NEWS

Mulai Geser Game PC, Pendapatan Game Mobile Mendominasi Asia Tenggara

Reza Alif   |   Kamis, 06 Aug 2020


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Meski game PC dan Konsol masih memiliki taring dan mendominasi hampir di seluruh dunia, namun kini cengkramannya mulai terganggu oleh populernya game mobile di negara-negara Asia Tenggara. Seperti yang terjadi di Singapura dan Malaysia berdasarkan laporan pendapatan yang dilakukan oleh Niko Partners, di mana mobile game benar-benar mendominasi di kedua negara tersebut.

Baca ini juga :

» Banyak Cuannya! Bonus Melimpah dari UniPin Selama Bulan Penuh Kemenangan
» Rayakan Ulang Tahun ke-10, Summoners War Bagikan Monster Bintang 5! Tinggal Pilih
» Agen Twilight dan Thorn Princess Terjun ke dalam Aksi Battle Royale! Siapa yang Mampu Bertahan?
» Mobile MMORPG Moonlight Blade M Siap Adakan CBT! Hanya untuk 4.000 Pendaftar Pertama
» Mobile Legends: Bang Bang akan Temani Mudik Lebaran Gamer! Ada Skin ALLSTAR Moskov dan Event Gratis Skin Elite

Pada laporan tersebut diketahui bahwa pendapatan mobile game telah meningkat sebesar 135 juta Dollar Amerika selama dua tahun terakhir, sementara pendapatan untuk game PC hanya meningkat sebesar 40 juta Dollar Amerika Serikat. Kenaikan itu terjadi hanya berdasarkan laporan keuangan industri game pada negara Singapura dan Malaysia saja.


Niko Partners

Kejutan lainnya adalah pendapatan tertinggi dari kedua negara tersebut ternyata datang dari game buatan Moonton dan MOBA mobile paling populer di dunia, yaitu Mobile Legends: Bang Bang. Mobile Legends diketahui mencetak pendapatan hingga 20,9 juta Dollar Amerika di Malaysia, sedangkan di Singapura berhasil mendapatkan sekitar 12,4 juta Dollar Amerika.


Niko Partners

Sisa game lainnya juga menunjukkan dominasi game mobile yang luar biasa karena sebagian besar di daftar 10 besar game tersebut hampir seluruhnya diisi game mobile, seperti PUBG MOBILE, Pokemon GO, Free Fire dan Clash of Clans. Mungkin game PC yang masih masuk ke dalam daftar tersebut hanya datang dari game seperti Roblox dan Perfect World saja. Jadi apakah masa depan industri game adalah berujung kepada fleksibilitas dan ketangguhan game mobile? Kita tunggu saja.

Sumber: vpesports

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru