NEWS

Hay Day dan Lebih dari 2000 Game Dilaporkan Telah Dihapus dari App Store Versi Tiongkok

Reza Alif   |   Rabu, 15 Jul 2020


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Sebuah laporan baru menyebutkan bahwa ribuan game telah dihapus dari iOS App Store versi Tiongkok. Hal ini memang berkaitan dengan peraturan persetujuan yang sangat ketat yang ada di negara tersebut. Pada tahun 2019, regulator game di Tiongkok menolak lisensi untuk game-game poker dan mahjong.

Baca ini juga :

» [Weekly News Recap] Mulai Dari Rilisnya Horizon Zero Dawn di PC Hingga Fall Guy
» Mulai Geser Game PC, Pendapatan Game Mobile Mendominasi Asia Tenggara
» Review: Guardian Tales, RPG Petualangan Besar Dibalik Grafis yang Imut
» Game-game Mobile dari Dev. China Akan Minta Pemainnya Gunakan Identitas Asli!
» [SPECIAL] Gacha Bisa Kaya? Mengenal Istilah Reroll di Game Android dan Kenapa Bisa Menguntungkan

Sensor Tower juga mengungkapkan bahwa lebih dari 2.500 game mobile telah dihapus dari App Store Tiongkok sebagai bagian dari rencana penegakan peraturan game yang lebih ketat. Pada bulan Februari, Apple telah mengkonfirmasi untuk mematuhi kebijakan China’s National Press and Publication Administration, yang berarti pada tanggal 31 Juli 2020, semua game mobile dengan mikrotransaksi akan dihapus jika mereka tidak memiliki ISBN.


Sumber: Sensor Tower

Beberapa game besar diketahui sudah terkena kebijakan ini, dan dihapus dari App Store yang ada di Tiongkok. Diantaranya ada game dari Glu, Zynga dan bahkan Supercell juga harus kena imbas karena game Hay Day mereka juga hilang pada gelombang penghapusan kali ini.

Hal ini dipastikan karena banyak game-game dari para developer tersebut tidak memiliki ISBN. Memang pengurusan ISBN untuk sebuah judul game memang memiliki proses yang sangat lama. Namun, karena Tiongkok adalah pasar yang sangat besar untuk game Mobile, pastinya para developer harus mematuhi peraturan ini agar tidak terkena penghapusan.

Sumber: Gamerant

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru