NEWS

Ikut Kampanye Go Green, Nokia Mulai Jual Smartphone Tanpa Charger

Salman Reza   |   Rabu, 28 Apr 2021


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Langkah Apple tidak menyediakan charger dan earphone dalam paket penjualan iPhone telah diikuti beberapa brand smartphone yang menggunakan OS Android. Salah satunya, adalah Nokia yang tidak akan menyediakan charger di paket penjualan smartphone Nokia X20. Nokia X20 dikatakan hanya menyediakan kabel USB Type-C untuk keperluan pengisian daya. Sementara itu unit charger harus dibeli sendiri oleh pengguna secara terpisah.

Baca ini juga :


» Berasa Pake Joystick Beneran! Gaming Nyaman dan Powerful bersama Black Shark 4!
» Generasi 90an Bisa Balap Tamiya di Hape! Anime Let's and Go! Dapatkan Adaptasi Game Mobile!
» Rent-a-Girlfriend: Heroine All Stars Bakal Diluncurkan Pada Tanggal 2 September Di Smartphone!
» Kolaborasi dengan Kedai Kopi, Genshin Impact Bagikan Tampilan Terbaru Albedo dan Klee
» IGDX Kembali Digelar, Dukung Pertumbuhan Developer Game Lokal


HMD Global selaku pemegang lisensi Nokia mengatakan bahwa komponen charger sengaja dihilangkan untuk mengurangi dampak pencemaran lingkungan. Alasan yang sama diungkap oleh Apple setelah merilis iPhone 12. Mereka juga mengungkap jika casing smartphone yang disertakan dalam paket penjualan smartphone ini dapat didaur ulang kembali menjadi kompos.

Sebelum Nokia, Samsung dan Xiaomi telah mengikuti kebijakan tersebut dengan meninggalkan adapter di dalam paket pembelian Galaxy S21 Series dan Mi 11. Sama seperti Apple, Samsung dan Xiaomi mengungkap jika mereka ikut berkontribusi dengan mengurangi sampah plastik.


Sumber: Nokia

Perlu diingat, keputusan Samsung dan Xiaomi ini cukup ironis karena dahulu mereka sempat menolak keputusan Apple untuk menghilangkan charger di setiap paket pembelian. Samsung mengatakan jika beberapa pengguna smartphone Galaxy sudah memiliki kabel Type-C yang berarti mereka masih bisa menggunakan charger lama mereka untuk mengisi daya Galaxy S21.

Selain berita utama pada artikel ini, Kru KotGa juga punya pembahasan menarik yang bisa kamu tonton pada video di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru