NEWS

Windows 11 Dilaporkan Memiliki Efek Yang Membuat Komputer Boros RAM, Google Chrome Versi OS?

Yohanes   |   Kamis, 14 Oct 2021


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Microsoft yang telah resmi merilis Windows 11 pada 5 Oktober 2021 kemarin. Sebagai OS penerus Windows 10 ini membawa tampilan yang lebih segar beserta serangkaian fitur baru, namun ada juga beberapa bug yang berpotensi mengganggu pengguna. Salah satunya ialah sebuah bug memory leak yang dilaporkan membuat komputer menjadi boros RAM karena aplikasi File Explorer memakai terlalu banyak memori. Keberadaan bug ini pertama kali diungkap oleh salah satu pengguna di forum online Reddit dengan handle u/gyrohan269. Akun tersebut menjelaskan bahwa bug memory leak tersebut mengakibatkan pemakaian RAM semakin bertambah seiring dengan dibukanya folder baru.

Baca ini juga :


» Gunakan Gambar Kim Jong Un di Forza Horizon 5, Seorang Gamer Dibanned hingga Tahun 9999!
» Hampir Membeli Nintendo, Microsoft Akhirnya Membagikan Kisah Dibalik Kejadiannya!
» Siapkan Game Super, Microsoft Dan Sega Akan Bekerja Sama!
» Geser Posisi Wahid Dari Apple, Microsoft Jadi Perusahaan Terkaya di Dunia
» Hanya Optimal Untuk Intel? Windows 11 Dilaporkan Memperlambat CPU AMD Hingga 15 Persen




Reddit


Bahkan ketika folder yang sebelumnya dibuka telah ditutup kembali, pemakaian RAM tidak lantas kembali seperti semula. Angkanya memang turun, namun tidak kembali ke angka awal saat folder belum dibuka. "Saat saya menyalakan PC, Windows Explorer menggunakan (RAM) 60 MB, dan ketika saya membuka sebuah folder secara acak, RAM naik menjadi 80 MB, dan saat saya menutup folder yang tadi dibuka, (RAM) hanya turun menjadi 70 MB, bukan 60 MB," tulis u/gyrohan269 di Reddit. Permasalahan sistem tersebut nampaknya terus berlanjut, meski semua folder telah ditutup. Sebab, pemakaian RAM di komputernya terpantau mencapai 1 GB, hanya dengan pemakaian File Explorer.



"Setelah saya membuka dan menutup folder beberapa kali, (pemakaian RAM) mencapai 1 GB, bahkan setelah saya menutup semua folder-nya," lanjut u/gyrohan269. Pengguna Windows 11 bisa mengetahui keberadaan bug dimaksud lewat Task Manager yang dibuka dengan kombinasi tombol "Ctrl + Alt + Del" untuk memantau pemakaian memori. Selanjutnya, tekan kombinasi tombol "Windows + E" beberapa kali untuk memunculkan jendela File Explorer, jika penggunaan memori melonjak, berarti bug kemungkinan memang ada.

Tetapi dilaporkan ada cara yang bisa dicoba untuk mengatasi permasalahan ini, yakni dengan menjalankan ulang File Explorer melalui Task Manager atau me-restart komputer. Permasalahan bug di Windows 11 ini sebenarnya telah diutarakan oleh u/gyrohan269 sejak akhir Juli lalu, namun belakangan kembali mencuat di Reddit seiring dengan banyaknya pengguna yang telah beralih menggunakan Windows 11. Bug memory leak File Explorer sudah dilaporkan ke Feedback Hub untuk Windows. Namun, Pihak Microsoft sendiri masih belum mengumumkan pernyataan resmi terkait permasalahan ini

Selain berita utama pada artikel ini, Kru KotGa juga punya pembahasan menarik yang bisa kamu tonton pada video di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru