NEWS

CPU Laptop High-end AMD Ryzen 7 7745HX Dragon Range Perlihatkan Efisiensi Power Gaming

Aeprukmana   |   Kamis, 09 Mar 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Review terbaru AMD Ryzen 7 7745 HX diposting oleh Golden Pig Upgrade.

Secara resmi, seri AMD Ryzen 7000HX sudah dirilis bulan lalu, namun ketersediaan laptop yang ditenagai oleh seri “Dragon Range” masih dipertanyakan. Kami telah melihat pengujian yang menampilkan model 12-core Ryzen 9 7845HX dan 16-core Ryzen 9 7945HX, tetapi untuk beberapa alasan hampir tidak ada ulasan tentang model 8-core dan 6-core.

Tes pertama Ryzen 7 7745HX kini telah diterbitkan oleh pembuat konten dan reviewer China, “Golden Pig Upgrade”. Seperti yang ditunjukkan, meskipun memiliki core yang lebih sedikit daripada SKU unggulan Intel, ini sama cepatnya dan bahkan memiliki beberapa keunggulan dalam hal efisiensi.


Sumber: Bilibili


Ryzen 7 7745HX memiliki base clock 3,6 GHz dan boost up to 5,1 GHz. Prosesor ini dianggap sebagai hybrid antara desktop dan laptop karena menggunakan package yang mirip dengan desktop Raphael, tetapi dirancang agar sesuai dengan laptop. Karena ini adalah CPU kelas desktop dengan power limit tidak terkunci, dapat beroperasi dalam kisaran daya 45 hingga 75 watt dan bahkan lebih tinggi saat di-overclock.

Menurut reviewer, laptop yang digunakan adalah Lenovo yang dilengkapi dengan GeForce RTX 4060 Laptop GPU (140W) dan memori DDR5-5200. Meskipun ini bukan GPU paling bertenaga dari NVIDIA, tapi tetap harus menganggap ini sebagai sistem gaming yang mumpuni.


Sumber: Bilibili



Sumber: Bilibili



Sumber: Bilibili



Sumber: Bilibili


CPU HX ini kemudian diuji di berbagai tes CPU seperti Cinebench, SuperPI, y-cruncher atau 3DMark. Pengujian telah menunjukkan bahwa meskipun menggunakan core yang jauh lebih sedikit daripada Core i7-13650HX (14 core) dan Core i7-13700HX (16 core), Ryzen 7 7745HX hampir secepat CPU Intel dalam pengujian seperti Cinebench atau Adobe Premiere Pro, sementara menjadi sedikit lebih cepat di Adobe Lightroom dan Photoshop.

Karena CPU AMD Ryzen mengkonsumsi lebih sedikit daya daripada Intel, GPU diskrit memiliki lebih banyak daya dalam game, yang menghasilkan kinerja game yang minimal lebih baik.


Sumber: Bilibili



Sumber: Bilibili



Sumber: Bilibili



Sumber: Bilibili


Menurut reviewer, CPU AMD dapat memperoleh peningkatan lebih lanjut 3 hingga 5% berkat overclocking melalui AMD PBO (Precision Boost Overdrive). Fitur ini dapat diaktifkan melalui BIOS. Selain overclocking, efisiensi daya sangat bagus untuk CPU ini, terutama untuk bermain game. CPU mengkonsumsi rata-rata 50,9W sedangkan CPU Intel masing-masing 46,5W dan 79W pada resolusi 1080p. Pada 1440p, Core i7-13650HX memimpin, tetapi hanya beberapa watt.


Sumber: Bilibili



Sumber: Bilibili


Baca ini juga :

» China Larang Pakai Prosesor Intel dan AMD di Komputer Instansi Pemerintah! Kurangi Pakai Produk AS?
» ASUS Zenbook DUO, Laptop Dual-Screen OLED Terbaik di Dunia
» HP Kenalkan HP Care and Gaming Experience Center & The HP Gaming Garage untuk Konsumen Indonesia
» ASUS Republic of Gamers Siap Luncurkan ROG Phone 8 Series Pada 20 Maret 2024
» Makin Kencang! Intel Meluncurkan Prosesor Core i9-14900KS Dengan Clock Hingga 6,2 GHz!



Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kalian tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru