NEWS

Mulai Juni 2021! YouTube Akan Pungut Pajak ke YouTuber hingga 24% dari Penghasilan!

Billy Mariza   |   Sabtu, 13 Mar 2021


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Seperti yang diketahui, YouTuber adalah salah satu profesi yang menggiurkan saat ini. Bagaimana tidak, ada banyak hal yang bisa kamu buat jadi konten mulai dari review barang, vlog, hingga bermain game bisa menghasilkan uang sekarang ini. Uang tersebut dihasilkan dari YouTube melalui para penonton dan juga iklan.

Namun hal tersebut sepertinya akan disikapi lebih jauh oleh Pemerintah Amerika Serikat yang secara resmi akan memotong Pajak dari semua YouTuber baik yang berada di dalam atau luar Amerika Serikat. YouTube secara resmi mengirimkan email yang berisi informasi pemotongan pajak sesuai aturan Amerika Serikat kepada para YouTuber dan konten kreator yang berada di luar Amerika Serikat.

Baca ini juga :

» Youtuber Bernama Karl Buat Colloseum dengan 1 Juta Blok di Minecraft!
» Akhirnya Ikut Rilis di PC! Ini dia Spesifikasi PC Minimal Biar Bisa Mainin Horizon Forbidden West
» [RUMOR] God of War Ragnarok Baru Akan Rilis di PC Pada Tahun 2025
» Channel Youtube NoahJ456 Dapat Strike Karena Video CoD Mod Pokemon yang Diupload 7 Tahun Lalu
» Diskon Pertama untuk Like a Dragon: Infinite Wealth! SEGA ATLUS Spring Sale 2024 Tengah Berlangsung di Steam


Sumber: YouTube

Para YouTuber dan konten kreator diminta untuk mengirimkan informasi pajak yang relevan di AdSense selambat-lambatnya 31 Mei 2021 sehingga Google dapat menentukan jumlah pajak yang tepat untuk dipotong, jika ada. Bagi yang tidak memberikan info pajak sebelum 31 Mei 2021, maka Google akan memotong hingga 24% dari total penghasilan YouTube kreator tersebut.

Dalam penjelasannya, pemungutan pajak ini berdasarkan Chapter 3 U.S. Internal Revenue Code. Aturan ini memerintahkan YouTube memangkas pajak dari kreator di seluruh dunia termasuk Indonesia ketika mereka menghasilkan pendapatan dari pemirsa yang berbasis di Amerika Serikat melalui iklan yang disaksikan, YouTube Premium, SuperChat, Super Sticker, dan kanal berlangganan (membership). (dilansir dari cnbcindonesia)

Pajak yang dipungut tersebut berasal dari penghasilan dari video yang ditonton warga AS. Misalnya jika video dari kreator Indonesia lalu ditonton oleh warga AS di AS maka akan ditarik pajaknya oleh AS.

cnbcindonesia

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru