NEWS

Review ROG Zephyrus G GA502I - Speknya Gahar & Harga Ga Wajar! Cocok Untuk Gamer dan Content Creator

Master-Fakry   |   Selasa, 15 Dec 2020


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Mending rakit PC? Begitulah kira-kira yang sering sekali diutarakan banyak gamer PC di beberapa forum. Tentu ini karena perbedaan harga yang cukup signifikan mengenai bobot yang jauh lebih banyak didapatkan PC gaming ketimbang laptop gaming di rentang harga yang sama. Tapi, sebenarnya laptop sendiri punya kelebihan yang tidak dipunya oleh PC gaming, yaitu soal fleksibilitas yang membuat kita bisa bermain game dimana saja tanpa perlu repot.

Begitu juga dengan ROG Zephyrus GA502I, rilisan produsen ASUS yang bahkan benar-benar mengutamakan konsep laptop gaming dengan bodi ramping dan ringan sehingga sangat fleksibel. Tapi, laptop ini juga tetap dibekali dapur pacu yang mumpuni, dengan prosesor 7nm pertama di dunia, dan delapan inti serta tier tertinggi di serinya, Ryzen 9 4900HS yang pastinya punya kemampuan yang tak main-main.

Kemudian prosesor ini juga dipasangkan dengan kartu grafis anyar buatan si hijau Nvidia, GTX 1660TI yang pastinya akan membuat pengalaman gaming lancar berjalan meski memainkan game berat sekalipun pada settingan grafis tinggi. Oh, ya karena sudah punya kartu grafis dan juga prosesor yang powerfull, ASUS pun menyematkan laptop gaming ini dengan layar 144Hz, jadi tidak akan ada lagi masalah screen tearing yang kerap mengganggu saat bermain game, karena grafis menjadi seolah-olah seperti robek, dan tentunya dengan frame rate yang tinggi grafis dari game juga akan berjalan sangat mulus.

Nah, kalo kalian penasaran dengan detail dari ROG Zephyrus GA502I, langsung saja simak review lengkapnya dibawah ini ya!

Baca ini juga :

» Heboh Spesifikasi Laptop Pelajar Kemendikbud Dengan RAM 4GB Dan Storage 32GB
» ASUS Luncurkan TUF Gaming F15 (FX506) Yang Lebih Powerful Dengan Harga Yang Tetap Terjangkau
» Zyrex Mengaku Siap Produksi Laptop Merah Putih Meski Pesanan Membludak
» Cocok Buat Para Pelajar, Xiaomi Luncurkan Redmibook Dengan Intel Core Gen 11!
» [VIDEO] Review ASUS ROG Flow X13! Ultrabook Killer, Rajanya Produktivitas dan Gaming!



Ringan dan Body Langsing Bisa untuk Main Game dimana saja





ROG Zephyrus GA502I di desain dengan bodi yang ramping dan tipis berukuran 19.9mm serta bergaya stealth sehingga membuat laptop gaming ini mampu berbaur dimana saja. Tak hanya ramping dan tipis, laptop gaming ini juga ringan dengan berat hanya 2.1Kg saja, sehingga kamu tidak lagi harus keberatan saat membawanya di dalam tas, apalagi dengan bodi yang kecil, kamu tidak perlu lagi membawa tas yang besar seperti laptop gaming pada umumnya, ia bisa masuk ke dalam tas yang penuh sesak sekalipun dengan barang-barang lainnya.





Kemudian, sebenarnya laptop ini punya sasis untuk ukuran 14 inci, namun karena bezel yang dibawa sangat tipis, membuat laptop ini mampu menampung layar yang lebih besar dengan ukuran 15 inci. Karena itu, laptop ini juga sangat fleksibel diatas meja, sehingga menyisakan ruang yang luas untuk kamu menaruh mouse atau aksesoris lainnya. Dan meski terkesan simpel, dengan desain logo di bagian cover yang terpampang cukup besar, tetap terlihat sebagai laptop gaming ROG.

Mata Tetap Segar dengan Grafis Halus dari Layar 144Hz





Kita kembali bahas soal ketipisan dari jarak antar sasis dengan layar dari ROG Zephyrus GA502I, ini dibawakan dengan Bezel Super-Narrow yang menawarkan bezel tipis yang hanya berukuran 6,2mm di tiga sisinya, atas dan samping. Tentunya, ini akan memberikan tampilan layar IPS pada 81 persen rasio layar-ke-bodi yang akan menarik kamu lebih dalam ke aksi saat bermain game.





Kemudian jika berbicara soal game, kita tahu zaman sekarang game-game yang ada punya sisi aksi yang bergerak lebih cepat dan tentunya ini akan menuntut kecepatan layar untuk menghasilkan tampilan grafis yang maksimal. Untungnya, laptop gaming ini sudah dibekali dengan refresh rate 144Hz dengan respons time 3ms, dan teknologi Adaptive Sync terintegrasi yang akan menghasilkan tampilan grafis akurat dan mulus.



Tak sampai disana, layar ini juga sudah dikalibrasi pabrik dengan teknologi ProArt TruColor, sehingga memastikan sudah Panton Validation yang membuat warna dari tampilan di layar akan terlihat lebih akurat, dan grafis juga akan tampak lebih bagus.

Tangan Tak Lagi Typo dengan Keyboard Bertata Letak ala Keyboard PC





Beralih ke persoalan soal keyboard, hal ini kerap kali dikeluhkan oleh banyak gamer, karena biasanya pada laptop, letak dari keyboard memiliki perbedaan dengan keyboard umum yang ada di PC, sehingga membuatnya jadi kurang nyaman.



Nah, pada ROG Zephyrus GA502I ini keyboard yang tersemat di desain dengan mengikuti tata letak keyboard pada PC, yang memiliki blok fungsi terpisah, kemudian juga terdapat tombol shortcut khusus yang menempatkan volume, mute microphone dan software Armoury Crate, sehingga lebih cepat dan mudah dijangkau.



Lalu terdapat juga teknologi Overstroke untuk respon lebih tinggi di setiap keystroke yang lebih cepat, dan rollover N-key mencatat setiap input lebih akurat, sehingga kamu tidak perlu menekan keyboard dengan sekuat tenaga saat bermain game. Lalu ini juga cocok untuk gamer yang lebih suka dengan desain minimalis dan elegan dengan lampu berwarna putih tanpa ada gimmick RGB, lampu putih ini juga membantu melihat tombol-tombol keyboard saat ditempat yang gelap.

Baca ini juga :

» Heboh Spesifikasi Laptop Pelajar Kemendikbud Dengan RAM 4GB Dan Storage 32GB
» ASUS Luncurkan TUF Gaming F15 (FX506) Yang Lebih Powerful Dengan Harga Yang Tetap Terjangkau
» Zyrex Mengaku Siap Produksi Laptop Merah Putih Meski Pesanan Membludak
» Cocok Buat Para Pelajar, Xiaomi Luncurkan Redmibook Dengan Intel Core Gen 11!
» [VIDEO] Review ASUS ROG Flow X13! Ultrabook Killer, Rajanya Produktivitas dan Gaming!

Anti Panas dan Suhu Terjaga dengan ROG Intelligent Cooling





Tak cuma PC desktop, laptop gaming juga memiliki permasalahan serupa jika berbicara soal suhu, ini adalah faktor yang cukup penting mengingat hardware tier tinggi di dalamnya, saat bekerja akan menghasilkan panas lebih. ROG Zephyrus GA502I punya solusi yang cukup jitu untuk menghadapi hal ini dengan teknologi ROG Intelligent Cooling.



Modul termal self-cleaning laptop gaming ini mampu mengeluarkan debu untuk meningkatkan stabilitas jangka panjang dari komponen di dalamnya, sementara kipas n-Blade ganda memutar masing-masing 83 bilah yang menghasilkan aliran udara yang lebih impresif, sehingga meningkatkan performa serta suhu juga lebih terjaga.

Serasa di dalam Game dengan Speaker Berteknologi Canggih





Beralih ke sektor audio, ROG Zephyrus GA502 IU satu ini juga mampu memberikan pengalaman gaming yang lebih imersif dengan tersematnya audio berteknologi canggih. Terdapat speaker Twin front-firing di bagian bawah yang akan menempatkan kamu serasa berada di tengah-tengah aksi game yang tengah kamu mainkan.



Didukung oleh teknologi Smart Amp membuat suara yang dikeluarkan akan tetap halus dan enak didengar, tak peduli seberapa besar kamu meningkatkan volume pada laptop ini, teknologi tersebut akan mengurangi distorsi dan mencegah kerusakan pada perangkat audio yang menyokongnya. Kemudian laptop ini juga telah tersertifikasi Hi-Res Audio yang memastikan suara yang lebih jelas dan detail saat kamu menggunakan headphone ataupun headset.

Konektivitas tak Terbatas dengan Port Lengkap dan Jaringan Super Cepat





Meski punya bodi yang mini dan langsing, ROG Zephyrus GA502I tetap dilengkapi konektivitas yang sangat lengkap. Port yang tersedia di setiap sisinya cukup mencakup semua kebutuhan mulai dari tiga USB3.2 Gen 1 untuk memasang mouse, flashdisk ataupun keyboard tambahan. Lalu ada port LAN untuk yang ingin berinternet menggunakan kabel.



Ada juga satu buah port Type-C yang memungkinkan kamu untuk melakukan charge menggunakan power bank saat berada di tempat yang tidak memungkinkan untuk melakukan charge secara langsung. Kemudian satu port HDMI 2.0b yang bisa kamu gunakan untuk disambungkan dengan layar 4K atau TV untuk memutar film, video ataupun main game hingga 60Hz, dibanding dengan HDMI 2.0 biasa, versi ini mendukung Wide Color Gamut yang akan menampilkan gambar lebih realistis dan juga mendukung Hybrid Log Gamma yang punya palet warna lebih luas. Dan terakhir yang paling disukai para gamer, adalah tetap hadirnya jack 3.5mm untuk memasang Headphone.



Untuk urusan jaringan internet, ROG Zephyrus GA502I telah dibekali dengan Wi-Fi 6 dan Gigabit Ethernet Superfast yang akan memungkinkan konektivitas internet dengan latensi rendah sehingga berjalan lebih cepat.

Oh,ya tidak lupa Kensington Lock juga tetap hadir untuk menjaga keamanan dari laptop kamu.

BATERAI KUAT UNTUK TEMANI MAIN GAME SEHARI-HARI





Berbicara soal gaming di laptop, pastinya kita akan berkutat dengan soal baterai yang menyokong daya listrik untuk laptop tersebut. Di ROG Zephyrus GA502I juga sudah tersemat baterai yang sudah siap untuk menemani banyak aktivitas dan gaming, dengan ukuran 4900mAh 76WHrs 4-cell Li-ion, yang bisa kamu charge dengan adapter 180W yang mampu mengisi daya dalam waktu sekitar 2 jam 45 menit.

Ketahanan baterainya juga cukup tangguh dengan 10 jam durasi untuk kegiatan multimedia dan browsing santai. Untuk main game, laptop ini mampu menemani kita hingga sekitar 5 jam dalam mode baterai. Terus seperti yang dijelaskan sebelumnya, menggunakan laptop ini juga tidak perlu khawatir habis saat kita memakainya di luar rumah, karena sudah didukung dengan Type-C jadi bisa langsung kamu charge menggunakan Powerbank.

ASUS ROG? YA ARMOURY CRATE





Bagi yang belum tahu, Armoury Crate adalah software yang ada di setiap produk ROG, begitu juga dengan laptop ASUS ROG Zephyrus GA502I ini. Dengan software ini, kita akan lebih mudah melakukan setting khususnya saat bermain game, dengan bisa mengganti tingkat performa dari laptop. Kemudian kita juga bisa melakukan kustomisasi dari RGB keyboard dan masih banyak lagi hal lainnya.

Main Game Berat Tanpa Hambatan dengan Spesifikasi Gahar





ROG Zephyrus GA502I memang punya bodi yang ramping, tapi tidak dengan spesifikasi di dalamnya, karena punya hardware pendukung yang powerfull. Laptop gaming ini telah disematkan dengan prosesor 7nm pertama di dunia serta seri tertinggi Ryzen 9 4900HS yang punya kecepatan hingga 4.2GHz. Prosesor 8 inti ini tentunya mampu menghadirkan performa mulus untuk multitasking dan tentunya menjalankan game berat.



Prosesor tersebut dipasangkan dengan kartu grafis sepadan dari Nvidia, GTX1660TI 6GB yang ditingkatkan hingga 1285MHz pada 65W dalam mode turbo yang mampu memberikan performa ekstra sehingga mampu menjalankan game-game berat pada settingan tinggi dan tanpa adanya lag yang berarti. Kemudian dengan ini kamu juga bisa merasakan pengalaman VR yang impresif.





Untuk menyokong kedua hardware raksasa tersebut, ROG Zephyrus GA502I telah dilengkapi dengan SSD 1TB NVMe PCIe yang mampu bekerja dengan super cepat. Kemudian RAM juga sudah cukup lega dengan ukuran 8GB DDR4-3200 yang bisa di upgrade hingga 32GB. Dan terakhir baterai 76WHrs yang bisa bertahan cukup lama saat bermain game sekalipun.

Baca ini juga :

» Heboh Spesifikasi Laptop Pelajar Kemendikbud Dengan RAM 4GB Dan Storage 32GB
» ASUS Luncurkan TUF Gaming F15 (FX506) Yang Lebih Powerful Dengan Harga Yang Tetap Terjangkau
» Zyrex Mengaku Siap Produksi Laptop Merah Putih Meski Pesanan Membludak
» Cocok Buat Para Pelajar, Xiaomi Luncurkan Redmibook Dengan Intel Core Gen 11!
» [VIDEO] Review ASUS ROG Flow X13! Ultrabook Killer, Rajanya Produktivitas dan Gaming!

Nge-Game Santuy Tanpa Lag yang Mengganggu di Settingan Tinggi





Dengan spesifikasi prosesor dan VGA yang powerfull karena menggunakan seri yang tinggi, kami pun menjajal serta menguji ketangguhan dari ASUS ROG Zephyrus GA502I dengan menggunakan software benchmarking PC Mark 10, 3DMark Fire Strike, dan Cinebench R23 untuk testing Single dan Multi.

Hasil Benchmarknya bisa kamu lihat di bawah ini:



Hasil yang cukup solid ini tentunya bisa memberikan gambaran kasar dari performanya saat dicoba untuk memainkan game kekinian, maka itu kami juga melakukan play test dengan memainkan beberapa game esports dan AAA populer saat ini.

Nah, kamu bisa langsung lihat hasilnya di bawah ini:

















Berdasarkan hasil play test, kita bisa lihat bahwa rata-rata FPS untuk game esports sangat ringan dimainkan pada Zephyrus GA502I karena mampu mencapai di atas 100 FPS. Namun untuk game AAA memang cukup berkurang tapi masih sangat playable diatas 30FPS, bahkan pada game berat sekelas Microsoft Flight Simulator.

Dengan hasil tersebut, kita bisa tahu bahwa performa yang dibawa ROG Zephyrus GA502I memang oke banget untuk kebutuhan gaming, untuk game esports maupun AAA.

Kesimpulan





Sebagai salah satu laptop premium dari ASUS, ROG Zephyrus GA502I ini benar-benar sangat memuaskan. Dengan spesifikasinya yang tinggi, laptop ini layak diajak memainkan game-game berat dari esports dan game AAA yang terbaru.

Tidak hanya menawarkan performa, ROG Zephyrus GA502I juga menawarkan bentuk yang ringkas dan ramping yang mungkin tidak akan ditemukan pada laptop gaming yang lain. Dengan ukuran bezel tipis 6.2mm, dan berat 2.1Kg membuat laptop ini cocok untuk segala jenis kegiatan selain luar gaming dan produktivitas, seperti edit foto dan video hingga nonton film.

Disisi lain, kamu tidak hanya mendapatkan sekedar laptop ringan, ROG Zephyrus GA502I juga menawarkan prosesor kencang melalui prosesor 7nm pertama di dunia Ryzen 9 4900HS dengan kartu grafis GTX1660TI yang tidak perlu diragukan lagi performanya untuk memainkan berbagai game PC terbaru. Disempurnakan juga dengan layar 144Hz yang pasti grafisnya akan tampil sangat responsif.

Jika kamu tertarik untuk memiliki si laptop gaming ultra tipis kamu harus menyiapkan budget. Pasalnya ROG Zephyrus GA502I dibanderol dengan harga mulai dari IDR 25.999.000.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru