NEWS

VGA Dari Intel, DG2 Akan Memiliki Performa Yang Mirip Dengan RTX 3070

Yohanes   |   Jumat, 09 Apr 2021


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Menurut Moore's Law Is Dead, sebuah channel YouTube yang baru saja memberi info bocoran penerus VGA Intel DG1, yaitu DG2, yang mungkin saja akan tiba akhir tahun ini dengan tenaga grafis yang jauh lebih besar daripada kartu grafis DG1 Intel saat ini. Tetapi rumor terbaru mengatakan bahwa DG2 mempunyai performa yang mirip dengan RTX 3070 dari Nvidia.

Baca ini juga :


» China Larang Pakai Prosesor Intel dan AMD di Komputer Instansi Pemerintah! Kurangi Pakai Produk AS?
» Sekilas IT: Rakit PC Gaming Itu Bisa Murah Tapi Tetep Kencang! Begini Cara Nyari Komponennya!
» MSIology 2024: AI Era of Computing - Peluncuran Laptop MSI Terbaru dan Gaming Handheld MSI Claw
» Sekilas IT: PC Gaming Gak Harus Mahal! 6 Jutaan Udah Bisa Main Game AAA Lancar! Semua Partnya Baru!
» Hardware Yang Bakal Rilis Di Januari! Mulai Dari RTX 40 SUPER Sampai Intel 14th Gen Core!




Sumber: Videocardz


Seharusnya, kartu grafis Xe baru ini akan dibuat menggunakan node N6 6nm TSMC, dan akan diproduksi murni pada silikon TSMC. Ini tidak mengherankan karena Intel berencana menggunakan silikon TSMC di beberapa CPU Meteor Lake di masa depan. Intel DG2 dispesifikasikan memiliki hingga 512 execution unit (EUs), masing-masing mempunyai delapan inti shader. VGA ini juga akan memiliki konfigurasi VRAM yang tepat dengan 16GB GDDR6 256-bit. (DG1 menggunakan LPDDR4 sebagai perbandingan.)

Dengan perkiraan konsumsi daya sekitar 275W, menempatkan VGA DG2 ini diantara RTX 3080 (320W) dan RTX 3070 (250W), tetapi dengan tingkat kinerja yang mirip RTX 3070. Tetapi sekali lagi, ini masih rumor, karena tidak ada informasi yang sudah dikonfirmasi oleh Intel. Dengan asumsi angka 512 EUs dan 2.2GHz itu benar, DG2 akan menghasilkan kinerja FP32 18 TFLOPS secara teoretis. Sedikit kurang dari 3070 memang, tetapi 18 TFLOPS itu berada tepat di tengah-tengah antara AMD RX 6800 dan RX 6800 XT, yang lagi-lagi cocok dengan hipotesis RTX 3070 Ti.


Sumber: Intel


DG2 seharusnya tersedia bagi konsumen pada Q4 tahun 2021 ini, tetapi dengan chips shortage yang sedang melanda dunia saat ini, kita hanya bisa berharap ini benar. Harga SKU 512EU ini masih menjadi misteri, tetapi ada model 128EU yang direncanakan, dengan perkiraan harga sekitar $ 200 sebagai perbandingan kira-kira berapa SKU ini dihargai.

Selain berita utama pada artikel ini, Kru KotGa juga punya pembahasan menarik yang bisa kamu tonton pada video di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru