NEWS

Intip Agenda Acaranya, Baparekraf Game Prime 2020 Online Diumumkan

Master-Fakry   |   Kamis, 30 Jul 2020


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Pameran game di Indonesia bertajuk Baparekraf Game Prime 2020 Online akan berlangsung pada tanggal 1 hingga 5 Agustus 2020. Kegiatan yang disingkat BGP ini adalah kali kelima Game Prime diadakan sejak tahun 2016 silam.

Hadir dengan konsep dan tajuk baru, Baparekraf Game Prime 2020 Online akan mengusung pelaksanaan secara online atau daring.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa pandemi COVID-19 membatasi aktivitas masyarakat di luar rumah. Namun, Baparekraf Game Prime tetap berkomitmen untuk menghadirkan aktivitas untuk mendukung pertumbuhan game tanah air.

Dalam kegiatan ini juga akan dilaksanakan agenda, seperti pertandingan esports, game, edukasi hingga hiburan yang dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

"BGP 2020 ini adalah BGP yang kelima. Artinya, setiap tahun kita berkomitmen untuk mengadakan Baparekraf Game Prime ini untuk memfasilitasi para teman-teman gim developer untuk berjejaring, untuk memperkenalkan gim mereka yang baru," papar Joshua Puji Mulia Simanjuntak dalam konferensi pers Baparekraf Game Prime 2020.

Yuana Rochma Astuti selaku Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif menambahkan harapan mengenai hasil dari dilaksanakannya Baparekraf Game Prime 2020. Beliau mengatakan dengan adanya Baparekraf Game Prime 2020 ini diharapkan industri game nasional akan maju dan memberi kontribusi lebih.

"Yang pasti pertama ini kita ingin memajukan industri game nasional. Kalau sudah maju, harapannya adalah kontribusinya kepada GDP naik. Sekarang sudah tinggi, akan tambah naik lagi. Nantinya setelah itu eksistensi game Indonesia mulai diperhitungkan baik di Indonesia maupun di Internasional terutama," kata Yuana Rochma Astuti.

Sementara keberadaan Baparekraf Game Prime 2020 bagi para pelaku industri game di Indonesia menjadi ajang untuk menciptakan sejarah baru, seperti yang diwakilkan oleh Ketua Umum Asosiasi Game Indonesia, Cipto Adiguno.

"Di era yang semakin digital seperti sekarang, gim menjadi medium yang diterima oleh masyarakat umum dan tidak lagi sekadar ‘mainan anak kecil atau anak muda.’ AGI berharap Game Prime dapat memperkenalkan gim ke masyarakat luas, mengedukasi baik-buruknya pada orangtua dan anak, dan berbagi keseruan digital yang di saat pandemi ini menjadi jalan keluar masyarakat yang terkurung di rumah masing-masing," ungkap Cipto Adiguno, Ketua Umum Asosiasi Game Indonesia (AGI).

Rangkaian acara yang akan berlangsung dan bisa disaksikan oleh para penonton adalah Indie Game Exhibition, Masterclass and Webinar untuk peminat pengembangan gim, Werewolf dan Tebak Gambar bersama influencer, dan PUBG Mobile Online Tournament dengan total hadiah Rp100.000.000 yang mengundang 14 tim profesional Indonesia dan 2 tim terbaik dari Road to Baparekraf Game Prime 2020 Online.

Dukungan untuk Karya Developer Lokal Melalui Indie Game Exhibition


Banyak game yang sudah dikembangkan oleh developer game Indonesia, namun masih banyak gamer maupun masyarakat umum yang tidak mengetahui sehingga belum memainkannya.
Baparekraf Game Prime 2020 Online menghadirkan online exhibition melalui situs gameprime.org yang menyuguhkan banyak game karya anak bangsa dari berbagai developer Indonesia. Setidaknya ada 30 gim karya developer lokal yang dipamerkan.

Setiap game punya tema unik dan mencerminkan kreativitas dari industri game yang sangat beragam yang terus berkembang dari masa ke masa.

Review Indie Game Bersama Republik Sultan dan Milokuma

Terdapat 10 studio terpilih pada Baparekraf Game Prime 2020 yang akan diulas oleh Republik Sultan dan Milokuma yang mana mereka akan memainkan serta memberikan pendapat tentang game yang dimainkan secara langsung.

Kamu bisa menyaksikan bagaimana Republik Sultan dan Milokuma memainkan serta memberikan ulasan dari setiap game terpilih pada tanggal 1 Agustus 2020 pada channel YouTube Asosiasi Game Indonesia.

Masterclass dan Webinar untuk Para Peminat serta Pelaku di Industri Game


Menjadi developer game merupakan salah satu pilihan karir yang menjanjikan di masa depan. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan ilmu, jejaring, dan kreativitas dari berbagai aspek untuk pengembangan game.

Bagi para pengembang game atau yang tertarik terjun ke dunia pengembangannya, ada Masterclass dan webinar yang bisa diikuti.

Masterclass serta Webinar dari Baparekraf Game Prime 2020 akan menjadi fasilitas bagi yang ingin mengembangkan diri di industri serta pengembangan game.

Ada berbagai topik yang akan dibahas, antara lain cara membuat game yang diawali dari coretan ringan, membuat desain karakter hingga meningkatkan karir ketika sudah berkecimpung di industri pengembangan game.

Sesi ini berlangsung pada tanggal 2 Agustus 2020 dan akan ditayangkan di channel YouTube Asosiasi Game Indonesia.

Daftar sesi yang akan berlangsung di Webinar Baparekraf Game Prime 2020 bisa kamu lihat di bawah ini.

Sesi 1: Level Up Your Career in Game Development dengan pembicara Rianti Hidayat (Chief Designer - Gung Ho Entertainment), dan Anggia Lestari (Co Founder Masshive Media).

Sesi 2: SEA Gamer Insight and How to Win the Market dengan pembicara Ricky Setiawan (CEO GGWP.ID).

Sesi 3: Behind the Scenes AAA Games dengan pembicara Ken Lai (CEO Brandonville Studio).

Sesi 4: Opportunity in The Middle of Pandemic dengan pembicara Joshua Simanjuntak (Plt Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif), Samuel Abrijani P (Ditjen APTIKA Kemkominfo), dan Cipto Adiguno (Ketua Asosiasi Game Indonesia).

Sesi 5: How to Protect Your IP dengan pembicara Rachmad Imron (CEO Digital happiness), Kris Antoni (CEO Toge Production), dan Jack Wong (GM MNC Licencing and IP Distribution).

Baca ini juga :

» Telah Hadir di Steam! DreadHaunt, Game Horor PC Baru dari Pengembang DreadOut
» Yuk ke Bandung! Mainkan Game Buatan Developer Lokal Terpilih di Festival Gim Indonesia
» Game Blockchain Buatan Lokal Eizper Chain Masuki Tahap Beta, Lakukan Penjualan Publik NFT Pertama
» Mau Bikin Tahu Isi Toge? Perusahaan Game Toge Productions Akusisi Tahoe Games Senilai 4 Miliar
» Kolaborasi Spesial Lokapala x Jinan Laetitia Hadirkan Event Seru untuk Para Ksatriya

Kemudian, rangkaian sesi yang berlangsung di Masterclass Baparekraf Game Prime 2020 bisa dicek di bawah ini.

Sesi 1: How to Make a Simple Game from Scratch dengan pembicara Ramadhany Chandra (COO Maulidan Games).

Sesi 2: Game Character Design: From Scratch to Finish dengan pembicara Brigitta Rena (Co-founder Mojiken Studio).

Sesi 3: Shorten Your Development Timeline with Unreal dengan pembicara Chris Murphy (Evangelist dari Epic Games).

Werewolf dan Tebak Gambar bersama Influencer


Pernah lihat para influencer maupun publik figur seperti Raditya Dika, Chandra Liow, Dimas Danang, Imam Darto, Onad, Mak Beti, Edelyn, dan lainnya bermain Werewolf maupun Tebak Gambar bersama-sama?

Nah, momen sangat langka dan pasti menghibur ini juga akan meramaikan Baparekraf Game Prime 2020 Online pada tanggal 4-5 Agustus 2020 di channel YouTube GGWP.ID

Sebagai salah satu elemen dan juga pelaku di industri kreatif, keberadaan para publik figur, influencer hingga shoutcaster yang biasanya selalu memandu pertandingan esports, juga mengambil bagian dengan bermain game ini dengan menyuguhkan keunikannya masing-masing.

Mereka akan seru-seruan bareng secara online melalui permainan boardgame berjudul Werewolf, yang menjadi salah satu game kreatif yang terus berkembang, dan Tebak Gambar.

Baparekraf Game Prime 2020 PUBG Mobile Online Tournament


Ada 16 tim PUBG Mobile yang akan bertanding dalam turnamen berhadiah total 100 juta Rupiah dan bisa disaksikan secara langsung di channel YouTube GGWP.ID pada tanggal 4-5 Agustus 2020.

Tim-tim yang akan bertanding adalah Louvre Esports, Morph, The Pillar, Bigetron ION, AURA, RRQ Ryu, Aerowolf, GEEK FAM, BOOM Esports, ONIC, NFT, BONAFIDE, Victim Esports, Alter Ego, NERO Team, dan FORA Esports.

Donasi Berhadiah


Satu hal yang menunjukkan bahwa gamer juga peduli dengan pandemi saat ini, bekerja sama dengan KitaBisa, Baparekraf Game Prime melakukan gerakan #GamersPeduli yang bertujuan agar siapa saja bisa berdonasi untuk mendukung garda depan serta masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

Semua orang yang berdonasi melalui gerakan #GamersPeduli ini akan berkesempatan untuk memenangkah hadiah berupa console Nintendo Switch, PS4 Pro hingga kursi gaming.

***

Selain berita utama pada artikel ini, Kru KotGa juga punya pembahasan menarik yang bisa kamu tonton pada video di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru