NEWS

Dianggap Merugikan, Para Artist Ajukan Gugatan Terhadap Para Pengembang Tool AI

Billy Mariza   |   Minggu, 22 Jan 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Sekelompok artist telah mengajukan gugatan terhadap Midjourney dan Stability AI, perusahaan dibalik tool AI yakni Stable Diffusion dan DevianArt dengan DreamUp-nya. Gugatan tersebut menuduh bahwa perusahaan-perusahaan ini "melanggar hak jutaan artist" dengan menggunakan miliaran gambar dari Internet untuk melatih tool AI mereka tanpa "persetujuan artist dan tanpa memberikan kompensasi kepada mereka."

Perusahaan-perusahaan ini "menguntungkan secara komersial dan memperoleh keuntungan berlimpah dari penggunaan gambar berhak cipta," tuduhan gugatan itu. " Kerugian bagi seniman bukanlah hipotetis , " kata gugatan itu, mencatat bahwa karya yang dibuat oleh seni generatif AI " sudah dijual di internet, mengalihkan komisi dari artist itu sendiri ."

Baca ini juga :

» Karena Gambar yang Tidak Wajar, Netflix Dituduh Pakai AI Generate di Film Dokumenter Kriminal!
» Ternyata Ini Alasan Orang Nomor Satu Di Apple Tim Cook Datang Ke Indonesia!
» Agen Twilight dan Thorn Princess Terjun ke dalam Aksi Battle Royale! Siapa yang Mampu Bertahan?
» AI Playlist, Fitur Baru Spotify Bikin Kamu Bisa Bikin Playlist Sendiri Cuma Dari Teks Kayak ChatGPT!
» Image Generator Milik Meta AI Ga Akurat Kalau Bikin Gambar Dua Orang Beda Ras!

Ketiga penggugat adalah artist yang karyanya telah digunakan untuk melatih tool AI generatif tersebut. Andersen adalah pencipta webcomic Sarah's Scribbles. McKernan adalah seniman penuh waktu yang karyanya telah dipamerkan di galeri dan yang membuat ilustrasi untuk komik, buku, dan permainan. Ortiz adalah artist konsep dan ilustrator yang kliennya meliputi Marvel Film Studios dan Wizards of the Coast.

Pengacara Matthew Butterick mengajukan gugatan tersebut, bekerja sama dengan Firma Hukum Joseph Saveri, sebuah firma hukum antitrust dan class action yang berbasis di California. Blog litigasi Difusi Stabil menggambarkan Difusi Stabil, dan AI generatif seperti itu, sebagai " parasit yang, jika dibiarkan berkembang biak, akan menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki bagi artist, sekarang dan di masa depan ."

Sumber: Somoskudasai

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru