NEWS

Winamp Versi Reborn Akan Mendukung Windows 11, Versi Terbarunya Sudah Bisa Dijajal

Yohanes   |   Rabu, 03 Aug 2022


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Siapa yang tidak mengenal pemutar musik legendaris Winamp, yang akhirnya kembali dihidupkan menjadi lebih modern. Winamp versi termutakhir ini meluncur dalam versi beta Release Candidate 1 (RC1). Pengembangnya menghadirkan Winamp 5.9 RC1 Bulid 9999 yang kini sudah bisa di-download di forum Winamp. Winamp 5.9 juga akan mendukung sistem operasi Windows 11. Aplikasi ini sebenarnya tidak begitu baru, karena hanya update dari Winamp 5.8 yang dirilis pada tahun 2018. Selain dapat berjalan pada Windows 11, Winamp 5.9 juga dirancang memiliki kemampuan sinkronisasi dengan aplikasi versi Android. Pengembang juga meningkatkan dukungan untuk codec VP8, menambahkan dukungan untuk direktori podcast, serta mengimplementasikan dukungan codec M38.

Baca ini juga :


» Bountie, Aplikasi Esports Baru untuk Gamer di Indonesia Telah Diluncurkan
» Rayakan 15 Juta Pengguna di Indonesia! realme Siap Hadirkan realme Pad mini
» Streamer IShowSpeed Ditangkap oleh Tim SWAT Ketika Sedang Livestream
» Catalyst Kok Main Gebuk? Rekomendasi Build Shikanoin Heizou di Genshin Impact 2.8!
» Hu Tao Jadi Karakter Paling Populer di Situs Reddit




Sumber: Born_Studio


Pengembang juga melakukan optimasi dan memperbaiki bug Winamp agar aplikasinya dapat berjalan lebih stabil. Secara teknis tampilan Winamp 5.9 ditingkatkan dari basis code Visual Studio 2008 (VS2008) ke Visual Studio 2019 (VS2019). Dengan begitu, dukungan perangkat untuk Winamp juga ditingkatkan, minimal perangkat yang mendukung Windows 7 SP1 atau lebih baru. Jadi, pengguna Windows XP dan Vista hanya dapat menggunakan Winamp versi lawas. Meski demikian, visual Winamp tak begitu banyak dipoles, sehingga pengguna bisa merasa nostalgia dengan tampilan yang ditawarkan aplikasi pemutar musik ini.



Sejauh ini aplikasi Winamp 5.9 masih dalam tahap pengembangan atau belum tersedia dalam versi stabil/final. Kendati begitu, pengguna sudah bisa mengunduhnya melalui forum Winamp. Aplikasi Winamp sendiri cukup populer di tengah pengguna komputer pada tahun 90-an. Namun seiring beralihnya industri musik dari media fisik ke digital (online) dan streaming musik populer, pengguna tak lagi begitu mengandalkan penyimpanan banyak media audio dan memutarnya dengan Winamp.



Pada akhirnya pengembangan aplikasi Winamp berhenti pada akhir tahun 2013 dalam versi 5.666. Empat tahun kemudian atau pada 2018, Winamp dirilis dalam versi Winamp 5.8 dan pengembang menjanjikan pembaruan besar, termasuk fitur modern seperti streaming via cloud. Sayangnya pembaruan tersebut tak kunjung tiba, hingga akhirnya Winamp 5.9 RC1 Build 9999 atau versi saat ini bisa diunduh pengguna dalam versi beta.

Selain berita utama pada artikel ini, Kru KotGa juga punya pembahasan menarik yang bisa kamu tonton pada video di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru