NEWS

Windows 11 Telah Dirilis Resmi Secara Virtual, Apa Saja Perubahannya?

Yohanes   |   Jumat, 25 Jun 2021


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Setelah berbagai rumor dan leak yang muncul tentang Windows 11 beberapa waktu terakhir ini, Microsoft akhirnya resmi merilis Windows 11 secara virtual pada tanggal 25 Juni dini hari waktu Indonesia. Pembaruan yang terjadi pada sistem operasi paling populer ini ada pada desain antarmuka atau yang biasa User Interface yang lebih segar dan bersih, pembaruan fitur manajemen jendela tugas, peningkatan kinerja, hingga dukungan pada sistem operasi Android. Perubahan langsung terlihat pada bagian antarmuka.

Baca ini juga :


» Diakuisisi Microsoft, Activision Ungkap Ada Tiga Game Call of Duty Berikutnya Rilis di Konsol PlayStation!
» Keren Banget! Microsoft Bakal Luncurkan Xbox Series S Edisi Tahun Baru Imlek
» Dibeli Microsoft, CEO Activision Dikabarkan Awalnya Tak Menyukai Kesepakatan Tersebut!
» Akibat Telat Klaim, Seorang Fans Gagal Mendapat Xbox Series X Edisi Far Cry 6!
» Microsoft Adakan Kompetisi Esports Menggunakan Aplikasi Excel




Sumber: Microsoft


Terutama di bagian taskbar dan menu start. Menu-menu itu tidak lagi ada kiri, Microsoft menggesernya ke sisi tengah yang membuat terlihat mirip dengan antarmuka MacOS. Yang menjadikan sisi kiri bersih tanpa ikon apa pun. Untuk beberapa aplikasi, seperti jam, koneksi, atau baterai letaknya masih ada di sisi kanan taskbar. Sementara itu, menu start berada tepat di tengah. Menu Start memiliki kolom pencarian yang ada di sisi atas, lalu beberapa aplikasi yang di pinned, serta beberapa aplikasi yang direkomendasikan. Dari menu ini, pengguna bisa mengotak-atik profil serta mematikan komputer. Tidak hanya di bagian ikon. Microsoft juga mengubah sedikit tampilan jendela tugas yang kini sudut sedikit membulat, tidak tajam seperti Windows lama.

Tema UI Windows 11 kini lebih transparan dengan nuansa yang lebih lembut dan terlihat segar. Perubahan ini berdampak cukup signifikan terhadap tampilan antarmuka Windows 11. Selain itu, Microsoft memperkenalkan Snap Layout, Snap Group, dan Desktop yang disebut akan memudahkan pengguna untuk mengatur lebih banyak jendela dan mengaksesnya lebih cepat, ketika sedang melakukan multitasking. Microsoft juga mengintegrasikan aplikasi video konferensinya, Teams langsung ke Windows 11. Teams langsung bisa ditemukan di taskbar, sehingga pengguna lebih mudah menemukannya.

Windows 11 juga akan mendukung perangkat touchscreen secara khusus. Apabila sistem mendeteksi perangkat dalam mode touchscreen seperti tablet, tampilan layout akan berubah. Kinerja pengetikan teks dan suara juga ditingkatkan dengan dukungan mode pengetikan satu tangan. Bagi pengguna yang menggunakan stylus, juga akan mendapat dukungan untuk beberapa model pena tertentu. Khusus bagi gamer, Microsoft turut membawa fitur auto HDR dari konsol Xbox Series yang akan kompatibel dengan output HDR, bahkan untuk game-game yang memang tidak mendukung fitur HDR

Tidak lupa, Microsoft juga menghadirkan DirectStorage untuk konsol Xbox yang memanfaatkan penyimpanan SSD NVMe demi mempercepat game load secara signifikan. Game Pass, layanan berlangganan untuk game, juga akan terintegrasi dengan Windows 11 melalui aplikasi baru Xbox.

Selain berita utama pada artikel ini, Kru KotGa juga punya pembahasan menarik yang bisa kamu tonton pada video di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru