NEWS

Video Game Menjadi Industri Terbesar Dibanding Film dan Olahraga Meski Kedua Pendapatannya Digabung

Reza Alif   |   Senin, 28 Dec 2020


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Terimakasih kepada pandemi COVID-19 tampaknya harus diucapkan oleh para pelaku industri game diseluruh dunia. Pasalnya, berkat hal ini industri tersebut diperkirakan akan melonjak 20 persen menjadi 179,7 miliar Dollar Amerika pada tahun 2020 ini menurut datai IDC. Hal ini pun membuat video game menjadi lahan basah dibandingkan industri film global dan olahraga di Amerika Utara meski kedua pendapatannya digabung.

Baca ini juga :

» Dampak Layoff, Studio Developer Game Relic Entertainment Pisah dari SEGA dan Kembali Indie
» Microsoft Peringatkan Developer Game Untuk Tidak Membuat Karakter Wanita Yang Terlalu Seksi
» Akhirnya Ikut Rilis di PC! Ini dia Spesifikasi PC Minimal Biar Bisa Mainin Horizon Forbidden West
» Margot Robbie Jadi Producer Film Live Action dari Game Simulator Populer The Sims dan Sedang dalam Pengerjaan!
» LinkedIn Sedang Kembangin In-app Games Biar Kamu Bisa Ngurangin Stress Waktu Lagi Nyari Loker!

Menurut data Motion Picture Association, industri film global mencapai pendapatan 100 miliar Dollar Amerika untuk pertama kalinya, sedangkan data dari PwC, memperkirakan olahraga Amerika Utara menghasilkan lebih dari 75 miliar Dollar Amerika pada tahun 2020 ini. Tentu, ini membuktikan keduanya tak sebanding dengan industri game, meski kita tahu pandemi juga jadi ‘biang kerok’ untuk kedua industri ini.

Sedangkan untuk industri game, pandemi layaknya dewi penolong karena berkatnya, industri ini masih menunjukkan penguatan hingga tahun 2021, meski diprediksi akan melambat di tahun 2022 karena hadirnya vaksin. Penguatan ini juga disusul karena hadirnya perangkat game baru seperti PS5 dan Xbox series X yang akan menambah besar pundi-pundi dari pendapatan.


Sumber: IDC

Tapi meski konsol mengalami peningkatan cukup pesat karena hadirnya era konsol baru, data dari IDC menunjukkan bahwa game mobile adalah yang terkuat dalam menyumbang pendapatan hingga 24 persen dari total keseluruhan, dan Tiongkok adalah negara yang memegang peran besar atas pertumbuhan game seluler ini. Prediksi mobile game akan tetap menjadi primadona di tahun-tahun mendatang, juga ditengarai karena perangkat serta koneksi internet yang lebih murah jika dibandingkan dengan konsol atau PC yang harus merogoh kocek lebih dalam.

Sumber: Market Watch

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru