NEWS

[First Impression] Ni No Kuni: Cross Worlds, MMORPG Penuh Warna Dengan Sentuhan Art Studio Ghibli

Haykal Yama Dena   |   Kamis, 26 May 2022


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Tahun lalu, Ni No Kuni: Cross Worlds game MMORPG untuk Android, iOS dan Windows telah dirilis oleh Level-5 yang bekerja sama dengan Studio Ghibli dan komposer musik Joe Hisaishi (Spirited Away) untuk Jepang, Korea Selatan, dan Taiwan dan telah sukses mendapatkan 100 Juta USD pada 11 hari pertama perilisannya. Pada 25 Mei 2022, Netmarble membawa Ni No Kuni: Cross Worlds untuk pasar global dan kali ini kru KotGa akan melakukan first impression untuk game ini. Sebelum mulai, kamu bisa nonton trailernya dibawah ini:
Baca ini juga :

» Pesona Doram Kingdom Kini Hadir di Dunia Nyata! Ayo Bergabung
» Godzilla X Kong Kolaborasi di Lords Mobile! Berhadiah Produk Apple dan Item Legendaris
» Youtuber Bernama Karl Buat Colloseum dengan 1 Juta Blok di Minecraft!
» Upgrade Besar-Besaran! Gameloft akan Merilis Asphalt legends Unite, Menggantikan Asphalt 9: Legends
» Immortal Kingdoms M Mobile Siap Adakan Open Beta! Pra-Registrasi Sudah Dimulai

Sesuai dengan trailernya, kita akan dibawa ke dunia penuh warna ala anime garapan Studio Ghibli di Ni No Kuni: Cross Worlds. Latar game ini adalah di sebuah game virtual reality bernama Soul Divers dimana kita akan memainkan seorang pemain yang terkena glitch dan membawanya ke sebuah kastil yang terbakar karena diserang oleh pasukan jahat. Pada awal game, kita akan memilih satu dari lima class yang tersedia - Destroyer, Engineer, Rogue, Swordsman, dan Witch - dimana pada first impression ini kru KotGa akan bermain sebagai Destroyer.


Setelah memilih class, kamu akan diberikan kesempatan untuk melakukan kustomisasi penampilan karaktermu mulai dari rambut, warna bola mata, detail wajah, hingga ukuran tubuh dan warna kulit sebelum akhirnya kamu memulai petualanganmu.


Seperti game MMORPG pada umumnya, Ni No Kuni: Cross Worlds dimulai dengan tutorial dasar dimana kamu akan mempelajari bagaimana cara menjalankan karakter hingga bertarung dan menggunakan skill di game ini. Tutorial yang disediakan cukup informatif meskipun kebanyakan permainan akan dimainkan oleh AI dengan mode auto yang memang sudah lumrah ada pada MMORPG jaman sekarang. Mulai dari quest hingga pertarungan memiliki opsi untuk dijalankan otomatis meskipun kamu juga bisa mengerjakannya sendiri.


Diluar pro dan kontra akan fitur otomatis pada game MMORPG, fitur otomatis di Ni No Kuni: Cross Worlds cukup membantu kamu yang hanya memiliki waktu yang singkat untuk bermain game. Seperti fitur Continuous Quest Progress dimana AI akan membantumu menyelesaikan quest panjang dengan sendirinya. Namun sayangnya fitur ini tidak didukung dengan fitur skip dialog otomatis jadi kamu harus tetap sesekali memantau perangkat kamu untuk menyelesaikan dialog dengan NPC. Selain itu, cutscene di Ni No Kuni: Cross Worlds yang digarap dengan indah oleh Studio Ghibli juga kebanyakan tidak memiliki fitur skip sehingga untuk kamu yang jarang mengikuti jalan cerita di sebuah game akan sedikit gemas akan hal ini.


Langsung aja ke gameplaynya, seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kebanyakan dari kamu mungkin akan memainkan game ini dengan sistem otomatisnya namun tetap ada banyak hal yang harus kamu atur manual dalam game ini seperti salah satu contohnya sistem skill.

Ni No Kuni: Cross Worlds memberikan kamu 3 Class Skill di awal permainan yang memiliki elemen yang sama dengan senjata yang sedang kamu pakai. Elemen di Ni No Kuni: Cross Worlds saling berhubungan satu sama lain dimana pada awal permainan ada 3 elemen dasar, api, air dan tanah. Pemilihan elemen yang menguntungkan akan membuat kamu bisa hunting lebih cepat.


Selain Class Skill, ada Burst Skill yang mungkin bisa dibilang ultimate skill yang akan memberikanmu skill AOE kuat untuk mengalahkan kawanan musuh atau memberi damage besar ke boss monster, Special Skill yang beberapa skillnya bisa kamu pakai juga di karakter lain di akun yang sama setelah kamu membukanya di satu karakter, dan Passive Skill yang selalu aktif di karaktermu.

Selain skill yang diaktifkan karaktermu, kamu juga akan ditemani oleh familiar yang merupakan semacam pet yang membantumu bertarung. Di awal permainan kamu hanya bisa ditemani satu familiar dan seiring berjalan game, sepertinya kamu bisa membawa sampai 3 familiar sekaligus.


familiar akan memberikanmu buff passive sekaligus membantumu dengan skill aktif mereka. Untuk mendapatkan familiar, kamu bisa memakai sistem gacha dengan menggunakan Diamonds. Pada perkenalan sistem gacha, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk melakukan gacha sepuluh kali secara gratis yang pasti berisi satu familiar *4. Kamu juga bisa melakukan Reroll pada gacha ini sampai sepuluh kali kalau kamu tidak mendapatkan familiar yang kamu suka.

Selain familiar, kamu juga bisa melakukan gacha equipment pada menu ini. Selain top up, kamu bisa mendapatkan Diamond secara gratis dengan menyelesaikan beberapa collection dan achievement serta main quest.


Selain menyelesaikan quest, interaksi di dunia Ni No Kuni: Cross Worlds juga cukup hidup. Dimana kamu bisa melihat NPC yang menoleh ke arahmu ketika kamu berjalan hingga interaksi ke beberapa objek seperti menyiram tanaman yang nantinya akan tumbuh, menghancurkan kotak untuk mendapatkan item, hingga menggendong kucing dan meletakkannya kembali.


Seperti game MMORPG lainnya, fitur lengkap Ni No Kuni: Cross Worlds akan kamu rasakan seiring berjalannya kemajuanmu di game ini. Pada jendela menu, kamu bisa lihat bahwa Ni No Kuni: Cross Worlds memiliki fitur Challenge yang berisi dungeon, dan Battlefield untuk kamu bermain melawan player lain. Untuk kamu yang suka rusuh, Ni No Kuni: Cross Worlds memiliki fitur Player Killing (PK) dimana kamu akan mendapatkan poin PK Alignment Score setiap melakukan PK. Namun sayangnya tidak ada keuntungan dalam melakukan PK, malah semakin banyak poin PK Alignment Score yang kamu kumpulkan, akan semakin lemah karaktermu karena kamu akan mendapatkan debuff merugikan. Sebaliknya, jika kamu banyak mengalahkan monster dan meningkatkan PK Alignment Score kamu, maka kamu akan mendapatkan banyak buff menguntungkan.


Kesimpulannya, Ni No Kuni: Cross Worlds memang tidak jauh berbeda dengan game MMORPG mobile lainnya namun sentuhan art Studio Ghibli dan musik Joe Hisaishi memberikan tampilan segar untuk para pemain. Untuk kamu yang ingin mencoba bermain game ini, mungkin kamu harus memberikan sedikit waktu dan membuka seluruh fitur sebelum menilai game ini. Karena ada lebih banyak hal yang harus dinilai dari game multiplayer seperti interaksi sesama player, sistem trade (dimana kru KotGa sempat melihat sebuah fitur yang memungkinkan player menukar kosmetik satu sama lain), raid, hingga sistem guild yang belum kru KotGa buka. Gimana? Tertarik main Ni No Kuni: Cross Worlds?



(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru