NEWS

Inovasi Terbaru? Mediatek Ungkap Akan Rilis Chipset 4nm

Salman Reza   |   Jumat, 23 Apr 2021


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Teknologi chipset pada smartphone terus dikembangkan dan ditingkatkan, dan sekarang chip terkecil diproduksi dengan chipset proses 5nm. Menurut laporan terbaru dari media China, MediaTek sedang mengembangkan chipset dengan proses pabrikasi 4 nanometer dan bahkan akan mengembangkan chipset 3 nanometer di masa mendatang.


Sumber: Mediatek


Baca ini juga :

» Berasa Pake Joystick Beneran! Gaming Nyaman dan Powerful bersama Black Shark 4!
» Generasi 90an Bisa Balap Tamiya di Hape! Anime Let's and Go! Dapatkan Adaptasi Game Mobile!
» Mediatek Berencana Luncurkan Chipset 4nm Mereka Pada Akhir 2021
» Rent-a-Girlfriend: Heroine All Stars Bakal Diluncurkan Pada Tanggal 2 September Di Smartphone!
» Kolaborasi dengan Kedai Kopi, Genshin Impact Bagikan Tampilan Terbaru Albedo dan Klee


MediaTek diluncurkan dari Gizmochina dan mengembangkan chipset 4nm bersama dengan TSMC. Hal ini juga menjadikan MediaTek sebagai produsen chip pertama yang memproduksi chipset 4nm dan pelanggan pertama TSMC yang mengembangkan chipset 3nm. Selain itu, mengingat MediaTek sendiri memiliki permintaan chipset dari berbagai merek smartphone (seperti Oppo, Vivo dan Xiaomi), perusahaan dipastikan akan berperan penting sebagai pemasok utama chipset kelas atas yang memberikan dukungan 5G.

Proses produksi untuk chipset 4nm tersebut dikatakan berjalan sekitar kuartal empat tahun 2021 mendatang atau awal tahun 2022. Produk untuk chipset 4nm ini akan memakan biaya yang cukup mahal, estimasi membutuhkan biaya 80 USD yang dikonversikan menjadi Rp 1.1 juta per unit jika dibandingkan dengan chipset 5nm yang memiliki biaya sekitar USD 30 s/d USD 35 atau yang dikonversikan menjadi Rp 400 - 500 ribu.

Selain berita utama pada artikel ini, Kru KotGa juga punya pembahasan menarik yang bisa kamu tonton pada video di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru