Review

ASUS TUF Gaming Z490-Plus WI-FI

Halaman 1

Selama beberapa bulan terakhir, Intel bersama prosesor generasi ke-10 mereka cukup gesit untuk mengalahkan sang kompetitor. Tidak bisa dipungkiri lagi memang karena prosesor tersebut hadir dengan peningkatan performa yang cukup signifikan. Namun, tentu saja “performa terbaik” tersebut tidak bisa diraih hanya dengan menggunakan prosesor. Dibutuhkan sebuah motherboard yang canggih untuk menyongsong performa dari prosesor tersebut.

Kebutuhan sebuah motherboard yang canggih memang sudah semakin tinggi. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Sebuah motherboard akan "menaungi" berbagai perangkat utama seperti prosesor, RAM, dan kartu grafis yang paling dibutuhkan. Pada motherboard kelas enthusiast high-end yang canggih, gampangnya, kamu bisa melakukan overclock dengan lebih mudah dan aman, baik karena desain VRM serta pendingin yang lebih canggih, dan adanya komponen terbaik dan fitur yang disematkan untuk menunjang overclocking tersebut. Untuk prosesor Intel sendiri, dibutuhkan setidaknya motherboard dengan Chipset Z490 untuk performa yang lebih maksimal.

ASUS, sebagai brand terkemuka asal Taiwan telah mengumumkan jajaran Motherboard seri Z490 sejak pertama kali prosesor Intel generasi ke-10 diumumkan. Selain seri ROG miliknya, ASUS juga memiliki seri Z490 yang lebih terjangkau dengan fitur yang tidak kalah canggih. Motherboard tersebut adalah TUF Gaming Z490-Plus WI-FI yang akan Kru KotGa review pada artikel ini.

Dalam melakukan benchmark dan pengujian, berikut ini berbagai komponen yang kru KotGa gunakan untuk mengulas motherboard TUF Gaming Z490-Plus WI-FI:

Prosesor Intel Core i7-10700K
Motherboard TUF Gaming Z490-Plus WI-FI
Cooler Cooler MasterLiquid ML120R RGB
GPU ASUS TUF Gaming NVIDIA GeForce RTX 3080 10GB
RAM Apacer NOX RGB DDR4-3200
SSD WDC Black SN750 M.2 NVMe 2TB
PSU Cooler Master MWE Gold 850 V2 Full Modular

Baca ini juga :

» Review ROG Strix SCAR 17 2023 G733
» Review ROG Strix Scar 16 G634JZ
» Review ROG x EVANGELION EVA-02
» Review Steam Deck OLED
» ASUS ROG G22CH G22CH-7K3114700WSO
Sebelum membahas lebih jauh mengenai benchmark dan pengujiannya, yuk kita kenali dulu fitur-fitur canggih dari motherboard ini!

ASUS TUF Gaming Z490-Plus WI-FI - Motherboard Z490 Terjangkau Namun Tetap Kaya Fitur


Bagi kamu yang setidaknya masih asing dengan seri TUF Gaming, seri tersebut adalah seri di bawah seri ROG. Namun, ASUS tetap menyematkan berbagai fitur penting, terutama untuk menunjang aktivitas para gamer. Selain itu, yang menjadi kelebihan utamanya adalah durabilitas terbaik, serta harga yang lebih terjangkau. Meskipun lebih terjangkau daripada ROG, motherboard TUF Gaming Z490-Plus WI-FI tetap menawarkan fitur terdepan yang komplit, canggih, mewah serta perlengkapan pendukung melimpah untuk kalangan hardware enthusiast dan gamer kelas atas.

Penasaran fitur apa saja yang ditawarkan? Yuk simak artikelnya!

Sebelum membahas lebih jauh, berikut beberapa fitur dan spesifikasi utama yang ditawarkan pada ASUS TUF Gaming Z490-Plus WI-FI:

Intel LGA 1200 socket Ready for 10th Gen Intel Core processors
RAM socket 4 x DDR4 4800 MHZ (OC)
Storage 2 x M.2 / 6 x SATA 6Gb/s Port
Enhanced power solution 12+2 DrMOS power stages, 6-layer PCB, ProCool sockets, military-grade TUF components, and Digi+ VRM for maximum durability
Comprehensive cooling VRM heatsink, PCH fanless heatsink, M.2 heatsink, hybrid fan headers and Fan Xpert 4 utility
Connectivity Front header for USB 3.2 Gen 2 Type-C and Thunderbolt 3 support
Internet Intel WiFi 6, Intel Ethernet Connection I219-V, TUF LANGuard and TurboLAN technology
Audio Realtek S1200A codec
Aura Sync RGB Synchronizable LED effects across a vast portfolio of compatible PC gear, including addressable RGB strip

Paket Penjualan Motherboard ASUS TUF Gaming Z490-Plus WI-FI

  • User manual
  • 1 x ASUS Fan Holder
  • I/O Shield
  • 2 x SATA 6Gb/s cable(s)
  • 1 x M.2 Screw Package
  • 1 x Supporting DVD
  • 1 x TUF GAMING Sticker
  • 1 x TUF Certification card(s)
  • 1 x Wi-Fi moving antenna

Pada halaman berikutnya kru KotGa akan membahas lebih dalam mengenai berbagai fitur mutakhir pada motherboard ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview