NEWS

[First Impression] Potion Permit, Ayoo Meracik Potion!

Reza Adibrata   |   Rabu, 28 Sep 2022


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Datang lagi game garapan dari developer Indonesia, kali ini dari MassHive Media dan di publish oleh PQube. Kali ini mereka rilis dengan Game berjudul Potion Permit. Game ini dapat dilihat terinspirasi dari game seperti Harvest Moon dan Stardew Valley. Tetapi yang buat game ini berbeda adalah kita tidak bercocok tanam dan berternak hewan, tetapi kita meracik potion atau obat untuk warga kota Moonbury.

Nah sekarang kru KotGa dapat kesempatan mencoba game Potion Permit dan mau beri kesan pertamanya mengenai game ini. Jadi ayo kita mulai meracik potion!

Untuk ceritanya, kita adalah seorang ahli kimia dari Ibukota datang ke kota kecil Moonbury dari perintah asosiasi obat. Tetapi kita tidak disambut meriah oleh warga kota, kita datang karena kita merupakan pilihan terakhir walikota Moonbury untuk menyembuhkan anaknya. Jadi kita harus membuktikan diri kita ke penduduk kota Moonbury bahwa kita dapat dipercaya dan hanya ingin membantu siapapun yang jatuh sakit di kota ini.





Sebelum mulai kita harus membuat karakter kita terlebih dahulu. Untuk pembuatan karakternya cukup simpel, ada pilihan untuk jenis kelamin, beberapa gaya rambut untuk tiap gender, dan banyak pilihan warna untuk kulit, baju dan syal karakter kita. Akhirnya kita beri nama karakter dan langsung main!



Kita juga tidak sendirian, kita didampingi oleh anjing peliharaan kita. Anjing pintar ini akan mengikuti kita kemanapun selain didalam gedung, dan dapat membantu mencari NPC dikota Moonbury. Tetapi ya harus dikasih makan juga ama dikasih sayang juga dong.





Untuk grafisnya, meskipun menggunakan pixel, gerakan tiap animasi karakter, warga kota dann animasi lainnya sangat mulus dan lancar. Gerakan mulus karakterpun dapat dirasakan melalui respon karakter terhadap tombol yang kita tekan, dan untuk game seperti ini gerakan responsif itu sangat penting.



Kemudian bagaimana kita meracik potionnya ? Sebelum itu kita harus cari dulu bahannya. Bahan-bahan racikan potion ini dapat ditemukan diluar kota dan harus kita cari sendiri. Untungnya kita diberikan 3 alat untuk membantu kita mendapatkan bahan-bahannya, ada sabit untuk mendapatkan herba, kapak untuk menebang pohon dan getah, dan batu untuk mendapatkan batu dan mineral. Bahan juga ada yang hanya bisa didapatkan dari monster yang ada diluar kota seperti slime, mosnter jamur dan beruang.







Untuk melawan monster, kita bisa menggunakan alat-alat kita. Sabit, kapak dan palu dapat digunakan untuk melawan monster dan mengambil bahannya untuk meracik pohon. Kita juga diberikan roll untuk menghindar dari serangan monster. Setiap kali kita menggunakan alat, kita akan mengurangi stamina, dan jika kita menggunakan alat yang belum di upgrade ke bahan yang lebih bagus, kita akan menggunakan stamina yang lebih banyak.





Untuk meracik potionnya sendiri, kita harus ke pot besar dirumah kita dan memilih jenis potion apa yang mau kita racik. Setelah memilih potion akan ada susunan puzzle yang harus kita isi dengan bahan yang sudah kita kumpulkan terlebih dahulu. Tiap bahan memiliki bentuk yang berbeda, sehingga kita harus mikir dulu sebelum menggunakan bahannya, dan tiap potion juga memiliki bahan yang tidak dapat digunakan, sehingga membatasi bahan yang bisa kita gunakan untuk membuat potion.





Baca ini juga :

» Game Karya Anak Bangsa 'Potion Permit' Akhirnya Rilis di PC dan Konsol!
» Game Asal Indonesia, Potion Permit Mengajak Kalian Menjadi Ahli Ramuan!

Kota Moonbury juga bisa dibilang cukup luas, dan akan ada penduduk kota berkeliling kota mengikuti rutinitas mereka masing-masing. Di awal, warga kota tidak akan ada yang mau berbicara dengan kita sampai kita berhasil membuktikan bahwa kita bisa menyembuhi anak walikota Moonbury. Untungnya ini masih bagian dari tutorialnya sehingga tidak perlu bermain lama hingga kita bisa berbicara dengan warga kota.



Seperti game Harvestmoon dan Stardew Valley, kita juga dapat mendekati warga kota bahkan menikah dengan salah satu warga kotanya. Tetapi yang berbeda disini adalah kita tidak memberikan item ke penduduk kota, tetapi memberikan item Moon Cloves, yang dalam kesan awal KotGa hanya bisa didapatkan dari pasien klinik.





Klinik akan dibuka setelah kita menyembuhkan pasien pertama kita, dan kedepannya nanti akan ada kemungkinan pasien muncul diklinik kita dan ada suara siren untuk memberi tahu kita ada pasien baru. Saat berurusan dengan pasien, kita harus mendiagnosa pasiennya terlebih dahulu melalui mini-game. Setelah itu kita akan tahu potion apa yang diperlukan untuk mengobati pasiennya. Pasien akan ada angka di atas kepalanya menunjukkan waktu yang diberikan untuk mengobati pasien. Jika gagal Pasien akan kembali ke dokter sebelumnya dan warga kota akan kecewa dengan kita dan tidak mau berbicara dengan kita lagi.





Selain mencari bahan dan meracik potion, kita memiliki aktifitas lain yang dapat kita lakukan. ada tiga part-time job yang bisa kita lakukan dan itu merupakan mini-game sendiri seperti menggiling anggur, sortir barang dan membungkus kotak. Kita juga bisa mancing dibeberapa area dikota.







Kita juga bisa melakukan request dari request board, yaitu permintaan khusus dari warga kota. Kita hanya perlu mengumpulkan barang yang diminta dan serahkan kekotak diluar Balai kota. Tetapi kita hanya diberikan waktu 1 minggu untuk menyelesaikan request, karena request akan direset tiap 1 minggu, dan request yang belum selesai akan langsung gagal saat direset.



Jadi untuk kesan pertamanya, Potion Permit memiliki inti dari game Harvestmoon dan Stardew Valley, tetapi memberi pengalaman baru selain membuat pertanian dan beternak hewan. Ini memberi kesan segar dan cocok banget untuk bermain game dengan santai, dan dengan cara meracik potion dengan puzzle memberikan kesan unik tersendiri dan selalu berpikir bahan mana yang cocok untuk potion ini. Jadi jika kamu menyukai game seperti Harvestmoon dan Stardew Valley, Potion Permit wajib kalian cobain nih. Jadi gimana? Tertaik main Potion Permit?

Jangan lupa juga untuk ikuti Giveaway dari KotakGame. Cek video dibawah ini ya:


TAGS

KRU KOTGA BISA BACA PIKIRANMU! Kamu pasti akan suka dengan artikel ini :
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru