NEWS

Hati-Hati, Game Gratis Yang Kamu Download Bisa Saja Memiliki Malware Cryptomining Di Dalamnya!

Yohanes   |   Minggu, 27 Jun 2021


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Game gratis memang selalu menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh gamer. Namun, kini hal tersebut justru dimanfaatkan oleh para hacker untuk menyebarkan sebuah malware yang cukup berbahaya melalui game yang mereka bagikan secara gratis.

Baca ini juga :


» Seorang Pria Thailand Tewas Tersetrum Komputer Penambang Bitcoin Miliknya Sendiri
» Gudang PS4 Yang Sebelumnya Diduga Menambang Crypto Sebenarnya Farming Kartu FIFA
» Polisi Malaysia Menghancurkan Ribuan Alat Mining Dengan Mesin Giling
» Tiongkok Lelang Harta Koruptor, Salah Satunya Kartu Yu-Gi-Oh Senilai Rp1,1 M
» Pemerintah Tiongkok Menutup Sejumlah Pabrik Tambang Kripto, Harga VGA Mulai Mengalami Penurunan




Monero Coin


Malware yang dijuluki dengan nama Crackonos ini menginfeksi PC pengguna dan memproduksi uang digital dalam bentuk cryptocurrency di background. Game yang dibagikan melalui beberapa forum gaming serta sejumlah situs-situs tidak resmi merupakan deretan game AAA ternama seperti GTA V, NBA 2K19 dan PES 2018. Sehingga tak heran jika malware tersebut berhasil menjerat banyak korban.

Crackonos ini juga mampu menghapus software-software keamanan seperti antivirus dan Windows update tanpa sepengetahuan pengguna karena memang berjalan di background sehingga sulit untuk terdeteksi. Akibatnya kerugian yang ditimbulkan juga cukup meresahkan seperti memperlambat performa PC tentunya, merusak komponen hardware, bahkan meningkatkan biaya tagihan listrik karena hardware yang dipaksa bekerja keras setiap dinyalakan.

Uang digital yang ditambang diperoleh dalam bentuk Monero. Monero sendiri merupakan salah satu cryptocurrency yang cukup umum digunakan oleh para hacker karena karakteristiknya yang sulit untuk dilacak dibanding dengan uang digital lainnya seperti bitcoin. Kini, hacker dikabarkan sudah berhasil meraup keuntungan sebesar 2 juta dollar atau sekitar 29 miliar rupiah dalam bentuk Monero.

Selain berita utama pada artikel ini, Kru KotGa juga punya pembahasan menarik yang bisa kamu tonton pada video di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru