NEWS

Bongkar Rahasia ASUS! Siapkan Kejutan Istimewa Untuk Gamer Di Tahun 2023!

Aeprukmana   |   Senin, 20 Mar 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

ASUS berhasil memenangi 4 kategori dalam KOTAKGAME Awards 2022, Best Gaming Smartphone, Best PC Component, Best Gaming Monitor dan Best Gaming Laptop.

Kru KotGa berkesempatan mewawancarai Pak Muhammad Firman, Head of PR ASUS Indonesia, sekaligus penyerahan piala KOTAKGAME Awards 2022. Berikut adalah hasil wawancaranya.



1. Seberapa optimis ASUS untuk menghadapi pasar laptop gaming 2023?

Untuk laptop gaming kita sangat positif, kita sangat optimis karena data terbaru yang kita dapat itu untuk segmen laptop gaming keliatannya tidak terlalu terpengaruh dengan kondisi yang terjadi di segmen konsumer, seperti kita ketahui saat pandemi kemarin itu penjualan segmen konsumer itu berlipat lipat melesat penjualnnya, nah dampaknya terasa pas saat pandemi udah selesai jadi demand menurun karena orang rata-rata tahun 2022 2021 2020 mereka udah banyak beli laptop konsumer untuk WFH untuk sekolah dari rumah jadi mereka baru pada punya laptop setaun dua tahun, jadi demand nya 2023 ini menurun cukup signifikan, tapi di saat yang sama untuk penjualan laptop gaming ternyata ada peningkatan dibanding tahun 2022, jadi data penjualan di januari 2023 sudah keluar ternyata meningkat dibanding tahun lalu, jadi untuk segmen gaming kita sangat optimis di 2023 ini.

2. Laptop yang paling laris 2022? Khsusnya laptop gaming ROG?

Kalo ROG paling banyak itu yang Strix G series, tetapi kalo misalnya untuk laptop gaming ASUS sendiri yang paling banyak diminati yang seri TUF Gaming tentunya, karena dia tersedia mulai dari harga belasan, sebelasan itu udah ada TUF Gaming sampe dua puluhan ada. Nah dari data kita yang paling banyak terjual itu adalah TUF Gaming yang versi core i5 khususnya, itu yang paling banyak. Setelah TUF Gaming core i5 justru posisi berikutnya adalah yang Ryzen 7, jadi yang paling banyak diminati core i5 abis itu yang kedua Ryzen 7 bukan Ryzen 5, tapi ya itu paling banyak diminati itu i5 dulu abis itu Ryzen 7. Mungkin kita ngeliatnya sih dari sisi price performance ya, mungkin kalo dari sisi performance mungkin yang mirip-mirip kan i5 sama Ryzen 5 nah tapi dari sisi pricing mungkin Ryzen 7 sama i5 ini mirip-mirip tapi performanya ya, nambah dikit dapet Ryzen 7. Nah jadi makanya dari data kita yang paling laris itu core i5 abis itu Ryzen 7. TUF Gaming jauh lebih banyak penjualannya, karena laptop gaming sejuta umat lah ibaratkan, harga dari belasan juta sudah ada.

3. Apa saja Hero produk yang akan diluncurkan di Indonesia tahun 2023, dari lini laptop gaming?

Untuk ROG kita mulai dari ROG 13th Gen tentunya, sebenernya udah mulai mendarat di pasaran Indonesia, kayak ROG Flow Z13 13th Gen pake NVIDIA RTX 4000 Series itu udah ada udah mendarat di Indonesia, udah mulai kita distribusikan, udah mulai dijual juga, tapi kita mau hold dulu, kita belum mau launcingin dulu, karena kita kepengen nunggu barangnya banyak dulu dipasaran terus serinya ada beberapa tipe, udah banyak udah lengkap udah tersebar baru kita mau bikin launching, jadi mendingan sekaligus. Tapi kalo temen-temen ada yang mau hunting-hunting sebenernya udah ada barang-barang ROG 13th gen itu udah resmi, itu ROG Flow Z13 udah dateng minggu lalu dipasaran Indonesia itu resmi dari kita, bahkan udah pake RTX 4080 kalo gak salah di Z13 itu kenceng banget dan udah ada di pasaran. Nah berikutnya yang TUF Gaming kita luncurkan hari ini, udah mendarat juga dipasaran Indonesia minggu lalu juga, dan ya itu pake Ryzen 7000. Tahun 2023 untuk gaming sebenernya kita lagi ada satu senjata rahasia masih NDA tapi itu bakal jadi game changer kita yakin, itu masih di gaming, 2023 super hero model kita yang itu nanti. Setelah COMPUTEX pastinya akan diperkenalkan ke pasar global. Yang di Bali aja kemaren gak di kasih liat, soalnya masih rahasia sekali. Nanti aja, mungkin itu Q3 launcing globalnya, nanti masuk ke Indonesia juga harusnya gak jauh. Ya harusnya sekitaran COMPUTEX itu di umumkan.

4. Apa perasaanya kembali memperoleh penghargaan di KOTAKGAME Awards 2022?

Wah tentunya sebuah prestasi yang membanggakan bahwa kita memang ASUS ini dikenal sebagai produsen yang fokus di inovasi apalagi khususnya untuk gamer ya, jadi kita menghadirkan perangkat gaming itu khususnya di ROG itu seluruh fitur terbaik yang ada di pasaran saat ini kita hadirkan di ROG, jadi semua inovasi, teknologi, performance semua kita masukin disitu di ROG lineup, gak cuma experience gaming tapi kita menawarkan lebih dari itu, jadi kita punya gak cuma hardware gak cuma software tapi kita punya environment-nya disana, dan juga kita kan punya beberapa karakter untuk ROG, nah karakter itu nanti kedepannya akan diperluas gak cuma sekedar sebagai simbol tapi juga nanti kita bikin ROG Metaverse disana, kita juga punya game ROG Citadel, nah itu nanti semuanya ada disana. Jadi kita gak cuma bikin hardware software tapi juga experience gamingnya. Jadi ya dapet penghargaan dari KOTAKGAME ini tentunya sangat membanggakan buat kita karena kita memang effort, kita yang udah habis-habisan di gaming ini, dihargai dari sisi industri.

5. Apa harapan ASUS di tahun 2023?

Di 2023 sih kita berharap segmen gaming ini bisa terus tumbuh, karena kita ngeliat potensinya masih sangat besar meskipun di kondisi perekonomian global yang agak kurang menguntungkan, tapi kita ngeliat segmen gaming ini karena mungkin usernya itu mereka yang spesifik dan mereka bukan pengguna biasa yang sangat terpengaruh oleh resesi. Jadi karena usernya adalah niche user jadi mereka selalu butuh teknologi terbaru selalu butuh performance, jadi ada teknologi terbaru game terbaru device mereka udah gak support mereka bakal ganti. Beda dengan segmen konsumer yang yaudahlah masih cukup jalanin aplikasi sehari-hari yaudalah gak usah ganti dulu. Nah kita berharap sih segmen gaming bisa terus tumbuh dan bisa terus ya lebih bisa bertahan menghadapi kondisi ekonomi yang gak menguntungkan ini.

Itulah tadi hasil wawancara kru KotGa dengan Pak Firman selaku Head of PR ASUS Indonesia.

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kalian tonton di bawah ini.



Baca ini juga :

» Kolaborasi Dengan Free Fire, Itel Meluncurkan Hape Gaming Murah Itel RS4!
» Laptop AI Tertipis & Teringan di Dunia, ASUS Zenbook S 13 OLED, Mendarat di Indonesia
» Bukan April Mop! ROG Beneran Bikin Mjolnir Palu Thor?
» Komitmen Dukung Penuh Gamer, Gigabyte Aorus Merilis Deskmat Dengan Nuansa Alam!
» Ini Dia Prototype Game Horor Indonesia yang Keren Abis! Tencent Mau Buat Game Mirip Palworld?

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru