NEWS

Mediatek Kuasai Pasar Chip Global Setelah Lewati Qualcomm Setahun Terakhir, Mending Mediatek?

Yohanes   |   Rabu, 07 Jun 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

MediaTek kembali menjadi perusahaan semikonduktor teratas di dunia berdasarkan pengiriman (shipment) chipset smartphone untuk kuartal pertama di 2023. Menurut laporan terbaru dari Counterpoint Research, MediaTek berhasil menguasai pangsa pasar chipset smartphone global sebesar 32 persen pada periode Januari-Maret 2023. Tentu ini berhasil menjadikan MediaTek unggul dari rival terdekatnya, Qualcomm. Counterpoint mencatat, pada kuartal I-2023, Qualcomm harus puas berada di posisi kedua dengan pangsa pasar sebesar 28 persen. Bahkan bisa diketahui pula bahwa MediaTek konsisten mengungguli Qualcomm di pasar chipset smartphone global selama setahun terakhir.

Baca ini juga :


» Bocoran Chipset Baru Qualcomm Dengan Kode SM8635, Apakah Ini Akan Jadi Snapdragon 8s Gen 3?
» Mediatek Klaim Dimensity 9300 Akan 10% Lebih Cepat Dibandingkan Snapdragon 8 Gen 3
» iPhone 15 Ketar-ketir! Skor AnTuTu Snapdragon 8 Gen 3 Bocor di Internet, Skornya Tembus 2 Jutaan
» David Gadgetin Puji Habis-habisan Xiaomi 13T "Luar Biasa, Semuanya Dibabat Habis"
» Power Bank Berkedok Smartphone, Ulefone Armor 24 Punya Baterai 22.000 mAh yang Tahan Hingga 7 Hari




Counterpoint Research


Selain dari MediaTek dan Qualcomm, pasar chipset dunia kuartal I-2023 juga diramaikan oleh pemain besar lainnya seperti Apple (26 persen), Unisoc (8 persen), dan Samsung (4 persen). Pada kuartal I-2023, MediaTek menjadi perusahaan semikonduktor teratas dengan pangsa pasar 32 persen. Namun, pangsa pasar tersebut turun dibandingkan kuartal sebelumnya maupun kuartal yang sama tahun lalu. Pada kuartal IV-2022, MediaTek meraup 33 persen pangsa pasar. Sementara pada kuartal I-2022, MediaTek meraup pangsa pasar sebesar 36 persen.



Menurut laporan Counterpoint, penurunan pangsa pasar ini dilatarbelakangi oleh penyesuaian invetaris chipset serta melambatnya permintaan chipset di tengah pasar smartphone yang lesu. Namun, pengiriman chipset MediaTek diprediksi akan membaik pada semester kedua 2023 nanti, atau sekitar pada bulan Juli hingga Desember 2023. Terutama dengan kedatangan chipset Dimensity 9200 Plus terbaru yang bakal digunakan di jajaran ponsel flagship pada kuartal II-2023.

Selain berita utama pada artikel ini, Kru KotGa juga punya pembahasan menarik yang bisa kamu tonton pada video di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru