NEWS

Intel Core i9-13980HX Dikonfirmasi Untuk Laptop ASUS ROG Strix 16/18-inci Next-gen

Aeprukmana   |   Sabtu, 24 Dec 2022


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

ASUS dikabarkan membuat laptop gaming baru yang dilengkapi dengan CPU flagship Intel Core Generasi ke-13.

Kurang dari seminggu sejak informasi pertama tentang Intel Core i9-13980HX dipublikasikan, tim engineering ASUS memberikan konfirmasi bahwa prosesor tersebut memang ada. Sebagai pengingat, ini adalah prosesor kelas desktop pada paket BGA yang dirancang untuk sistem enthusiast dan gaming premium. Menggunakan die yang sama dengan prosesor desktop, membawa jumlah core tertinggi yang pernah ada ke dalam form factor seperti itu.

Baca ini juga :


» Inilah AI Gaming Laptop 14-inci Terbaik Saat Ini: ROG Zephyrus G14
» ROG Ally Kuasai Pasar Gaming Handheld PC di Indonesia
» Laptop AI Tertipis & Teringan di Dunia, ASUS Zenbook S 13 OLED, Mendarat di Indonesia
» ASUS SmartO MD200 Silent Plus, Seri Mouse Pro Nirkabel
» ASUS Republic of Gamers Umumkan Kehadiran ROG Cetra True Wireless SpeedNova



Sistem berlabel "ROG Strx G634JZ" menunjukkan bahwa kita sedang melihat sistem ROG Strix dengan layar 16 inci. Perusahaan sudah menawarkan model 15 dan 17 inci, jadi notebook ini pasti akan menampilkan sasis baru. Selanjutnya, ada laptop kedua dengan nama kode “ROG Strix G814JZ“, yang seharusnya menjadi versi 18 inci yang dikabarkan beberapa waktu lalu.

Kedua sistem dilaporkan menampilkan CPU 24-core i9-13980HX dengan boost 5,386 MHz sesuai data Geekbench. Frekuensi maksimum yang dilaporkan di bawah yang disebutkan sebelumnya (up-to 5,6 GHz).


Sumber: Geekbench


Ada sedikit perbedaan antara kedua hasil tersebut, skor G16 tampaknya berada di bawah ekspektasi bahkan lebih rendah dari skor i9-13900HX yang kita lihat beberapa hari lalu. Namun, skor G18 masing-masing sekitar 5% dan 2% lebih baik dalam tes Geekbench single dan multi-threaded. Oleh karena itu, perbedaan antara CPU 13980HX dan 13900HX sangat kecil.


Sumber: Geekbench



Sumber: Geekbench


Prosesor HX ini kabarnya akan meluncur di CES 2023 bersama Raptor Lake H dan seri HK. ASUS telah mengonfirmasi acara pers pada 3 Januari di mana semua mobile gaming system baru akan diluncurkan.

Selain berita utama pada artikel ini, Kru KotGa juga punya pembahasan menarik yang bisa kamu tonton pada video di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru