NEWS

CPU Intel Alder Lake-H Sekarang Tersedia Dengan Motherboard Desktop

Aeprukmana   |   Minggu, 26 Mar 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Pembuat motherboard asal China menempatkan CPU Alder Lake mobile pada platform desktop.

Sebuah perusahaan bernama Erying kini menawarkan up-to 14-core Intel Alder Lake CPU dengan seri next-gen motherboard desktop. Ini adalah penerus platform Core i7-11800H Tiger Lake yang populer diumumkan satu setengah tahun lalu. Datang dalam berbagai bentuk, termasuk laptop, Mini-PC dan kemudian bentuk motherboard desktop. CPU tersebut telah diinstal sebelumnya (disolder) di board dan kompatibel dengan cooler desktop yang ada.

Sistem seperti ini cukup menarik dalam hal price to performance, tetapi seperti CPU mobile, ini terbatas dalam hal opsi upgrade atau dukungan PCIe lane untuk grafis desktop. Namun, sistem seperti ini masih menawarkan opsi ekspansi yang serupa, seperti slot USB, SATA, atau bahkan M.2.


Sumber: Erying


Tidak mengherankan jika kita melihat seri Core-H Generasi ke-12 tersedia di platform seperti itu sekarang. Sama seperti seri Core Generasi ke-11, desain tersebut jelas tertinggal dari jadwal seri CPU mobile Intel. Perusahaan China tersebut menggunakan arsitektur lama yang kini digantikan oleh sesuatu yang lebih mumpuni, dalam hal ini SKU Core-H Generasi ke-13.


Sumber: Erying


Perusahaan mengklaim performa single-threaded hingga 27,7% lebih baik dibandingkan dengan sistem i7-11800H yang digantikan oleh platform baru ini.

Untuk model 'Kit Gaming DIY' dilengkapi dengan CPU seperti Core i7-12450H, i5-12500H, i5-12650H dan i7-12700H. Ini berarti berkisar dari 8 hingga 14 core dan base TDP 45W dengan potensi naik hingga 95W. Tersedia desain Mini-ITX dan Micro-ATX. Dari segi harga, kita bisa melihat kisaran harga $280 (sekitar 4,2 Jutaan) hingga $356 (sekitar 5,4 Jutaan) tergantung pada modelnya.


Sumber: Aliexpress


Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kalian tonton di bawah ini.



Baca ini juga :

» China Larang Pakai Prosesor Intel dan AMD di Komputer Instansi Pemerintah! Kurangi Pakai Produk AS?
» Sekilas IT: Rakit PC Gaming Itu Bisa Murah Tapi Tetep Kencang! Begini Cara Nyari Komponennya!
» MSIology 2024: AI Era of Computing - Peluncuran Laptop MSI Terbaru dan Gaming Handheld MSI Claw
» Sekilas IT: PC Gaming Gak Harus Mahal! 6 Jutaan Udah Bisa Main Game AAA Lancar! Semua Partnya Baru!
» Hardware Yang Bakal Rilis Di Januari! Mulai Dari RTX 40 SUPER Sampai Intel 14th Gen Core!

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru