NEWS

Pengirimin VGA Dunia Naik Drastis, Pengaruh Miner atau Gamer?

Yohanes   |   Jumat, 08 Apr 2022


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Meski harga yang tinggi dan sempat langka, ternyata penjualan VGA dikabarkan naik drastis menurut Lembaga riset Jon Peddie yang baru saja merilis laporan terbarunya seputar GPU di pasar global. Dalam laporan itu, disebutkan bahwa total pengiriman (shipment) GPU pada kuartal-IV 2021 untuk pasar global tercatat di angka 13,1 juta unit. Angka tersebut meningkat 29,5 persen dibanding pengiriman GPU di periode yang sama tahun lalu yang berkisar 11 juta unit. Selain itu, angka pengiriman GPU pada periode Oktober-Desember 2021 juga meningkat tiga persen dibanding periode sebelumnya pada tahun yang sama (Juli-Agustus 2021) dengan angkat 12,7 juta unit.

Baca ini juga :


» AMD Umumkan Jajaran Ryzen 9000 Series di Computex 2024 dan Akan Dirilis Pada Bulan Juli
» Dilema Dualisme AI: Potensi Disalahgunakan Sama Besar dengan Manfaatnya!
» Capek Sama Nintendo, Nvidia Dirumorkan Kerjasama Bareng MediaTek Bikin Handheld Baru!
» Makin Ngeri! Seorang Engineer Di China Pamerkan AI Deep Fake Jadi Cewek Cantik!
» MSI Bakal Fokus ke GPU NVIDIA daripada AMD? Katanya Lebih Banyak Peminat GPU NVIDIA Dibandingkan AMD




Ilustrasi VGA


Dipercaya bahwa peningkatan pengiriman GPU ini disebabkan oleh tren penurunan harga kartu grafis selama beberapa bulan terakhir. Adapun penurunan harga tersebut kemungkinan dipicu oleh pemulihan jumlah produksi pasca pandemi, serta menurunnya aktivitas penambangan mata uang kripto (cryptocurrency mining). Di sisi lain, masuknya Intel di industri GPU dengan lini Intel Arc juga bisa menjadi faktor pendorong peningkatan pengiriman GPU, meski faktanya seri kartu grafis tersebut baru saja diumumkan sekitar pekan lalu dengan GPU Intel Arc khusus desktop yang diperkirakan akan meluncur sekitar pertengahan hingga menjelang akhir tahun 2022 mendatang.



Pengiriman GPU Nvidia di kuartal-IV 2021 diklaim meningkat 27,7 persen dibanding periode yang sama tahun lalu, dan meningkat 0,5 persen apabila dibandingkan dengan periode sebelumnya di tahun yang sama. Sementara itu untuk pengiriman GPU AMD, pertumbuhan pengiriman GPU di kuartal-IV 2021 mencapai 35,7 persen dibanding periode yang sama tahun lalu, dan 12,4 persen dibanding periode sebelumnya di tahun yang sama. Lembaga riset ini tidak menyebutkan jumlah unit yang dikirimkan masing-masing vendor GPU tersebut. Secara keseluruhan, pengiriman GPU global sepanjang 2021 dicatat Jon Peddie telah mencapai angka 50 juta unit, meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya mentok di 42 juta unit.

Selain berita utama pada artikel ini, Kru KotGa juga punya pembahasan menarik yang bisa kamu tonton pada video di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru