NEWS

Penyelundupan CPU Senilai 1,8 Milyar Rupiah Dengan Cara Diikatkan Ke Betis Berhasil Digagalkan

Yohanes   |   Minggu, 11 Jul 2021


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Departemen Bea Cukai Jembatan HongKong-Zhuhai-Macao telah melaporkan bahwa mereka berhasil menghentikan dua upaya penyelundupan baru-baru ini yang melibatkan prosesor Comet Lake generasi ke-10 Intel yang bernilai lebih dari $123.000 atau sekitar 1,8 milyar rupiah. Pada tanggal 5 Juli sebelumnya pun, Bea Cukai Hong Kong juga menyita sebanyak 2.200 CPU, lebih dari 1.000 keping RAM, sekitar 630 smartphone, dan, anehnya, 70 produk kosmetik. Nilai pasar total dari upaya penyelundupan ini adalah 4 juta USD.

Baca ini juga :


» ASUS Luncurkan TUF Gaming F15 (FX506) Yang Lebih Powerful Dengan Harga Yang Tetap Terjangkau
» Cocok Buat Para Pelajar, Xiaomi Luncurkan Redmibook Dengan Intel Core Gen 11!
» Polisi Malaysia Menghancurkan Ribuan Alat Mining Dengan Mesin Giling
» [VIDEO] Penyelundupan CPU Senilai 1,8 M Digagalkan Hingga Akun Genshi Impact Windah Basudara Dihack!
» Gak Cuma Jago Bermusik, Eka Gustiwana Juga Apik dalam Merakit PC Untuk Produksi Musik!




Sumber: Hong Kong Customs/HKEPC


Insiden yang terbaru terjadi pada 16 Juni ketika seorang sopir truk dari Guangdong dan Makau diperiksa oleh petugas bea cukai di Jembatan Hong Kong-Zhuhai-Makau. Setelah diperiksa, petugas menemukan 256 CPU diikatkan ke tulang rusuk dan betis bagian atas pengemudi. CPU yang dimaksud adalah CPU Intel Core i7-10700 dan Core i9-10900K senilai sekitar 800.000 Yuan Tiongkok atau sekitar 1,8 milyar rupiah.

Upaya penyelundupan kedua terjadi pada 26 Juni di lokasi yang sama. Sekali lagi, petugas bea cukai Hong Kong memeriksa truk penumpang dan menemukan sebanyak 52 prosesor Intel baru yang tersembunyi di antara kursi pengemudi dan penumpang depan.

Kelangkaan komponen PC yang telah terjadi semenjak awal tahun ini telah membuktikan bahwa berbagai bagian seperti CPU, GPU, dan bahkan HDD terkadang sulit didapat. Akibatnya, kenaikan harga yang sangat besar untuk GPU, CPU, dan bahkan komponen penyimpanan, meningkatkan MSRP ke tingkat yang sudah tidak masuk akal. Sehingga hal-hal seperti penyelundupan ini akan semakin sering terjadi, mengingat nilai komponen komputer yang semakin menggoda untuk diselundupkan dan meraup keuntungan dari semua keadaan ini.

Selain berita utama pada artikel ini, Kru KotGa juga punya pembahasan menarik yang bisa kamu tonton pada video di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru