NEWS

Data Twitch Diretas, Data Gaji Streamer Ikut Bocor, Ada Yang Sampai 9 Juta Dolar!

Yohanes   |   Kamis, 07 Oct 2021


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Kasus kebocoran data tampaknya semakin marak akhir-akhir ini. Kali ini korbannya adalah platform streaming populer milik Amazon, yaitu Twitch. Hacker anonim dilaporkan telah meretas dan membocorkan 125 GB data internal Twitch dalam sebuah forum online. Data itu diklaim berisi source code atau kode sumber platform, rincian teknis untuk produk dan platform baru yang belum dirilis, hingga gaji streamer atau kreator konten. Pihak Twitch sendiri mengonfirmasi kebenaran kabar peretasan ini melalui akun Twitter resminya. "Kami dapat mengonfirmasi pelanggaran telah terjadi. Tim kami bekerja dengan cepat untuk memahami sejauh mana cakupan pelanggaran ini terjadi," tulis Twitch.

Baca ini juga :


» Pemain Genshin Impact Tidak Senang Dengan Kolaborasi Terbaru Genshin Impact dengan Twitch
» Blogger Jepang Sebut Pengaruh Besar VTuber dalam Turunnya Penjualan Game
» Twitch Switch! Sekarang Kalian Bisa Menonton Twitch Melalui Nintendo Switch!
» Semakin Parah, Streamer SquidGame Kehilangan Pekerjaan Karena User Name Miliknya!
» Anak-Anak Jepang Dilaporkan Menghabiskan Uang Orang Tua untuk Game dan Donasi Streamer serta VTuber





Dalam dokumen internal yang dibocorkan, data rincian gaji streamer Twitch selama dua tahun terakhir yakni periode Agustus-September 2019 hingga Oktober 2021 ini ikut terungkap. Angka pendapatan streamer di dokumen itu mencapai jutaan dollar AS bahkan ada yang sampai bernilai 9 juta dolar AS. Beberapa nama yang muncul dalam dokumen itu meliputi streamer terkenal, seperti Dungeons & Dragons, CriticalRole, xQC Kanada, dan American Summit1g. Deretan streamer itu menjadi salah satu yang berpenghasilan tinggi di Twitch.

"Rincian gaji yang bocor itu mencantumkan angka pendapatan saya yang 100 persen benar," kata Streamer Fortnite BBG Calc kepada BBC News.. Streamer lain mengkonfirmasi kepada BBC bahwa penghasilan mereka "akurat", sementara orang ketiga yang terkait erat dengan pemain terkenal mengatakan detailnya "hampir benar".

Selain itu, data yang bocor itu juga mengungkap informasi soal Vapor, platform baru Amazon Game Studios yang dirancang sebagai pesaing Steam. Dokumen yang bocor ke publik ini dilabeli sebagai "part one" alias bagian satu. Hal ini mengindikasikan kemungkinan masih ada data lain yang dimiliki hacker namun belum dirilis ke publik. Sejauh ini, data yang bocor ini tampaknya tidak berisi informasi kata sandi atau alamat dari pengguna Twitch. Kendati demikian, sebagai langkah antisipasi, pengguna Twitch diimbau untuk segera mengubah kata sandi miliknya dan mengaktifkan lapisan perlindungan otentikasi dua faktor. Streamer juga disarankan untuk menyetel ulang kunci streaming (stream key) untuk melindungi data.

Selain berita utama pada artikel ini, Kru KotGa juga punya pembahasan menarik yang bisa kamu tonton pada video di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru