NEWS

Bukan AMD Maupun Qualcomm, Tetapi IBM Klaim Jadi Yang Pertama Ciptakan Chip 2nm Pertama Di Dunia

Yohanes   |   Kamis, 06 May 2021


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

IBM mengklaim telah selangkah lebih maju dalam teknologi chip dengan membuat chip 2nm pertama. Perusahaan tersebut mengatakan telah meremas 50 miliar transistor ke dalam sebuah chip seukuran kuku seseorang.

Arsitektur tersebut dapat membantu pembuat prosesor memberikan peningkatan kinerja 45 persen dengan jumlah daya yang sama dengan chip berbasis 7nm saat ini, atau tingkat kinerja yang sama dengan menggunakan energi 75 persen lebih sedikit, menurut IBM. Prosesor berbasis 2nm kemungkinan akan memberikan sesuatu di antara keseimbangan kinerja yang lebih baik dan efisiensi daya yang lebih ditingkatkan.

[BACAJUGA]


Sumber: IBM


Perangkat seluler dengan prosesor berbasis 2nm dapat memiliki masa pakai baterai hingga empat kali lipat dari yang memiliki chipset 7nm saat ini. IBM mengklaim kamu mungkin hanya perlu mengisi daya device tersebut setiap empat hari. Laptop akan mendapatkan peningkatan kecepatan dari prosesor tersebut, sementara kendaraan otonom akan mendeteksi dan bereaksi terhadap objek lebih cepat, klaim IBM. Perusahaan itu mengklaim teknologi itu akan menguntungkan masyarakat, seperti efisiensi daya pusat data, eksplorasi ruang angkasa, kecerdasan buatan, 5G dan 6G, dan komputasi kuantum.

IBM tampaknya telah membuat terobosan 2nm sebelum para pesaingnya. M1 milik Apple, yang muncul musim gugur lalu, adalah prosesor pertama berdasarkan proses node teknologi 5nm TSMC. Produsen lain, seperti AMD dan Qualcomm, menggunakan chip 7nm TSMC. Intel kemungkinan tidak akan merilis prosesor 7nm hingga 2023. Saat ini Intel menggunakan chip 10nm dan 14nm. Namun, chip Intel cenderung memiliki kepadatan transistor yang lebih besar daripada pesaing pada angka nm yang sama, jadi ini bukan perbandingan apple-to-apple. TSMC, sementara ini, juga mengerjakan proses 2nm dan mengharapkan untuk masuk ke produksi volume 4nm dan 3nm tahun depan.

Tidak jelas kapan prosesor 2nm akan masuk ke perangkat konsumen, tetapi mengumumkan chip 2nm dan membuatnya dalam skala besar merupakan tantangan yang berbeda. IBM berencana untuk merilis prosesor 7nm komersial pertamanya tahun ini di server Power Systems. Meskipun prosesor 2nm mungkin setidaknya beberapa tahun lagi untuk datang ke laptop dan ponsel, setidaknya ada baiknya untuk mengetahui bahwa CPU yang lebih kuat dan efisien sedang dalam proses menuju tangan kita.

Selain berita utama pada artikel ini, Kru KotGa juga punya pembahasan menarik yang bisa kamu tonton pada video di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru