NEWS

Rilis Unreal Engine 5, Pengembang Ungkap Dua Teknologi Utama, Nanite dan Lumen!

Billy Mariza   |   Kamis, 14 May 2020


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Unreal baru saja merilis penampakan pertama dari Unreal Engine 5 yang mana bertujuan menjadi generasi berikutnya untuk mencapai fotorealisme setara dengan film CG dan kehidupa nyata, dan menempatkannya dalam jangkauan yang praktis untuk tim pnengembang dari semua ukuran melalui alat yang produktif dan pustaka konten yang banyak.

Dalam hal ini, Unreal Engine 5 memperkenalkan "Lumen in the Land of Nanite," demo real time yang ditayangkan langsung di PlayStation 5. Demo ini menampilkan inti dari debut Unreal Engine 5 yang akan segera hadir nantinya, yaitu Nanite dan Lumen.

Baca ini juga :

» Youtuber Bernama Karl Buat Colloseum dengan 1 Juta Blok di Minecraft!
» Akhirnya Ikut Rilis di PC! Ini dia Spesifikasi PC Minimal Biar Bisa Mainin Horizon Forbidden West
» [RUMOR] God of War Ragnarok Baru Akan Rilis di PC Pada Tahun 2025
» Diskon Pertama untuk Like a Dragon: Infinite Wealth! SEGA ATLUS Spring Sale 2024 Tengah Berlangsung di Steam
» Dibekali Fitur Khusus untuk AI! ASUS Luncurkan Lini Terbaru Laptop Gaming ROG dan TUF GAMING 2024

Nanite virtualized micropolygon geometry membebaskan seniman (artist) untuk membuat detail geometris sebanyak yang bisa dilihat mata. Geometri tervirtualisasi Nanite berarti bahwa sumber seni berkualitas film yang terdiri dari ratusan juta atau miliaran poligon dapat diimpor langsung ke Unreal Engine atau apapun dari pahatan ZBrush hingga pemindaian fotogrametri hingga data CAD.


Sumber: Unreal Engine

Geometri dari Nanite dialirkan dan diskalakan secara real-time sehingga tidak ada lagi batas jumlah poligon, batasan memori poligon, atau menggambar batasan hitungan. Ditambah tidak perlu membuat detail ke peta normal atau membuat LOD secara manual dan tidak ada yang turun secara kualitas.

Sedangkan Lumen adalah solusi penerangan global yang sepenuhnya dinamis yang segera bereaksi terhadap perubahan suasana dan cahaya. Sistem ini membuat interrefleksi difus dengan pantulan tak terbatas dan pantulan specular tidak langsung dalam lingkungan besar dan terperinci, pada skala mulai dari kilometer hingga milimeter.

Artis dan desainer dapat membuat adegan yang lebih dinamis menggunakan Lumen, misalnya, mengubah sudut matahari untuk waktu hari, menyalakan lampu senter, atau efek cahaya dalam lubang di langit-langit, dan pencahayaan tidak langsung akan beradaptasi sesuai sumber cahaya tersebut.


Sumber: Unreal Engine

Lumen menghapus efek menunggu bakes lightmap selesai dan membuat UV peta cahaya serta penghematan waktu yang sangat besar ketika seorang artist dapat memindahkan cahaya di dalam Unreal Editor dan pencahayaan tampak sama seperti ketika game dijalankan pada konsol.

Sejumlah tim dan teknologi telah berkumpul untuk hadirnya lompatan dari segi kualitas ini, serta membangun banyak lonjakan besar dengan teknologi geometri Nanite. Tim menggunakan banyak menggunakan Quixel Megascans, yang menyediakan objek berkualitas film hingga ratusan juta poligon. Untuk mendukung adegan yang jauh lebih besar dan lebih detail daripada generasi sebelumnya, PlayStation 5 menyediakan peningkatan dramatis dalam bandwidth penyimpanan.

Demo ini juga menampilkan sistem mesin yang ada seperti fisika dan kehancuran Chaos, Niagara VFX, konvolusi reverb, dan rendering ambisonik.

Sumber: Unreal Engine

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru