NEWS

Streamlabs Hapus Kata 'OBS' dari Nama Aplikasi Livestream-nya Setelah Disindir oleh OBS

Billy Mariza   |   Kamis, 18 Nov 2021


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Streamlabs telah menghapus "OBS" dari nama livestreaming software-nya, Streamlabs OBS, mengikuti reaksi dari streamer dan platform livestream OBS Studio. OBS Studio mengatakan meminta Streamlabs untuk tidak menggunakan namanya, yang merupakan singkatan dari "Open Broadcaster Software," yang hanya itu merupakan hak paten milik mereka.

Streamlabs juga dituduh menyalin situs web perangkat lunak penyiaran lain dan menimbulkan drama di Twitter.

Baca ini juga :

» My Lovely Daughter dan My Lovely Wife Sekarang Bisa Dimainkan di GameQoo
» iShowSpeed Rayakan 24 juta Subscriber YouTube dengan Loncat ke Setup Streamingnya!
» T1 Umumkan Kehadiran Streamer Cantik, Nastasia Adeline, sebagai Influencer Baru!
» Content Creator Buat Coach Justin alias Justinus Laksana Jadi Pemain Bintang di eFootball!
» Shift Up, Developer Stellar Blade, Cari Rekrutan Baru Untuk Proyek Next-Gen

Kontroversi dimulai ketika Lightstream, pembuat aplikasi streaming langsung lainnya, men-tweet tangkapan layar situs webnya tepat di samping Streamlabs, mengatakan, "Hei, bisakah saya menyalin PR-mu?" yang menyindir bahwa Streamlabs menyalin Lightstream. Stu Grubbs, CEO Lightstream, kemudian me-retweet gambar tersebut, menyatakan, "Tim di @streamlabs seharusnya malu. Tidak cukup puas untuk menunggangi kerja keras @OBSProject."

OBS mengatakan bahwa pelanggan dan perusahaan lain bingung karena OBS dan Streamlabs karena singkatan "OBS" yang disematkan Streamlabs pada namanya.

OBS juga mengklaim telah didekati oleh Streamlabs ketika layanan pertama kali diluncurkan dan ditanya apakah dapat menggunakan "OBS" dalam namanya. OBS mengatakan "dengan hormat meminta mereka untuk tidak melakukannya," tetapi Streamlabs tetap menggunakan nama itu.

"Kami telah mencoba untuk menyelesaikan ini secara pribadi dan mereka tidak kooperatif di setiap kesempatan," kata tweet OBS. OBS mengakui bahwa Streamlabs melakukan segalanya dengan benar secara legal tetapi sebaliknya "berulang kali mengabaikan semangat open source dan memberi kembali."

Pokimane yang merupakan ambassador dari Streamlabs OBS juga ikut bicara dan ia mengatakan akan berhenti mewakili platform tersebut dan menggunakannya jika Streamlabs tidak menyelesaikan masalah tersebut.

Sumber: The Verge

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru