NEWS

Kominfo Tinjau ChatGPT. Bisa Diblokir Kalau Tidak Terdaftar PSE?

Haykal Yama Dena   |   Sabtu, 25 Feb 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
ChatGPT adalah platform chatbot yang akhir-akhir ini sangat populer, khususnya di kalangan pelajar karena memiliki fungsi untuk menjawab segala pertanyaan pengguna di internet. Selain menjawab pertanyaan, Chatgpt sudah digunakan untuk bermacam hal dan tentunya banyak hal positif yang terlahir dari ChatGPT. Baca ini juga :

» Tanggapi Desakan KPAI Untuk Blokir Game, Menkominfo: Orang Tua Diwajibkan Untuk Membimbing Anaknya
» LPAI Minta Kominfo Untuk “Bersihkan” Game Dengan Unsur Kekerasan
» OpenAI Pemilik ChatGPT Kenalkan Sora, AI Yang Bisa Generate Video Cuma Dari Text Doang
» Regulasi Proteksi Diperlukan untuk Ekosistem Game Nasional yang Lebih Baik
» Wajibkan Publisher Game di Indonesia Memiliki Badan Hukum, Kominfo: Kalau Tidak, Akan Kami Blokir!

Karena banyaknya pengguna dari Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) atau Kominfo akan meninjau mengenai status layananan ChatGPT. Jika memang termasuk layanan yang wajib daftar, maka ChatGPT harus melakukan pendaftaran sebagai penyelenggara PSE agar tetap bisa di akses dari Indonesia.

Dikutip dari Antara, "Nanti kita lihat, dia masuk menargetkan pasar Indonesia belum, kalau menargetkan nanti kita surati untuk melakukan pendaftaran PSE," ujar Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo Samuel Abrijani Pangerapan.

Seperti yang kita tahu, ada enam kategori PSE yang wajib mendaftar dan jika ChatGPT masuk kedalam kategori tersebut maka mereka wajib daftar untuk melanjutkan layanannya di Indonesia. Bagaimana menurutmu?

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru