NEWS

Pengendalian IMEI Sudah Berlaku, Begini Cara Ngecek Hp Kamu Sudah Terdaftar atau Belum

Master-Fakry   |   Rabu, 16 Sep 2020


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Pada Selasa (15/09/2020), melalui siaran pers, pemerintah Republik Indonesia melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah resmi memberlakukan pengendalian International Mobile Equipment Identity (IMEI) untuk perangkat telekomunikas, seperti smartphone, Hp biasa, dan komputer tablet (HKT).

Hal tersebut dilakukan dalam rangka perlindungan konsumen, pengendalian IMEI pada perangkat telekomunikasi yang dibeli dan menggunakan perangkat yang memenuhi standar, sah atau legal dapat memberikan kepastian hukum kepada operator dalam menghubungkan perangkat yang sah ke jaringan telekomunikasi.

Kebijakan pengendalian IMEI ini dijalankan atas kerja sama antara Kominfo dengan Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Keuangan yang didukung seluruh operator telekomunikasi seluler di Indonesia.

Sejak diberlakukannya peraturan, sistem Central Equipment Identity Register (CEIR) sebagai pusat pengolahan informasi IMEI telah dibangun oleh Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) untuk mengintegrasikan sistem Equipment Identity Register (EIR) dari 5 operator. Penyempurnaan sistem akan terus dilakukan untuk menjamin kesiapan pengendalian IMEI.


Seluruh perangkat HKT yang IMEI nya tidak terdaftar di dalam sistem CEIR, nantinya tidak akan mendapatkan layanan jaringan telekomunikasi seluler.

Dihimbau kepada masyarakat yang akan membeli perangkat HKT, terlebih dahulu memastikan IMEI-nya tercantum pada kemasan dan perangkat serta mengecek IMEI perangkatnya di http://imei.kemenperin.go.id.

Cek kode IMEI dengan menekan *#06# di Hp kamu.

Selanjutnya, bisa melakukan uji coba perangkat yang akan dibeli dengan memasukkan kartu SIM, dan pastikan perangkat mendapatkan sinyal telekomunikasi dari operator.

Baca ini juga :

» Tak Mudah Tertipu Oknum Seller Nakal, Ini 7 Tips Memilih Hp Android Lancar Bermain Game dan Nggak Kemahalan
» Ngelag dan Force Close Saat Main, Genshin Impact Diserang Ulasan Buruk Oleh Pengguna Smartphone Kentang
» Anak Berbakti Masuk! 7 Rekomendasi HP Murah 1 Jutaan Cocok untuk Orangtua Kalian!
» realme 7 dan 7i resmi Hadir di Indonesia, Bawa Kekuatan 64MP Power Master dalam Genggaman
» Sambut realme 7 Series, Turnamen PUBG Mobile dengan Prize Pool Rp100 Juta Digelar

Jika tidak mendapat sinyal, patut diwaspadai bahwa perangkat tersebut tidak terdaftar.

Untuk pembelian secara online, pastikan bahwa penjual menjamin IMEI perangkat sudah tervalidasi dan teregistrasi sehingga dapat digunakan untuk berkomunikasi dalam daringan (daring) atau online.

Bagi masyarakat yang membeli HKT secara daring melalui barang kiriman atau membawa perangkat dari luar negeri atau dari Free Trade Zone melalui bandar udara dan pelabuhan, wajib mendeklarasikan, memenuhi kewajiban perpajakan dan dapat mendaftarkan IMEI perangkat melalui https://www.beacukai.go.id/register-imei.html atau melalui aplikasi Mobile Beacukai yang dapat diunduh melalui Google Play Store. Aktivasi perangkat dengan kartu SIM Indonesia akan bisa dilakukan maksimal 2x24 jam.

Ada masalah mengenai pengendalian IMEI, silakan hubungi Call Center Kominfo di 159.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru