NEWS

Realme GT Ditendang Dari List Benchmark AnTuTu, Lho Ada Apa?

Salman Reza   |   Rabu, 17 Mar 2021


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

AnTuTu mengungkap adanya kecurangan yang dilakukan oleh Realme. Brand asal Tiongkok tersebut diduga telah melakukan tindak kecurangan pada hasil skor benchmark salah satu smartphone flagship miliknya, Realme GT.

Sebelumnya, Realme pun sempat mengumumkan hasil skor benchmark untuk Realme GT , yang sebenarnya hal ini sudah cukup lumrah untuk menunjukan kepada pengguna mengenai performa smartphone yang mereka ingin rilis. Pada hasil awalnya, Realme mengklaim Realme GT yang dibekali jeroan Snapdragon 888 memiliki benchmark skor sebesar 750.000 poin.


Sumber: Realme

Jika dikomparasi dengan beberapa smartphone lain, memang skor tersebut cukup tinggi. Xiaomi Mi 11 yang menggunakan chipset yang sama, hanya menghasilkan skor sekitar 708.000 poin. Melihat hal tersebut pula AnTuTu mulai skeptis dan melakukan uji coba ulang terhadap Realme GT, dan ternyata hasilnya cukup berbeda.

AnTuTu mengatakan bahwa Realme GT melakukan kecurangan di bagian multithread workload dan JPG decoding. Realme dikatakan telah melakukan taktik *three delay* yang berarti core CPU akan melakukan uji coba multithreaded sebanyak mungkin.

Realme juga dikatakan telah memodifikasi gambar referensi dalam uji JPG decoding AnTuTu. Daripada memproses gambar asli sesuai hasil benchmark, Realme GT menyisipkan gambar kualitas lebih rendah sehingga waktu prosesnya lebih cepat. Oleh karena itu, AnTuTu pun menghapus Realme GT dari papan skor selama tiga bulan atas dugaan tersebut, yang berarti Realme harus melakukan benchmark ulang. Baca ini juga :

» Banyak Cuannya! Bonus Melimpah dari UniPin Selama Bulan Penuh Kemenangan
» Rayakan Ulang Tahun ke-10, Summoners War Bagikan Monster Bintang 5! Tinggal Pilih
» Agen Twilight dan Thorn Princess Terjun ke dalam Aksi Battle Royale! Siapa yang Mampu Bertahan?
» Mobile MMORPG Moonlight Blade M Siap Adakan CBT! Hanya untuk 4.000 Pendaftar Pertama
» Mobile Legends: Bang Bang akan Temani Mudik Lebaran Gamer! Ada Skin ALLSTAR Moskov dan Event Gratis Skin Elite


Sumber: Weibo

Merespon hal ini, Realme mengatakan bahwa mereka tidak melakukan kecurangan sama sekali untuk skor benchmark. Skor tersebut merupakan hasil data dari pengujian versi AnTuTu saat ini.

Perlu diketahui, Realme bukan satu-satunya brand smartphone yang diduga melakukan kecurangan dalam hasil uji coba benchmark. Tahun lalu, chipset yang menggunakan jeroan MediaTek juga dilaporkan telah melakukan kecurangan dari hasil PC Mark.

Selain berita utama pada artikel ini, Kru KotGa juga punya pembahasan menarik yang bisa kamu tonton pada video di bawah ini.


TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru