme Narzo 70 Pro 5G Hadirkan Fitur Air Gesture!
» Cyberpunk Is Real! Laptop Ini Layarnya Transparan Kayak Di Dunia Game Sci-Fi!
» Gaptech.id: Mini PC Bisa Tetep Powerful! Ini Ukurannya Cuma Segede Box GPU!

Rating terbaru ini sudah mulai diterapkan di game seperti Animal Crossing: New Horizons, dan akan mulai disusul dengan semua rilis game AAA terbaru mulai dari sekarang. Jadi bagaimana menurut kamu dengan adanya penerapan rating terbaru ini? Apakah kamu yakin jika gamer akan menjadi lebih aware dalam memilah game dengan implementasi microtransaction di masa mendatang?

Sumber: ESRB via Twitter

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru