NEWS

ARM Membuat Chipset 32-bit Yang Terbuat Dari Plastik Yang Disebut Sebagai PlasticARM

Yohanes   |   Senin, 26 Jul 2021


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Microchip sudah ada di mana-mana sekarang, muncul dalam segala hal mulai dari mesin cuci hingga tiang lampu, tunggu saja sampai papan sirkuit dapat dicetak ke plastik, kertas, dan kain dengan harga murah. Itulah yang dijanjikan oleh perancang chip Arm, yang baru saja meluncurkan prototipe microchip berbasis plastik baru bernama PlasticARM.

Baca ini juga :


» Banyak Cuannya! Bonus Melimpah dari UniPin Selama Bulan Penuh Kemenangan
» Rayakan Ulang Tahun ke-10, Summoners War Bagikan Monster Bintang 5! Tinggal Pilih
» Agen Twilight dan Thorn Princess Terjun ke dalam Aksi Battle Royale! Siapa yang Mampu Bertahan?
» Mobile MMORPG Moonlight Blade M Siap Adakan CBT! Hanya untuk 4.000 Pendaftar Pertama
» Mobile Legends: Bang Bang akan Temani Mudik Lebaran Gamer! Ada Skin ALLSTAR Moskov dan Event Gratis Skin Elite




Sumber: ARM


Ini bukan chip fleksibel pertama yang kami lihat, tetapi ini yang paling kompleks. PlasticARM berisi CPU Cortex-M0 32-bit (inti prosesor termurah dan paling sederhana di keluarga Arm's Cortex-M), serta 456 byte ROM dan 128 byte RAM. Ini terdiri dari lebih dari 18.000 logic gates, yang menurut Arm setidaknya 12 kali lebih banyak dari chip berbasis plastik sebelumnya.

Chip tersebut dirancang berkoordinasi dengan pembuat elektronik fleksibel PragmatIC, dan seperti yang dijelaskan oleh desainer perusahaan dalam sebuah makalah yang diterbitkan di Nature, chip tersebut belum memiliki fungsi yang sama dengan desain berbasis silikon. Misalnya, itu hanya mampu menjalankan trio program uji yang tertanam di sirkuitnya selama fabrikasi, meskipun peneliti Arm mengatakan mereka sedang mengerjakan versi masa depan yang memungkinkan kode baru dipasang.

Apa yang membuat PlasticARM dan chip serupa begitu istimewa adalah penggunaan komponen fleksibelnya; dalam hal ini, transistor film tipis oksida logam atau TFT. Ini dapat dicetak ke permukaan yang menekuk dan melenturkan tanpa menurunkan, tidak seperti prosesor yang didasarkan pada substrat silikon rapuh. Ini memungkinkan untuk mencetak prosesor dengan murah ke bahan seperti plastik dan kertas.

Chip berbasis plastik memiliki kelemahan utama, dan tentu saja tidak akan menggantikan prosesor silikon dalam jangka pendek. Mereka terlalu tidak efisien dalam hal konsumsi energi, kepadatan, dan kinerja. PlasticARM mengkonsumsi 21 miliwatt daya, misalnya, tetapi 99 persen dari itu pada dasarnya terbuang sia-sia, dengan hanya 1 persen yang ditangkap untuk perhitungan. Chip tersebut juga terbilang besar, dengan luas 59,2 milimeter persegi. Seperti yang dicatat oleh AnandTech, itu sekitar 1.500 kali ukuran prosesor Cortex M0 berbasis silikon.

Selain berita utama pada artikel ini, Kru KotGa juga punya pembahasan menarik yang bisa kamu tonton pada video di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru