NEWS

Review Razer Ornata V2, Kombinasi Tombol Mekanik dan Membran yang Nyaman Banget

Master-Fakry   |   Senin, 10 Aug 2020


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Selain Mouse, keyboard adalah salah satu perangkat input penting untuk pengguna PC. Kenyamanan keyboard akan menjaga mood pengguna agar tetap positif, bahkan meningkatkan produktivitas dalam mengetik, khususnya gaming yang membutuhkan input dari keyboard.

Salah satu keyboard gaming yang menarik, karena nyaman dan responsif, adalah Razer Ornata V2. Ini adalah keyboard dengan sistem hybrid, yaitu mengkombinasikan penggunaan tombol mekanik dengan membran. Jadi, feel mengetik pada keyboard ini sangat unik, yaitu clicky dan ringan seperti keyboard mekanik, tapi membal gitu seperti keyboard membran. Hasil dari kombinasi tersebut adalah proses mengetik yang cepat cepat dan responsif, tapi tidak berisik.


Kotak Razer Ornata V2 | Dokumentasi KotakGame


Tampilan depan | Dokumentasi KotakGame

Nah, pada kesempatan ini, Kru KotGa akan bercerita tentang pengalaman selama menggunakan Razer Ornata V2 lebih kurang sepekan. Tapi, sebelum membaca lebih lanjut, yuk nonton trailer-nya terlebih dulu.


Baca ini juga :

» Razer Luncur Blade 14 Dengan Ryzen 9 5900HX dan RTX 3080!
» Kaum Mendang-Mending Minggir! Razer Merilis GaN Charger Yang Dibanderol 2,5 Juta Rupiah
» Razer Luncurkan Headphone Noise Cancelling Terjangkau Dengan Nama Opus X
» Fans Mechanical Keyboard Wajib Tahu, Inilah Brand Switch Yang Harus Kamu Ketahui!
» Smart Keyboard Trio 500, Keyboard Nirkabel Untuk Ekosistem Samsung

Keyboard Hybrid yang Cepat dan Nyaman

Memadukan feedback tombol yang cepat dan clicky seperti switch mekanik dengan membran layaknya keyboard konvensional. Setiap tekanan yang dilakukan pada Razer Ornata V2 akan sangat nyaman dan akurat. Kru KotGa sendiri merasa paduan yang diciptakan adari kombinasi tersebut memang menciptakan kenyamanan yang tinggi, khususnya pada output suaranya yang tidak terlalu berisik.


Switch | Dokumentasi KotakGame

Kemudian, lapisan pada setiap tombolnya halus, dope dan tidak licin. Sehingga, jari-jari kita tidak akan mudah selip atau terpeleset ketika sedang mengetik. Hal tersebut akan membuat akurasi mengetik jadi lebih baik yang pastinya akan mengurangi typo (salah ketik).

Media Key dan Wheel Serbaguna

Keyboard yang terbuat dari material plastik ABS untuk body-nya ini dilengkapi tombol kontrol multimedia di bagian kanan atas yang mudah dijangkau. Fungsinya untuk adalah untuk play, pause, dan skip serta ada wheel untuk mengatur volume up, down, dan mute. Kegunaan tombol tersebut paling terasa ketika sedang gaming atau mendengarkan musik.


Media key dan wheel | Dokumentasi KotakGame

Ketika gaming, akan sangat repot kalau kita harus mengatur volume melalui toolbar desktop. Melalui fitur ini, maka kita bisa scroll ke atas wheel-nya untuk menaikkan volume atau scroll ke bawah untuk menurunkan volume. Atau, tekan whell-nya untuk mute dan unmute. Praktis banget.

Keren Berkat Razer Chroma RGB

Dengan pilihan 16,8 juta warna dan serangkaian efek yang dapat dipilih, Razer Ornata V2 tidak hanya memiliki kustomisasi yang bebas. Selain itu, keyboard gaming ini menawarkan pencahayaan yang imersif melalui efek yang dinamis saat memainkan video game yang terintegrasi dengan Chroma, seperti Fortnite, Apex Legends, Warframe, Overwatch, Black Desert Online Remastered, dan masih banyak lagi.


Backlit | Dokumentasi KotakGame

Kecerahan warna backlit juga bisa diatur dengan mudah melalui kombinasi tombol Fn+F11 untuk mengurangi pencahayaan atau Fn+F12 untuk menambah kecerahannya. Menurut Kru KotGa, cahaya yang ditampilkan pada keyboard ini tidak norak alias berwarna elegan sehingga nyaman dilihat mata.

Dilengkapi Bantalan Tangan Empuk

Untuk memastikan kenyamanan pengguna dalam mengetik, Razer juga menyediakan bantalan dengan logo ular di bagian tengahnya dan bisa ditempel ke keyboard sebagai palm rest atau digunakan secara terpisah sebagai bantalan pergelangan tangan. Sehingga, kita bisa bermain nyaman lebih lama. Dan, ada magnet di bagian sambungan antara keyboard dengan bantalan agar bisa nempel lebih mantap, tapi mudah dilepas jika ingin mengubah ke posisi lain.


Bantalan empuk | Dokumentasi KotakGame

Karena kemudahan untuk mengatur posisi bantalan ini, saya sering mengubah posisinya sebagai tempat untuk menempatkan siku ketika bertopang dagu. Well, ada kalanya main game atau bekerja itu hanya perlu input dari mouse saja. Jadi, tangan kiri tidak terlalu banyak kegiatan. Bantalannya juga empuk banget, bisa digunakan sebagai ganjelan tangan untuk tidur di meja, haha.

Terdapat Fitur Cable Routing


Alur kabel | Dokumentasi KotakGame

Terakhir, Rezer Ornata V2 dilengkapi alur kabel di bagian alasnya untuk mengarahkan posisi kabel. Mau ke sebelah kiri, tengah, atau kanan. Ini akan memudahkan kita untuk membuat pengaturan kabel yang lebih baik sehingga meja gaming atau kerja bisa lebih rapi.

Kalau Kru KotGa, posisi PC kantor terletak di sebelah kanan meja kerja, jadi kabelnya akan lebih rapi jika diarahkan ke kanan melalui alur yang tersedia itu. Atau, bisa juga posisi kabelnya divariasikan demi kerapian meja kamu.


Master Fakry | Dokumentasi KotakGame

Oke, itulah review Kru KotGa untuk keyboard Razer Ornata V2. Secara keseluruhan, Kru KotGa sih merasa sangat puas dengan kinerja dari keyboard gaming ini. Mulai dari feeling tombolnya yang nyaman, tidak berisik, backlit yang enak dipandang dan tingkat pencahayaannya bisa diatur dengan mudah, ada bantalan yang empuk banget untuk palm rest, dan terdapat tombol multimedia serta volume wheel.

Harga Rezer Ornata V2 Gaming Keyboard di Indonesia melalui Tokopedia adalah Rp1.700.000 per unit.

Beli sekarang disini.

Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai keyboard ini, silakan saja tulis pertanyaan kamu di kolom komentar, ya!

View this post on Instagram

Razer Ornata V2: Gaming Keyboard

A post shared by kotakgame (@kotakgame) on

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru