NEWS

Terjun Ke Dunia VTuber, Luthfi Halimawan Menjadi Investor Komunitas Virtual YouTuber Virtunix!

Edward Tirtabudi   |   Selasa, 22 Feb 2022


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Kabar baik telah hadir untuk para pecinta Virtual YouTuber di Indonesia! Hari ini, Luthfi Halimawan secara resmi telah masuk ke komunitas Virtual YouTuber Indonesia, Virtunix, sebagai investor perdana.

Kabar ini telah dipublikasikan di akun media sosial Luthfi Halimawan pada Instagram dan Facebook pada hari yang sama.


Virtunix sendiri adalah suatu komunitas Virtual YouTuber yang berdiri pada bulan Oktober 2020. Saat ini komunitas tersebut sudah berkembang pesat dengan talenta hebat mereka seperti Mira Fridayanti, Chika Kameria, Dosei, Kuuki Tsuki, Kumi-5, hingga talenta terbaru saat ini yaitu Kye Hart dan satu lagi Kuroyuki Mitsuki yang baru saja debut pada tanggal 12 Februari 2022 lalu.

Buat kalian yang penasaran, langsung saja tonton debut stream Kuroyuki Mitsuki di bawah ini!


Baca ini juga :

» Kizuna Ai Umumkan Ia Akan Hiatus Setelah Konser Hello World 2022 Untuk Persiapan Perubahan Besar!
» Kreator Nier, Yoko Taro Berencana Jadi Virtual Youtuber!
» Dianggap 'Pembodohan', Sponsor Acara TV Kizuna Ai Hentikan Sponsorship
» Mau Jadi Virtual Youtuber? Kali Ini Ada Aplikasinya!
» Dari Virtual Youtuber Jadi Virtual Seiyuu, Kizuna Ai Isi Suara di Magical Girl Site!

Kerjasama ini datang setelah adanya perbincangan lebih lanjut antara Ketua Virtunix, Dorian Pramoedya, dan para tim beserta Media Formasi kepada Luthfi Halimawan dan perusahaan IT asal Bandung, yaitu WIT.ID.

Luthfi Halimawan, konten kreator yang juga menjadi President Director Faith Industries dan Creative Director WIT.ID, mengatakan bahwa investasi ini akan membuka peluang baru untuk masa kini dan masa depan, khususnya untuk dunia Virtual YouTuber dan perkembangan pop kultur Jepang di Indonesia.

β€œJadi ekspetasi aku, supaya bisa berkembang sama luasin UMKM yang ada di Indonesia,” ungkap Luthfi ketika sedang diwawancarai oleh Media Formasi.

β€œSupaya bisa lebih memperluas lapangan kerja sih, lebih tepatnya. Ya, Ketika Virtunix ini semakin besar, makin besar orang bisa masuk-masuk dan bekerja secara professional,” tambahnya.

Dibawah ini adalah video Wawancara Khusus Luthfi Halimawan dan Investasinya ke Virtunix!


Sudah Tau Virtual YouTuber Sejak Zaman Kizuna Ai


Luthfi Halimawan ternyata sudah mengetahui dunia Virtual YouTuber sejak beberapa waktu silam. Ia mengungkapkan bahwa pertama kali kenal dengan dunia tersebut sejak dari zaman Kizuna Ai masih tenar.

Ia melihat bahwa industri Virtual YouTuber ini cukup ramai, namun masih sebatas di wilayah Jepang saja. Kemudian, salah satu editor Luthfi memberi tahu bahwa dunia Virtual YouTuber, atau VTuber ini, mulai ramai di Indonesia. Semenjak itulah ia mulai mencari-cari informasi dan terjun ke dunia VTuber Indonesia sampai saat ini.

Peluang bisnis yang ada pada industri tersebut memikat Luthfi untuk mencari tahu dan kemudian mencari cara untuk masuk ke dalam pasar tersebut.

Terpikatnya Luthfi Halimawan dengan Mira Fridayanti


Mira Fridayanti Official Art (Loli Version).

Setelah mulai mencari informasi tentang dunia VTuber, Luthfi mendapati dirinya direkomendasikan oleh penonton YouTube nya tentang salah satu talent Virtual YouTuber saat ini, yaitu Mira Fridayanti.

Mira Fridayanti adalah maskot Media Formasi yang telah memiliki beberapa konten unik bahkan sebelum menjadi VTuber, seperti konten teknologi Mira Tech Tips dan konten komik dalam bentuk Formasista. Kemudian, Mira Fridayanti dititipkan oleh Media Formasi kepada Virtunix, komunitas Virtual YouTuber dari Media Formasi, agar dapat menjadi sosok yang lebih hidup, yaitu menjadi sosok Virtual YouTuber.


Mira Fridayanti dan adiknya, Kirana Fridayanti sebagai Maskot Media Formasi dan Virtual YouTuber Virtunix serta Maskot Kreatiformasi.

Luthfi melihat Mira sebagai sosok VTuber yang menjiwai karakternya. Ia mampu untuk membawakan konten dengan bagus kepada para penonton. Hal ini membuat Luthfi ingin mengetahui lebih lanjut tentang Mira dan orang-orang yang berada dibelakangnya.


Contoh konten Mira Fridayanti sebelum menjadi VTuber, yaitu Mira Tech Tips.

β€œ[Mira] itu orangnya enak buat diajak ngobrol bareng viewer selama aku pantau ini. Sebelum aku masukin saham ke Virtunix, menurutku Mira itu enak diajak ngorbol bareng viewer. Dan juga kalau diajak ngobrol si orang yang dibalik Mira ini satu ideologi dengan aku,” kata Luthfi saat ditanya tentang Mira Fridayanti.

Keselarasan antara pemahaman dan pemikiran antara Luthfi dan Dorian Pramoedya, ketua Virtunix, membuat ia semakin ingin berbincang lebih lanjut tentang industri Virtual YouTuber.

Sempat Ingin Membuat Agensi Sendiri

Pada awalnya Luthfi ingin membuat agensi Virtual YouTuber sendiri untuk terjun ke industri yang menurut ia memiliki banyak potensi, terutama di Indonesia.

Namun ia menyadari bahwa ia masih kurang dalam berbagai aspek, seperti koneksi hingga kemampuan. Bagaimana untuk mencari talent yang bagus, bagaimana proses rigging, bagaimana mengelola agensi tersebut.

Sehingga Luthfi memilih untuk mencari orang lain yang lebih kompeten dalam bidangnya, salah satunya adalah komunitas Virtual YouTuber Virtunix yang saat ini dipimpin oleh Dorian Pramoedya.

Berbagai perbincangan yang juga melibatkan para staf Virtunix dan Media Formasi akhirnya menghasilkan rincian kerjasama dengan Luthfi Halimawan menjadi investor kepada Virtunix.

Berkembang Bersama Virtunix, To The Moon!

Target yang diharapkan dari Luthfi sendiri dapat dibagi menjadi dua. Pertama, Lutfhi ingin memperluas bisnisnya dan meningkatkan passive income. Pada tahun 2022 ini ia ingin mempunyai sesuatu yang dapat menghasilkan namun tidak terlalu banyak berpikir, sehingga ia melirik Virtunix dan menjalin kerjasama dengan komunitas tersebut.

Tujuan lainnya adalah untuk ikut berpartisipasi mengembangkan industri Virtual YouTuber dan pop kultur secara keseluruhan, sehingga dapat memberikan wadah kepada insan-insan kreatif agar dapat menyalurkan hobi mereka bersama Virtunix.

β€œYa, suatu wadah pekerjaan baru di Indonesia,” ungkap Luthfi.

Saat ini Virtunix juga sedang membuka audisi untuk menjadi Virtual YouTuber terbaru mereka yang dibuka sampai tanggal 17 Maret 2022. Kamu dapat melihat form pendaftaran serta kualifikasi yang dibutuhkan pada tautan berikut: https://bit.ly/AudisiTalent2022

Facebook Virtunix

Instagram Virtunix

Twitter Virtunix

YouTube Virtunix

Discord Virtunix

(Siaran Pers)

Jangan lupa juga untuk ikuti Giveaway dari KotakGame. Cek video dibawah ini ya:

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru