NEWS

Pemerintah Jepang Diskusikan Kemungkinan Pelanggaran Hak Cipta Atas Cosplay yang Dikomersialkan!

Billy Mariza   |   Senin, 25 Jan 2021


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Cosplay adalah salah satu cara penggemar untuk mengapresiasikan kegemerannya terhadap salah satu karakter anime favoritnya. Biasanya mereka berpakaian atau mengenakan kostum yang sama dengan karakter yang mereka faovritkan tersebut. Namun sepertinya banyak dari cosplay ini melanggar hukum hak cipta dalam hal menghasilkan uang jika menurut aturan yang sedang diatur oleh pemerintahan Jepang.

Perdebatan ini sedang terjadi dan berlangsung di Jepang, dan menurut situs berita online Nikkan Sports mengatakan jika pemerintah Jepang sedang membuat undang-undang untuk mengurangi ambiguitas dalam undang-undang hak cipta. Tentunya dengan catatan cosplay yang tidak mengandung unsur komersial seperti koleksi pribadi dan postingan sosial media tidak akan terkena pelanggaran ini.

Baca ini juga :

» Anime That Time I Got Reincarnated as a Slime Akan Mendapatkan Versi Movie Di Tahun 2022!
» Saint Seiya Resmi Mendapatkan Adaptasi Live-Action Hollywood
» Ember Popcorn Nezuko Laku Keras, Oknum Penimbun Jual Balik dengan Harga 4x Lipat!
» Happy Birthday! Atlus Rayakan Ulang Tahun Persona yang ke-25!
» Cosplayer Pamer Kualitas! Ikutan Voting dan Menangkan Hadiah Serta Konten Unggulan di SHOWTIME Cosplay Awards

Namun untuk cosplayer yang mengkomersilkan karya cosplaynya kemungkinan akan dikenai tanggung jawab atas pelanggaran tersebut. Pemerintah Jepang mengajak salah satu cosplayer paling populer di Jepang seperti Enako terkait hal ini. Tentunya hal ini tak lain dan tak bukan karena Enako merupakan salah satu cosplayer dengan pendapatan tertinggi serta merupakan ambassador dari Cool Japan.

Enako mengungkapkan ada banyak kesalahpahaman mengenai informasi tentang hak cipta cosplay yang mana dirinya dan Menteri Inoue sedang berdiskusi untuk melindungi hak cipta tanpa menganggu budaya cosplay saat ini. Iapun menambahkan jika tidak ada larangan tentang mengunggah foto cosplay di media sosial seperti yang diberitakan.

Sebagai catatan, Enako juga mengaitkan sebuah artikel dengan mengatakan "Cosplay yang bukan untuk mencari keuntungan tidak akan melanggar hak cipta, tetapi mengirimkan foto ke situs yang berbasis membership (SNS) seperti Instagram dan yang lainnya, atau menerima remunerasi (upah) di sebuah event terhitung dapat melanggar hak cipta."

Namun tentunya cukup aneh jika mengatakan jika Instagram memiliki sistem membership karena seperti yang kita tahu Instagram bukanlah situs yang seperti itu.

Sumber: Soranews24

Sumber Top Images: Twitter Enako

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru