NEWS

Pakai Wallpaper Pemandangan di HP Android Bisa Bikin Error? Begini Penjelasannya

Bill13   |   Sabtu, 06 Jun 2020


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Baru-baru ini viral tentang bagaimana gambar sederhana dapat menghancurkan ponsel Android sampai smartphone tersebut tidak dapat digunakan. Bahkan gambar tersebut dikatakan merupakan wallpaper terkutuk yang menyebar di sosial media. Berikut adalah penjelasan mengenai wallpaper terkutuk tersebut.

Sebelumnya ada laporan dari beberapa sumber, beberapa pengguna Samsung, OnePlus, Nokia, dan Xiaomi mengalami crash ketika menggunakan wallpaper tersebut. Meskipun ada beberapa cara seperti tergantung seberapa keras ponsel dipukul.

Baca ini juga :

» Mau seperti Donkey Bar Bar? Raih Popularitas dan Jadilah Bintang di Nimo TV!
» ASUS Resmi Umumkan ROG Phone III Akan Diluncurkan Pada Bulan Juli 2020!
» Wajib Dinanti! 7 Game Terbaru Tencent Games yang Paling Hype dan Dinantikan!
» Rilis dari Tahun 2018, PUBG Mobile Catatkan Pendapatan Hingga 3 Miliar Dollar!
» GRATIS! Game Meme Kocak 'Fight of Animals' Sekarang Sudah Tersedia di Mobile!

Beberapa pengguna dapat mengubah wallpaper dalam interval pendek antara crash. Yang lain berhasil menghapus wallpaper menggunakan alat pemulihan TWRP. Tetapi dalam kebanyakan kasus, satu-satunya solusi adalah mengatur ulang ponsel ke pengaturan pabrik, kehilangan data apapun yang tidak dicadangkan.

Smartphone tersebut biasanya memiliki sistem Android 10 yang mana SystemUI Android mengalami gangguan yang melibatkan ruang warna gambar dan melampui apa yang sistem Android tersebut. Simpelnya, sistem android tersebut tidak dapat mengimplementasikan warna dari gambar tersebut sehingga mengalami crash.

Masalah utama di sini adalah bahwa SystemUI hanya menangani gambar sRGB untuk wallpaper dan tidak memeriksa terhadap wallpaper non-sRGB. Ini dapat menyebabkan kerusakan tertentu di kelas ImageProcessHelper, karena variabel yang digunakan untuk mengakses array melewati batas array.

Buat kamu yang penasaran sebaiknya tidak mencobanya, kecuali kamu telah membackup data-data penting dari smartphone kamu. Namun ada kabar baiknya, bug tersebut kemungkinan akan segera diperbaiki ketika Android 11 resmi akan hadir di akhir tahun ini.

Sumber: Android Authority

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru