NEWS

IGDX Kembali Digelar, Dukung Pertumbuhan Developer Game Lokal

Master-Fakry   |   Kamis, 29 Jul 2021


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menggandeng Asosiasi Game Indonesia (AGI) akan kembali menyelenggarakan acara bertajuk Indonesia Game Developer Exchange (IDGX) pada tahun 2021. IDGX pertama kali diadakan pada 2019, namun dikarenakan pandemi, acara ini sempat tidak diadakan pada 2020.

Plt. Direktur Ekonomi Digital Kemkominfo, Dr. Ir. I Nyoman Adhiarna, M.Eng menambahkan, pada tahun 2021, event ini kembali digelar dengan skala yang lebih besar dengan harapan dampak yang lebih besar bagi para pelaku industri game Indonesia.

IGDX merupakan wadah pagi para developer game Indonesia untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berkecimpung dalam industri game Tanah Air dalam proses mengembangkan game yang berkualitas sekaligus menjadi sarana pameran karya industri game lokal. Penyelenggaraan IDGX sendiri akan dilakukan secara online maupun offline, dengan waktunya adalah bulan Oktober hingga November yang terdiri dari tiga program, yaitu IGD Academy, IGDX Business dan IGDX Conference.

Tercatat pada penyelenggaraan IGDX 2019, sebanyak 66,1% diantaranya merupakan kalangan profesional. Sementara peserta terbanyak kedua dari kalangan mahasiswa sebanyak 16,1%. Hal itu berarti keberminatan terhadap IGDX berpadu antara pelaku industri dan SDM yang tertarik masuk ke dalam industri game. IGDX juga menjadi ruang bagi perluasan jejaring yang baik bagi pihak-pihak tersebut.

"Ini adalah langkah nyata untuk mendukung terlaksananya ajang Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 2019. Sebuah ajang yang bertujuan untuk mewadahi bertemunya pelaku industri game global dengan industri game lokal. Selain juga menjadi sarana peningkatan kualitas SDM industri game tanah air dan showcase bagi karya industri game dalam negeri," kata Dirjen Aptika, Semuel A. Pangerapan.


IGDX Academy merupakan kegiatan mentorship yang diberikan oleh mentor-mentor yang berpengalaman di industri game yang berasal dari pelaku industri asing dan dalam negeri. Pendaftaran untuk IGDX Academy akan dibuka sampai dengan 02 Agustus 2021 melalui situs www.igdx.id.

IGDX Business merupakan kegiatan business matchmaking yang mempertemukan game developer Indonesia dengan publisher, studio game global, pemerintah, game developer asing, dan investor lokal dan luar negeri secara online yang dapat dikelola melalui platform digital selama 2 hari.

IGDX Conference merupakan kegiatan seminar dan workshop yang dilakukan secara hybrid dan disiarkan melalui platform virtual experience selama 2 (dua) hari dengan menghadirkan pembicara dari pimpinan pemerintah, tokoh ternama di industri game dalam negeri maupun internasional, perwakilan investor, dan perwakilan sektor industri lainnya.

Baca ini juga :

» Collab Dulu, Survei Belakangan! Free Fire Umumkan Kolaborasi dengan Venom: Let There be Carnage
» Perangi Limbah Elektronik, Uni Eropa Paksa Produsen Elektronik Gunakan USB Type-C Termasuk Apple
» Eka Gustiwana Meracik Dan Merakit PC Sultan Untuk Musik Senilai 37 Jutaan
» Game Bertabur Waifu, Senran Kagura Miliki Website Perayaan Ulang Tahunnya yang ke-10!
» Xiaomi Bantah Telah Sensor Kata Berbau Politik di Smartphone-nya!

Selain IGDX 2021, pada konferensi pers yang diadakan secara online, diungkap juga tentang HUB.ID, sebuah platform yang disediakan oleh Kementerian Teknologi Komunikasi dan Informatika Indonesia yang berfokus pada memungkinkan startup lokal Indonesia untuk memanfaatkan luasnya jaringan mitra perusahaan dan pemerintah dari Kemkominfo. Program ini akan terdiri dari serangkaian program akselerator singkat dan sesi pencocokan bisnis berdasarkan fokus vertikal. Setelah program, para startup masih bisa menikmati manfaat dari platform ini dengan memperpanjang status keanggotaan mereka.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru