Bersamaan dengan penyempurnaan fitur dan peningkatan stabilitas, Unreal Engine 5.2 mendorong batasan dari apa yang dapat diharapkan oleh para kreator secara langsung, menghadirkan fungsionalitas baru yang inovatif.
Baca ini juga :
» [TGS 2024] Interview Like a Dragon: Pirate Yakuza in Hawaii, Memaksimalkan Potensi Menjadi Bajak Laut!
» Ani-One Indonesia Hadir Menyajikan Beragam Anime Terbaik untuk Pecinta Anime di Tanah Air
» Produksi iPhone 16 Dipercepat! Foxconn Rekrut Karyawan Besar-besaran!
» Not Stonk! Saham Intel Terjun Bebas! 15.000 Karyawan Terkena Layoff!
» Apple Merilis Versi Beta Baru Dari iOS 18 & iPadOS 18 Untuk Para Developer
Kerangka Pembuatan Konten Prosedural
Unreal Engine 5.2 menawarkan tampilan awal pada kerangka Procedural Content Generation (PCG) yang dapat digunakan langsung di dalam Unreal Engine tanpa bergantung pada paket eksternal. Framework ini mencakup alat dalam editor dan komponen runtime.
Alat PCG memungkinkan kita menentukan aturan dan parameter untuk mengisi adegan besar dengan aset Unreal Engine pilihan kita, membuat proses pembuatan dunia besar menjadi cepat dan efisien.
Komponen runtime berarti bahwa sistem dapat berjalan di dalam game atau aplikasi real-time lainnya, sehingga dunia dapat bereaksi terhadap perubahan gameplay atau geometri. Alat PCG juga dapat digunakan untuk konten linier yang membutuhkan banyak aset, seperti proyek arsitektur besar atau adegan film.
Ini adalah fitur Eksperimental yang akan dikembangkan lebih lanjut pada rilis mendatang.
Substrate
Rilis ini juga memperkenalkan Substrate, cara baru dalam menulis materi yang memberi kita kontrol lebih besar atas tampilan dan nuansa objek yang digunakan dalam aplikasi real-time, seperti game, dan untuk pembuatan konten linier.
Saat diaktifkan, ini menggantikan rangkaian tetap model shading dengan kerangka kerja multi-lobe yang lebih ekspresif dan modular yang memberikan rentang tampilan permukaan yang lebih besar dan ruang parameter yang lebih luas untuk bekerja. Ini sangat efektif untuk mendeskripsikan tampilan berlapis, misalnya "cair pada logam" atau "debu pada lapisan bening".
Untuk menguji Substrat, kita dapat mengaktifkannya di pengaturan proyek. Sebagai fitur Eksperimental, ini tidak menyarankan untuk menggunakannya untuk pekerjaan produksi, UE5 menyambut umpan balik untuk terus menyempurnakan fungsinya.
Perangkat produksi virtual yang ditingkatkan
Dengan rilis ini, rangkaian alat produksi virtual terus menerima fitur dan penyempurnaan baru yang memberikan lebih banyak kekuatan kreatif pembuat film.
Pas dengan Editor ICVFX desktop, aplikasi iOS baru untuk operasi panggung ICVFX (segera hadir untuk iPad melalui Apple App Store) akan menawarkan antarmuka berbasis sentuh yang intuitif untuk operasi panggung seperti penilaian warna, penempatan kartu ringan, dan tugas manajemen nDisplay dari mana saja dalam volume LED. Hal ini menempatkan kontrol kreatif langsung di tangan pembuat film untuk mencapai tampilan yang diinginkan di mana pembuatan film benar-benar berlangsung, tanpa harus menghubungi kembali operator Unreal Engine.
Sementara itu, peningkatan pada sistem VCam Unreal Engine menawarkan ruang lingkup yang lebih besar bagi pembuat film untuk pengambilan keputusan kreatif selama praproduksi. Ini termasuk kemampuan baru untuk mengoperasikan beberapa Kamera Virtual secara bersamaan dari satu instans editor, serta untuk membuat gerakan kamera yang lebih canggih dan berlapis.
Terakhir, dukungan nDisplay yang diperluas untuk SMPTE 2110 dibangun di atas dasar awal yang diletakkan di Unreal Engine 5.1 menuju penerapan perangkat keras ICVFX generasi berikutnya. Fitur Eksperimental ini cocok untuk pengujian di Unreal Engine 5.2 saat perangkat keras tersedia, dengan kelayakan produksi yang ditargetkan untuk Unreal Engine 5.3.
Dukungan Apple Silicon
Native support untuk Apple Silicon telah ditambahkan ke Unreal Editor. Ini menghadirkan pengalaman pengguna yang lebih baik, peningkatan kinerja, dan stabilitas yang lebih baik. Universal Binary of Unreal Engine yang mendukung CPU Apple Silicon dan Intel sekarang tersedia untuk diunduh dari launcher Epic Games.
Sampel Deformer ML baru
Jelajahi bagaimana teknologi pembelajaran mesin Unreal Engine dapat digunakan untuk membuat karakter real-time fidelitas tinggi untuk PC dan konsol dengan deformasi yang didorong oleh simulasi otot, daging, dan kain penuh dengan sampel ML Deformer baru ini. Unduhan tersebut mencakup urutan demo interaktif yang menunjukkan otot menonjol dan meluncur di bawah kulit, dan lipatan terbentuk pada pakaian. kita juga dapat membandingkan hasilnya dengan ML Deformer aktif dan nonaktif, dan menganimasikan model dengan aset Rig Kontrol yang disertakan.
Ini hanyalah beberapa fitur dan peningkatan baru di Unreal Engine 5.2. Untuk full release note-nya kalian bisa langsung cek document Unreal Engine.
Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.
Recommended by Kotakgame
Srikandi Dunia Esports Indonesia! Inilah Dere...