NEWS

Seorang Modder Tekno Ubah Connector iPhone dari Lightning ke USB Type-C

Billy Mariza   |   Rabu, 13 Oct 2021


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Sejak dirilis pada tahun 2014, koneksi USB-C telah menjadi fitur umum yang digunakan oleh banyak perangkat berbeda. Dengan USB-C menjadi jenis koneksi standar untuk banyak perangkat, banyak yang bingung dengan tidak adanya fitur ini dari Apple iPhone. Baru-baru ini, salah satu pengguna iPhone yang cerdik memutuskan untuk menemukan solusi untuk memperbaiki masalah ini.

Ken Pillonel adalah mahasiswa teknik robotika di Institut Teknologi Federal Swiss. Ia banyak merancang mod cetak 3D untuk Galaxy Fold untuk mendukung Pengisi Daya Mobil Nirkabel Xiaomi Mi, ia telah mencari cara untuk menambahkan fungsionalitas USB-C ke iPhone.

Baca ini juga :

» Game Smartphone Girls Frontline Akan Diadaptasi Menjadi Anime dan Tayang Di Awal Tahun 2022!
» Yostar Umumkan Adaptasi Anime untuk Game Tower Defense Arknights!
» Gran Saga Akan Rilis Di Jepang Tanggal 18 November! Lagu Tema Animasinya Dinyanyikan Oleh RADWIMPS!
» Mantap! Game RPG Bishoujo Manasis Refrain Sudah Rilis Secara Official!
» Setelah 8 Tahun, Servis Dari Game Mobile Ange Vierge Girls Battle Akan Ditutup!

Misinya untuk membuat port USB-C untuk iPhone dimulai dengan prototipe yang ia rancang Mei lalu. Prototipe yang melibatkan baterai iPhone ini merupakan langkah ke arah yang benar karena menyediakan pengisian daya USB-C, fitur yang tidak ada pada produk Apple. Namun, upaya pertama ini tidak dapat masuk ke dalam iPhone karena ukuran papan PCB dari iPhone itu sendiri.

Namun demikian, Pillonel tidak pernah menyerah pada tujuannya, dan setelah berbulan-bulan mengerjakan masalah ini, ia berhasil membuat iPhone mod yang mendukung koneksi USB-C melalui port. Setelah mengecilkan ukurannya, upaya baru pada dukungan USB-C ini dipasang di dalam iPhone 10.

Selain mengisi daya baterai iPhone, mahasiswa teknik tersebut mengklaim bahwa iPhone yang dimodifikasi ini mendukung transfer data melalui kabel USB-C. Untuk memungkinkan dukungan ini, ia harus membuat desain PCB baru. Menurut penciptanya, ia membuat PCB baru ini melalui rekayasa balik konektor C94 Apple.

Pembuat iPhone modded membagikan video di YouTube yang memamerkan kreasinya. Pengungkapan iPhone 10 modded ini datang tepat pada Komisi Eropa mengumumkan rencana untuk membuat perusahaan teknologi, seperti Apple, mendukung pengisian daya USB-C pada perangkat mereka.

Karena pada pengumuman produknya bulan lalu, Apple mengungkapkan iPhone 13. Beberapa fitur dari versi baru ini termasuk peningkatan masa pakai baterai, peningkatan kamera, dan kekuatan pemrosesan yang lebih baik. Namun sayangnya Type-C tidak masuk ke dalam daftar fitur terbarunya tersebut.

Sumber: Gamerant

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru